Daftar / Masuk
29
Desember

Ulasan Akhir Sepuluh Blog Sejawat

Written by imam fauzi. rev="post-321" No comments Posted in: PENDIDIKAN

Blog nomor 1

  1. Nama pemilik blog      : Tri Yuliana
  2. Alamat blog                 : https://blog.unnes.ac.id/triyuliana/
  3. Kelebihan                    : Desain atau tampilan backgound blog anda penuh dengan warna, itu menjadi kelebihan tersendiri. Apa lagi jika blog ini ditujukan kepada peserta didik SLTA, karena dengan warna yang anda buat dapat meminimalisir kejenuhan pembaca. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Dari segi isi tulisan atau materi sudah terstruktur, artinya anda sudah berusaha untuk menyusunnya secara sistematis dan berjenjang. Anda juga sudah menampilkan beberapa gambar yang relevan terhadap isi materi, itu sangat berpengaruh bagi viewer blog anda. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran        : Perlu diperhatikan dalam penulisan judul dan sub judul materi yang anda posting, usahakan jangan menggunakan ukuran atau font huruf yang terlalu besar. Ukuran huruf yang terlalu besar akan memenuhi ruang blog anda. Dan perlu diperhatikan juga dalam membuat judul blog anda karena hal tersebut keluar pertama kali saat pembaca meng-klik blog anda. Penulisan jurusan sebaiknya menggunakan kata hubung “dan” sebagai penanda bahwa dua ilmu antara Sosiologi dan Antropologi itu berbeda. Untuk penulisan tanda aprosof atau tanda petik satu diatas (‘) dalam penulisan tahun, karena tidak disingkat maka tanda aprosof tidak perlu digunakan. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 2

  1. Nama pemilik blog     : Ida Nur Kholida
  2. Alamat blog                : https://blog.unnes.ac.id/idakholida/
  3. Kelebihan                 : Dari segi tulisan, anda sudah menyuguhkan materi yang kaya dan berbobot, artinya anda mengambil dari berbagai sumber yang terpercaya. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Tulisan anda juga memuat banyak istilah akademis keilmuan anda, sehingga hal tersebut akan membuat pembaca lebih penasaran dengan apa yang anda tuliskan. Anda juga sudah menyisipkan gambar-gambar yang relevan dengan materi. Hal ini akan membuat para pembaca lebih happy fun saat membaca tulisan anda. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran       : Perlu diperhatikan saat anda menulis judul atau pun sub judul materi. Penggunaan huruf kapital harus diperhatikan, karena akan menimbulkan kesan bagaimana kedalaman ilmu yang kita peroleh diperguruaan tinggi. Jangan sampai justru kita kalah dengan anak SMA hanya karena kurang perhatian dalam menulis judul pada tulisan kita. Seperti halnya pada materi “Materi Antropologi Kelas XII :Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya”.  Usahakan anda memberi sub judul pada materi tersebut, agar pembaca tidak mencari-cari poin penting yang anda maksudkan, jika anda tidak membubuhkan subjudul, apalagi dengan judul materi anda yang  memuat berbagai istilah, dikhawatirkan pembaca akan sukar memahami maksud baik dari tulisan anda.  Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 3

  1. Nama pemilik blog      : Lenni Novia Lestari
  2. Alamat blog                 : https://blog.unnes.ac.id/members/lenni/
  3. Kelebihan blog      : Dari segi tampilan menarik, penulisan judul lugas dan mudah dipahami. Penulisan judul penting karena dari judul tersebut bersifat persuasif bagi pembaca. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Isi dari materi yang disampaikan juga sudah memuat banyak makna. Penjabarannya cukup jelas dan teoritis, artinya diambil dari berbagai sumber terpercaya. Penulisan huruf abjad juga sudah disesuaikan dengan EYD, walaupun belum sepenuhnya. Secara keseluruhan blog ini bagus.
  4. Kritik dan saran      : Untuk penulisan judul blog diusahakan konsisten, di singkat, dan perlu diperhatikan penggunaan simbol seperti dan (&. Alangkah baiknya jika kata hubung untuk nama jurusan tetap ditulis penuh “dan” bukan menggunakan simbol &. Dan dari segi tulisan, diusahakan penulisan paragraf harus lurus dengan subjudul. Apa lagi jika sub judul tersebut menggunakan angka, jangan sampai isi paragraf justru lebih menjorok ke kiri dari pada sub judul. Selain karena hal tersebut sesuai dengan kaidah penulisan tata bahasa yang baik dan benar, pun juga enak dipandang mata. Akan lebih menarik lagi jika dalam pemostingan blog disertai dengan gambar-gambar yang relevan dengan isi. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 4

