REVOLUSI MENTAL PEMUDA MEMALUI OLAHRAGA

Posted by: fariska defawadiah in Uncategorized Add comments

Rasulullah SAW bersabda,”Saya wasiatkan para pemuda kepadamu dengan baik, sebab mereka berhati halus. Ketika Allah mengutus diriku untuk menyampaikan agama yang bijaksana ini, maka kaum mudalah yang pertama-tama menyambut saya, sedang kaum tua menentangnya.”

Dari hadist inilah inspirasi saya untuk menuliskan artikel ini. Dapat kita saksikan secara langsung betapa buruknya pemuda-pemudi Indonesia saat ini. Fakta di lapangan membuktikan bahwa banyaknya kasus-kasus seperti: Penyalahgunaan narkoba, Seks bebas, dan Tawuran antar pelajar.

Kenakalan remaja itu terjadi karena beberapa faktor, bisa disebabkan dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).

  1. Faktor Internal
  2. Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
  3. Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
  4. Faktor Eksternal
  5. Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
  6. Teman sebaya yang kurang baik
  7. Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Dari semua itu, sangat disayangkan apabila pemuda Indonesia masih saya seperti itu. Maka dari itu, saya ingin mengajak para pemuda indonesia untuk berolahraga.

Mengapa melalui olahraga?

  1. Karena seorang olahragawan itu harus berjiwa sportif. Sportif sendiri berarti berjiwa besar, jujur, dan mengakui keunggulan orang lain. Dengan kata lain kita harus bisa menghargai orang lain.
  2. Disiplin, seorang olahragawan selalu berpacu dengan waktu. Jika mereka ingin menang, maka mereka harus mencatat waktu dengan sesingkat-singkatnya. Contoh: Lari, Renang, balap.
  3. Daya juang tinggi. Mereka yakin bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Jadi mereka selalu bekerja keas untuk mendapatkan yang terbaik.
  4. Tidak mudah putus asa. Meskipun kalah, mereka kembali bangkit dan terus berlatih.
  5. Tantangan baru. Setiap even perlombaan membuat seorang olahragawan mendapat tantangan yang baru yaitu tantangan untuk berlatih lebih keras, lebih giat agar bisa memcapai target juara atau mempertahannkan prestasi yang pernah dicapai.
  6. Semangat, merupakan sumber motivasi terbesar untuk seorang olahragawan dapat terus berprestasi.
  7. Target, setiap apa yang dilakukan oleh seorang olahragawan selalu mempunyai target atau tujuan yang pasti.
  8. Sehat jasmani. Kita ingat bahwa didalam raga yang kuat akan tertanam jiwa yang sehat.
  9. Sebagai upaya kita generasi muda untuk bisa turut serta mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi kita, dan meningkatkan sember daya manusia produktif di Indonesia.

Jadi, apalagi alasan kalian para pemuda untuk tidak berolahraga??? Segeralah bangun, dan jangan takut untuk bergerak aktif, masa depanmu ada di tanganmu sendiri.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar