Recent Comments

    Calendar

    November 2017
    M T W T F S S
    « Jun    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  

    Furnitur Manufacturer Indonesia dengan Beragam Benda yang Ditawarkan

    Furnitur Manufacturer Indonesia dengan Beragam Benda yang Ditawarkan

    Indonesia adalah salah satu negara dengan komoditas kayu yang cukup besar, sehingga Indonesia banyak mengeksport kayu dengan kualitas yang bagus untuk dijual ke luar negeri. Penjualan ini biasanya sudah dalam bentuk benda atau furnitur dengan beragam jenis dan model yang beraneka ragam. Keragaman model yang dibuat pada furnitur ini dapat meningkatkan minat warga asing terhadap furnitur yang dibuat dari Indonesia, khususnya furnitur yang terbuat dari bahan dasar kayu.Furnitur manufacturer Indonesia banyak yang berdiri dan memproduksi berbagai macam jenis furnitur dengan kualitas yang bagus dan juga terjamin. Selain komoditas kayunya yang tinggi, warga Indonesia juga termasuk masyarakat yang kreatif dengan ide-ide yang bagus sehingga mampu membuat furnitur dengan desain yang menarik dan juga unik.

    Keunikan yang ditawarkan dari masing-masing furnitur ini menambah daya tarik warga asing terhadap benda-benda yang dieksport dari Indonesia. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah, sehingga banyak yang suka dan tertarik terhadap furnitur dari Indonesia. Dari banyaknya jenis kayu yang dibuat sebagai bahan dasar furnitur, kayu jati masih menjadi primadona di masyarakat. Tentu saja, karena kualitas kayu jati masih dipercaya oleh masyarakat. Meskipun furnitur dari kayu jati dijual dengan harga yang lumayan mahal oleh furnitur manufacturer Indonesia, tetapi banyak masyarakat yang tidak mempedulikan harganya. Tentu saja, karena harga yang tinggi akan sebanding dengan kualitas dari benda yang ditawarkan.

    Memang, untuk membuat furnitur yang menarik tidak hanya dibuat dari bahan dasar kayu jati saja. Ada banyak jenis kayu lain yang banyak juga tersedia sebagai furnitur. Namun, saat ini kayu jati masih menjadi favorit masyarakat. Salah satu furnitur yang dibuat dari bahan dasar kayu jati adalah ranjang tempat tidur. Ranjang ini biasanya didesain dengan berbagai macam model dan jenis hiasan yang berupa ukiran yang beragam. Ragam model dan desain ini akan menambah daya tarik masyarakat untuk memiliki furnitur dengan kualitas yang bagus. Selain itu, masih banyak benda furnitur lain yang bisa Anda jadikan sebagai perabotan rumah tangga yang bisa Anda dapatkan di furnitur manufacturer Indonesia.

    Seperti yang telah dikatakan di awal bahwa, Indonesia adalah salah satu negara dengan komoditas kayu yang besar. Sehingga banyak warga asing yang percaya dengan kualitas kayu yang dihasilkan dari Indonesia. Jika warga asing percaya dengan kualitas kayunya, pastinya Anda juga akan percaya dengan kualitas perabotan  yang dibuat dari furnitur manufacturer Indonesia, bukan? Tentu saja, karena setiap perusahaan pastinya akan memberikan barang-barang furnitur dengan kualitas yang bagus, seperti tempat tidur, meja dan kursi makan, sofa tempat santai maupun sofa untuk tempat tamu dan masih banyak lagi.

    Pilihan Mebel Jati Jepara Terbaru

    mebel jati jepara terbaru

    Mebel jati Jepara terbaru memang selalu menarik perhatian. Pasalnya Jepara memang terkenal dengan produksi mebel kayu jati yang berkualitas tinggi. Tidak hanya di pasar lokal, mebel Jepara ini bahkan sudah banyak yang diekspor ke berbagai negara. Mebel Jepara dibuat dengan proses yang cukup rumit dan panjang. Hal ini tentu saja untuk menghasilkan mebel yang memiliki standar tinggi. Mulai dari pemilihan kayu jati, pengeringan, hingga proses finishing, semua dilakukan oleh pengrajin yang sudah profesional dan berpengalaman di bidangnya. Jadi tidak mengherankan jika produksi mebel Jepara ini bisa dibawa hingga ke luar negeri. Sampai dengan saat ini, mebel jati Jepara masih menjadi primadona untuk banyak kalangan. Kayu jati memiliki karakter yang awet dan kuat sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Selain itu, kayu jati juga memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. Kayu jati memiliki corak yang sangat unik jika dibandingkan dengan kayu lainnya. Selain itu, kayu jati juga tidak disukai oleh hama kayu karena adanya zat khusus di dalam kayu jati. Dengan begitu, peluang kayu mudah rusak atau keropos sangatlah kecil.

    Saat ini, ada banyak mebel jati Jepara terbaru yang bisa dijumpai di pasaran. Ada mebel jati Jepara yang dibuat menjadi kursi, meja, lemari, bufet hingga kabinet dapur. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua mebel atau furnitur yang dijual tersebut memiliki kualitas terbaik? Jawabannya tentu saja tidak. Karena ada saja produsen yang menjual mebel dengan kualitas rendah. Baik tidaknya mebel kayu jati ditentukan oleh kondisi kayu jati saat ditebang, perlakuan dan proses pengolahan kayu jati untuk menjadi sebuah furnitur dan juga finishing. Karena masing-masing produsen mebel tentunya memiliki sumber kayu dan tenaga kerja yang berbeda-beda sehingga hasil mebel yang diproduksi pun akan berbeda.

    Yang menarik dari memeli mebel jati Jepara terbaru adalah Anda harus membeli mebel yang dibuat dari kayu jati berumur puluhan tahun dan sudah tua. Hal ini dikarenakan mebel jati yang terbuat dari kayu yang tua biasanya lebih kokoh dan juga kuat. Selain itu, nilai estetika kayu yang berumur tua juga cenderung lebih indah. Dimana Anda bisa melihat urat dan corak kayu jati yang jelas dan juga unik. Ciri-ciri dari kayu jati tua adalah teksturnya yang padat, keras dan berat. Warna kayu jati dua juga sangat menarik yakni berwarna coklat kemerahan.

    Mebel jati Jepara juga terkenal dengan konstruksinya yang kuat dan kokoh. Dimana tingkat simetri mebel dibuat dengan perhitungan yang presisi sehingga sangat aman. Mebel yang berkualitas bagus, dibuat dengan finishing yang baik. Hal ini dilihat dari ketahanan, estetika, ketepatan dan juga kualitas proteksi finishing tersebut. Sebab ada beberapa produk Mebel jati Jepara terbaru yang memang diletakkan di luar ruangan seperti kursi teras, meja tamu, dan lain sebagainya.

    2 Beasiswa Indonesia Untuk Studi Keluar Negeri

    Ada beberapa jalur beasiswa yang direkomendasikan untuk anda hal ini dinilai dari asas kepopularitasan untuk lebih jelas berikut kami akan memberikan informasi rekomendasi beasiswa untuk studi keluar negeri untuk leih jelas seperti berikut :

    Beasiswa LPDP

    Salah satu beasiswa keluar negerti terbaik hal ini karena sistem rekrtumen beaiswa ini tidak membatas kuota yang sudah ditentukan artinya mereka yang memenuhi kuota pendaftaran sudah pasti akan diterima.

    Beasiswa Ristek Dikti Ke Luar Negeri

    Ada dua Macam bentuk beasiswa ke luar negeri yang bisa diikuti pertama jalur rekomendasi dan jalur umum, untuk bisa mengikuti beasiswa ini peserta dapat membanca petunjuk pendaftaran melalui situs pendaftaran.net kemudian pilih beasiswa luar negeri yang diminati.

    Referensi Materi Mata Pelajaran Biologi

    Di era perkembangan teknologi informasi ini, banyak sekali informasi yang disalurkan lewat media internet, salah satunya adalah konten materi pelajaran sekolah untuk tujuan edukasi. Blog materi pendidikan merupakan salah satu penyedia berbagai macam konten yang diajarkan di sekolah. Banyak sekali materi yang disajikan, mulai dari biologi, ekonomi, sejarah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Siapa saja yang mencari informasi artikel konten pendidikan?

    Sebenarnya, informasi yang disajikan di dalam sebuah website pendidikan ataupun blog pendidikan, disuguhkan untuk siapa saja yang membutuhkannya. Tetapi, memang kebanyakan yang membutuhkan informasi tersebut adalah para pelajar atau siswa yang hendak belajar lebih lanjut tentang bidang pelajaran tertentu, misalnya biologi, yang tidak mereka dapatkan dalam buku diktat mereka di sekolah sehingga mereka harus mencari informasi lebih lanjut atau tambahan melalui media internet. Para siswa biasanya mencari konten tersebut saat mengerjakan tugas dari guru.

    Tidak hanya siswa saja lho yang membutuhkan informasi berupa artikel tentang konten materi pelajaran yang tersebar di Internet, guru sebagai pengajar juga membutuhkan informasi tersebut. Hal itu ditujukan untuk pengayaan materi ataupun saat guru hendak membuat buku panduan belajar, rangkuman materi, hingga untuk ujian berupa kuis dan tes.

    Pada intinya, artikel tentang konten pendidikan sangatlah bermanfaat apabila bisa dijangkau oleh khalayak ramai. Maka dari itu, jangan segan untuk mempublikasikan konten materi pelajaran yang anda miliki ke media seperti blog ataupun website agar dapat memberikan manfaat kepada banyak orang.

    Tak hanya biologi dan pengetahuan alam maupun sosial lainya, bahkan bidang musik pun bisa menyuguhkan konten edukasi khususnya yang ingin belajar not angka misalnya.

    Atasi Jerawat Pasir Dengan Susu Kefir Bakteri Baik Untuk Wajah

    Jerawat pasir menjadi hal yang ditakutkan bagi semua orang terutama wanita, karena jerawat tersebut memberikan efek menjadi kurang percaya diri bagi yang terkena jerawat ini. Penyebab dari jerawat pasir ini bisa jadi penggunaan kosmetik yang tidak tepat atau alergi pada kulit ataupun adanya lemak berlebih yang menyebakan jerawat pasir.

    Banyak cara untuk mengobati jerawat pasir, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan pembersih alami seperti gel lidah buaya, lemon, bahkan timun. Akan tetapi bila tidak ada perubahan yang pasti untuk pengobatan jerawat pasir, anda bisa mencoba pengobatan alternatif lain yaitu menggunakan susu kefir. Karena salah satu cara mengobati jerawat pasir adalah menggunakan susu kefir yang mengandung 1 milyar bakteri baik untuk wajah dan tubuh anda.

    Susu kefir sendiri merupakan yogurt asli dari susu segar sapi dengan menggunakan biji kefir yang merupakan sekumpulan-sekumpulan bakteri baik dalam jumlah milyaran. Dan sahabat afara bisa mencoba tips berikut agar bisa menyembuhkan jerawat pasir yang membandel.

    Untuk prosesnya adalah sebagai berikut :

    1. Siapkan susu sapi segar bisa susu bermerek ataupun merek local agar lebih murah
    2. Siapkan bibit kefir murni yang banyak dijual pada pasar online
    3. Racik Bibit kefir dengan dicampurkan pada susu segar agar menjadi minuman kefir
    4. Tunggu sampai 24 jam saring kembali susu kefir agar bibit kefir dapat disimpan kembali
    5. Gunakan sedikit bibit kefir untuk menjadi cream pada wajah
    6. Campurkan sedikit bibit kefir yang diambil masukan sedikit pada wadah yang berisi susu kefir
    7. Hancurkan bibit kefir tersebut dengan sendok plastic yang telah becampur dengan susu kefir
    8. Oleskan teratur pada wajah yang terkena jerawat pasir hingga mengering dan terasa gatal
    9. Jangan di sentuh atau di garuk apabila terjadi gatal hal ini disebabkan bakteri baik pada kefir bereaksi
    10. Bilas dengan air bersih setelah 1 Jam

    Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online Dengan Seo

    Ditengah kemajuan internet yang pesat, kehadiran online shop memang membawa keuntungan bagi banyak orang. Jika dibandingkan dengan offline shop, online shop terbilang lebih bisa meraup banyak keuntungan. Apalagi untuk memiliki online shop juga lebih mudah dibandingkan offline shop yang harus memiliki kios atau toko untuk menjual produk anda. Terlepas dari kemudahan memiliki online shop, tentunya tetap diperlukan strategi yang tepat untuk mendatangkan pembeli. Salah satunya dengan memanfaatkan strategi seo untuk toko online. Perlu diketahui bahwasanya SEO ini merupakan cara menarik pengunjung melalui mesin pencari. Untuk itulah bagi anda yang memiliki bisnis online shop perlu memahami cara kerja SEO untuk meningkatkan trafik.

    Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online Dengan Seo

    Mengembangkan Online Shop Dengan Startegi SEO

    Untuk menjadikan online shop anda banyak dikunjungi dan diminati, tentunya online shop anda harus menyajikan konten terbaik. Hal tersebut merupakan salah satu strategi mengembangkan online shop dengan SEO. Untuk menampilkan konten yang terbaik, online shop anda harus memiliki beberapa kriteria. Pertama online shop anda harus membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Pastikan penggunaan gaya bahasanya juga sesuai dengan sasaran pengunjung, sehingga informasinya juga bisa tersampaikan dengan baik.

    Strategi seo untuk toko online yang kedua adalah memahami kata kunci. Dimana proses pencarian di search engine memang menggunakan kata kunci. Dengan demikian anda juga harus menggunakan SEO yang menyertakan kata kunci. Jika perlu anda juga harus mengkaji ulang kata kunci yang digunakan. Usahakan menggunakan kata kunci yang belum banyak pesaingnya. Dengan kata lain belum banyak situs sejenis yang menargetkan kata kunci tersebut. Untuk bisa memahami kata kunci, anda harus memahami terlebih dahulu pasar targetnya, apa yang dicari dan situlah apa yang digunakan.

    Jenis strategi SEO untuk online shop selanjutnya adalah membangun backlink. Perlu diketahui backlink adalah link yang diberikan pihak lain ke situs kita. Backlink memang merupakan cara tepat menaikkan ranking situs secara cepat di halaman pencarian. Namun yang terpenting bukan kuantitas namun kualitas backlink. Untuk itu anda juga harus mengetahui backlink yang berkualitas yaitu yang relevan, dengan kata lain backlink juga diberikan oleh situs yang memiliki topik yang sama. Kriteria backlink yang berkualitas selanjutnya adalah contextual link dan juga situs authority yang tinggi.

    Kesimpulan :

    Strategi SEO yang tepat dapat mendatangkan banyak pembeli ke toko online, namun jika salah dalam melakukan strategi SEO, maka akan berakibat toko online anda mendapat hukuman penalty dari google, nah jika anda tidak memiliki skill yang mumpuni tentang SEO sebaiknya percayakan SEO toko online anda kepada jasa seo professional, silahkan menuju situs resminya di www.jasaseoweb.id

    Deskripsi: strategi seo untuk toko online merupakan salah satu startegi yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan pembeli pada online shop

     

    Cegah Mengantuk Di Kantor Tanpa Hipnoterapi

    Tips Agar Tidak Mengantuk Di Kantor

    Apakah anda sering mengantuk pada jam kerja ? Merasa ngantuk dikantor pastinya akan membuat semua orang menjadi malas untuk melakukan apapun. Bahkan dengan menahan rasa ngantuk di tempat kerja menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Belum lagi hal ini akan membuat pekerjaan menjadi menumpuk sehingga tidak terselesaikan dengan cepat dan tidak maksimal. Rasa ngantuk di kantor memanglah membuat hal-hal menjadi kacau seperti tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk. Mengantuk sering hadir secara mendadak dan pada umumnya terjadi menjelang siang. Ada juga yang merasakan kantuk ketika menjelang sore hari terlebih setelah makan siang. Berikut di bawah merupakan tips dari klinik hipnoterapi jogja yang mungkin Anda bisa lakukan untuk tidak mengantuk ditempat kerja :