  1. Nama pemilik blog       : ayuherni
  2. Alamat blog                  : https://blog.unnes.ac.id/members/ayuherni/
  3. Kelebihan blog           : Tampilan tulisan anda sangat menarik, berbeda dengan blog lain yang pernah saya baca. Pilihan jenis huruf yang anda tulis memiliki karakter tersendiri. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Dalam penggunaan bahasa yang anda pilih juga bermakna lugas, mudah dimengerti bagi pembaca. Isi materi yang anda suguhkan ringkas dan berbobot, tidak terlalu berbelit-belit dan langsung keintinya. Penggunaan nomor dalam setiap subjudul materi anda tentu akan memudahkan para pembaca dalam memetakan materi yang ingin mereka pahami. Terlebih lagi, dengan gambar-gambar yang anda sisipakn pada setiap materi anda, itu akan sangat membantu para pembaca. Secara keseluruhan blog anda menarik. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran          : Usahakan dalam menuliskan nomor pada setiap subjudul matri yang anda suguhkan tidak monoton menggunakan angka saja atau menggunakan huruf saja. Kalau pada subjudul anda menggunakan angka, maka pada anak subjudul sebaiknya anda menggunakan huruf, atau sebaliknya. Hindari penggunaan angka atau huruf secara bersamaan dan penulisan judul materi sebaiknya tidak terlalau besar. Untuk penulisan daftar pustaka, sebaiknya ditulis tanpa menggunakan bullet and numbering. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 5

  1. Nama pemilik blog        : Muhammad Zuhad Rifqi
  2. Alamat blog                   : https://blog.unnes.ac.id/members/zuhadrifqi/
  3. Kelebihan blog             : MATA BUMI, seperti nama blog anda, semoga sesuai yang anda cita-citakan. Tampilan gambar ketika pertama saya melihat blog anda sangat berwarna, menarik dan penuh imajinasi. Karena gambar yang anda suguhkan perlu interpretasi yang mendalam untuk memperoleh maknanya. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Pada materi yang anda suguhkan cukup bagus, terstruktur dab penuh makna. Secara keseluruhan, blog anda bagus, membawa pembaca meresapi materi yang anda tuliskan. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran          : Usahakan dalam menuliskan nomor pada setiap subjudul matri yang anda suguhkan tidak monoton menggunakan angka saja atau menggunakan huruf saja. Kalau pada subjudul anda menggunakan angka, maka pada anak subjudul sebaiknya anda menggunakan huruf, atau sebaliknya. Hindari penggunaan angka atau huruf secara bersamaan dan penulisan judul materi sebaiknya tidak terlalau besar. Untuk penulisan anak materi, sebaiknya ditulis tanpa menggunakan bullet and numbering. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 6

  1. Nama pemilik blog        : Nur Awaliya Maulida
  2. Alamat blog                   : https://blog.unnes.ac.id/members/maulida27/
  3. Kelebihan blog             : Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Isi materi yang anda sampaikan mengena dihati para pembaca. Anda sudah berusaha dengan sangat baik dalam menyajikan materi keilmuan anda. Penggunaan huruf dan nomor dalam setiap subjudul materi anda memudahkan para pembaca dalam memetakan materi yang ingin mereka pahami. Terlebih lagi, dengan gambar-gambar yang anda sisipakn pada setiap materi anda, itu akan sangat membantu para pembaca. Secara keseluruhan blog anda menarik. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran        : Dari segi tulisan, diusahakan penulisan paragraf harus lurus dengan subjudul. Apa lagi jika sub judul tersebut menggunakan angka, jangan sampai isi paragraf justru lebih menjorok ke kiri dari pada sub judul. Selain karena hal tersebut sesuai dengan kaidah penulisan tata bahasa yang baik dan benar, pun juga enak dipandang mata. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

Blog nomor 7

  1. Nama pemilik blog        : nuufid rahayu ambarwati
  2. Alamat blog                   : https://blog.unnes.ac.id/members/nuufidwati/
  3. Kelebihan blog        : Tampilan blog anda penuh dengan warna warni, hal tersebut menjadi kelebihan blog anda sehingga dapat meminimalisir rasa jenuh dari pembaca. Materi yang anda sajikan penuh dengan makana, gambar yang anda sisipkan pun sudah relevan dengan materi yang anda tulis. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Tampilan tulisan anda sangat menarik, berbeda dengan blog lain yang pernah saya baca. Pilihan jenis huruf yang anda tulis memiliki karakter tersendiri. Dalam penggunaan bahasa yang anda pilih juga bermakna lugas, mudah dimengerti bagi pembaca.
  4. Kritik dan saran        : Dari segi tulisan, diusahakan penulisan paragraf harus lurus dengan subjudul. Apa lagi jika sub judul tersebut menggunakan angka, jangan sampai isi paragraf justru lebih menjorok ke kiri dari pada sub judul. Selain karena hal tersebut sesuai dengan kaidah penulisan tata bahasa yang baik dan benar, pun juga enak dipandang mata. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.   

Blog nomor 8

  1. Nama pemilik blog       : Sofiyatin
  2. Alamat blog                  : https://blog.unnes.ac.id/members/sofiyatin30/
  3. Kelebihan blog           : Keanekaragaman gambar yang anda suguhkan, sangat memikat hati para pembaca. Dari segi tulisan, anda sudah menyuguhkan materi yang kaya dan berbobot, artinya anda mengambil dari berbagai sumber yang terpercaya. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Tulisan anda juga memuat banyak istilah akademis keilmuan anda, sehingga hal tersebut akan membuat pembaca lebih penasaran dengan apa yang anda tuliskan. Anda juga sudah menyisipkan gambar-gambar yang relevan dengan materi. Hal ini akan membuat para pembaca lebih happy fun saat membaca tulisan anda. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran       : Pada penulisan judul, akan lebih bagus jika anda memberikan kejelasan bab berapa materi yang anda sajikan pada blog anda. Namun secara keseluruhan, blog anda sudah bagus. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.        

Blog nomor 9

  1. Nama pemilik blog     : aris muhtarom
  2. Alamat blog                : https://blog.unnes.ac.id/members/arismuhtarom/
  3. Kelebihan blog       : Background anda unik, sesuai dengan nama blog anda “Rumah Keong”, entah apa yang anda maksudkan, namun hal tersebut menjadi karakter tersendiri bagi karya-karya anda, sekaligus posisi anda sebagai admin blog anda sendiri. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Penggunaan huruf dan nomor dalam setiap subjudul materi anda memudahkan para pembaca dalam memetakan materi yang ingin mereka pahami. Terlebih lagi, dengan gambar-gambar yang anda sisipakn pada setiap materi anda, itu akan sangat membantu para pembaca. Secara keseluruhan blog anda menarik.
  4. Kritik dan saran       : Dalam menyajikan materi, alangkah baiknya jika anda menggunakan penomoran yang konsisten. Seperti dalam materi yang anda posting terakhir, yakni “Materi Sosiologi Kelas X (Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat)”. Dari atas penggunaan huruf dan nomor sudah baik, namun ketika terdapat beberapa nama tokoh yang anda tuliskan tanpa menggunakan nomor atau huruf, memunculkan kesan bahwa tulisan anda kurang konsisiten. Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.         

Blog nomor 10

  1. Nama pemilik blog     : Imas Ulufi
  2. Alamat blog                : https://blog.unnes.ac.id/members/imasulufiaja/
  3. Kelebihan blog           : Tampilan blog anda bagus, mulai dari kategori, profil, home, semua aktif dan dapat dibuka. Menu-menu yang ada di blog anda seperti kategori, profil, home, semuanya aktif dan bisa dibuka. Dari segi tulisan, anda sudah menyuguhkan materi yang kaya dan berbobot, artinya anda mengambil dari berbagai sumber yang terpercaya. Tulisan anda juga memuat banyak istilah akademis keilmuan anda, sehingga hal tersebut akan membuat pembaca lebih penasaran dengan apa yang anda tuliskan. Penggunaan huruf dan nomor dalam setiap subjudul materi anda memudahkan para pembaca dalam memetakan materi yang ingin mereka pahami. Terlebih lagi, dengan gambar-gambar yang anda sisipakn pada setiap materi anda, itu akan sangat membantu para pembaca. Terima kasih.
  4. Kritik dan saran        : Perlu diperhatikan dalam penulisan dan tata letak nomor atau huruf, sebaiknya berada dibawah subjudul. Jangan sampai terlalu menjorok kekanak atau kekiri. Selain karena hal itu sesuai dengan aturan atau kaidah penulisan yang benar,  juga agar mudah dan enak saat dibaca. Secara keseluruhan blog anda sudah bagus.  Terima kasih, semoga blog anda disaksikan oleh banyak viewer diluar sana.

0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.