    1. Hidupkan radio atau putarlah lagu

    Memutar lagu tidak akan membuat mengantuk karena biasanya akan membuat Anda ikut bernyanyi sehingga segar kembali. Namun apabila jika tidak ada suara apapun maka keadaan sunyi dan mengakibatkan ngantuk.

    1. Membasuh wajah Anda dengan air

    Air segar akan membuat mata dan sekitarnya menjadi lebih fresh. Selanjutnya tepuk pipi dengan air dan ingatkan kepada diri Anda bahwa pekerjaan belum selesai.

    1. Tidur lebih awal

    Ini solusi yang terbaik untuk mencegah kantuk di kantor. Kebanyakan orang yang mengantuk dikantor karena tidur yang terlarut malam dan bangun yang terlalu pagi. Olej karena itu boboklah lebih awal sehingga akan membuat Anda menjadi lebih fresh ketika bangun pagi.

    1. Membawa cemilan pedas

    Mengemil sambil kerja Pada kebanyakan orang akan membuat mereka tidak akan bete dan bosen. Carilah makanan pedas namun tidak penuh mengandung lemak, karena nantinya akan membuat Anda menjadi gemuk.

    1. Pejamkan mata sebentar

    Memejamkan mata beberapa saat akan membantu Anda untuk menahan ngantuk sementara, sebaiknya lakukan ini pada istirahat dan tidur selama 5 menit hingga 10 menit dan Anda siap beraktifitas kembali.

    1. Minum kopi atau teh hijau

    Minum yang mengandung kafein atau teh pait akan membuat mata Anda menjadi segar, karena minuman ini menghilangkan rasa ngantuk disaat Anda kerja tapi lebih baik mengkonsumsi teh hijau dari pada kopi, karena minum kopi keseringan akan tidak baik.

    Demikian tips untuk sukses dalam menghadapi rasa ngantuk di kantor. Jika anda mengalami masalah seperti ini berlarut-larut sebaiknya anda menghubungi biro psikologi terdekat untuk berkonsultasi.

     

    Mengakali Kebocoran dengan Membrane Waterproofing

    Dalam setiap bangunan, memilih dan mendesain struktur bangunan memanglah tidak semudah angan-angan.Membutuhkan adanya skill tinggi. Apalagi pembanguan dilaksanakna pada sat musim penghujan. Ya tidak menentunya cuaca akan sangat berpengaruh dengan kualitas banguna itu sendiri. Bagi para kontraktor dan insinyur, mereka akan sangat membutuhkan adanya membrane waterproofing, dikarenakan struktur beton bukanlah struktur yang kedap air (watertight) secara alami (secara instan). Maka beton yang akan di gunakan harus di buat agar bisa kedap air (waterproofed) dengan menggunakan tambahan bahan aditif. Biasanya menggunakan membrane yang digunakan sebagai system waterproofing secara konvensional, Membrane dipilih Karena sifatnya yang tahan dan menolak air. Untuk seberapa banyak penggunaan membrane, hal ini tergantung dengan konsisi lokasi yang akan dilapisi, bisa 1 lapis ataupun lebih. Biasanya membrane yang di gunakan merupakan bahan silikat, dan bahan pembuatan aspal, atau yang sering di sebut juga dengan kata PVC dan juga EPDM.
    Waterproofing juga bisa diaplikasikan pada bangunan lama, yaitu pada loteng, basement, atu tembok. Sering juga waterproofing untuk kolam renang dan langit-langit gedung bertingkat. Perlu dicatat bahwa sifat air adalah mengikuti bentuk wadahnya/tempatnya. Dan ari bisa melewati celah yang tidak kast mata sekalipun. Oleh karenanya sering kita jumpai gedung-gedung megah tapi banyak yang lantainya bocor. Nah hal ini terjadi Karena adanya retakan pada banguna yang tak kasat mata. Bila sudah terjadi seperti ini maka akan sulit untuk menanggulangi. Tapi tetap saja pasti ada solusinya. Salah satu solusi yaitu dengan waterproofing membrane, bisa juga dengan injection menggunakan pompa bertekanan tinggi. Tapi injection relative lebih mahal biayanya. Untuk waterproofing membrane kita bisa serahkan ke ahlinya. Banyak bertebaran di sekitar kita kontraktor-kontraktor yang ahli aplikator waterproofing membrane. Namun juga harus jeli dan benar-benar bisa memilih yang professional, meski agak mahal. Daripada murah tapi tidak menyelesaikan masalah.

    Identifikasi Mikroorganisme Secara Morfologi atau Molekuler: Manakah yang Lebih Penting?

     

    IMG_20160316_154316[1]

    Hands-on training Workshop: Biolog Gen III Microbial Identification System

    Pada tanggal 15-16 Maret yang lalu, saya mengikuti sebuah hands-on training workshop di UPT Lab Terpadu Universitas Diponegoro. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Tawada Health Care (THC) dengan UPT Lab Terpadu Undip. Pada hari pertama,  saya disuguhi sebuah paparan yang meskipun sangat mendasar, akan tetapi sangat menarik untuk dikupas, yaitu materi tentang identifikasi mikroorganisme oleh Dr. Anto Budihardjo dari Departemen Biologi, FSM Undip. Selama kurang lebih 15 menit, Dr. Anto menjelaskn tentang The latest innovation on microbial identification system yang membahas seluk beluk latar belakang dan prinsip identifikasi mikroorganisme, mulai dari teknik identifikasi konvensional hingga teknik yang berkembang semakin pesat dan canggih di era teknologi masa kini.

    IMG_20160316_154417[1]

    Paparan tentang The latest innovation on Microbial Identification System oleh Dr. Anto Budihardjo

    Pada dasarnya, teknik identifikasi bertujuan untuk mengetahui identitas berupa nama spesies dari mikroorganisme (dapat berupa spesies bakteri, kapang, maupun yeast) seakurat mungkin. Kebutuhan identifikasi mikroorganisme sangat bergantung pada siapa yang melakukan identifikasi dan untuk apa identitas mikroorganisme tersebut digunakan. Sebagai contoh, sebuah industri yang memproduksi produk pangan memerlukan quality control yang ketat untuk mencegah adanya kontaminasi mikroorganisme dalam produk mereka. Identitas mikroorganisme menjadi penting sebagai acuan langkah tindak lanjut apabila ditemukan kontaminasi pada produk. Contoh yang lain adalah dalam bidang kesehatan dan kedokteran, dimana identitas suatu mikroorganisme patogen yang menyebabkan penyakit pada pasien sangat diperlukan sebagai acuan tindakan pemberian antibiotik maupun treatment pengobatan. Selain itu, para peneliti fundamental memerlukan identitas mikroorganisme secara akurat sebagai dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya khususnya dalam penelitian bioprocess engineering maupun optimasi proses metabolisme.

    Secara umum, terdapat dua teknik identifikasi mikroorganisme yang paling utama, yaitu identifikasi berdasarkan karakter fenotip dan berdasarkan karakter genotip. Teknik identifikasi berdasarkan karakter morfologi (fenotip) dikenal sebagai teknik identifikasi konvensional, sedangkan teknik identifikasi karakter molekuler (genotip) merupakan teknik identifikasi modern. Identifikasi fenotip mikroorganisme dilakukan dengan cara mengkarakterisasi ciri morfologi secara makroskopik (bentuk, warna, pola, kecepatan tumbuh koloni) dan mikroskopik (bentuk, warna, struktur, pengecatan Gram sel), ciri fisiologi dan ciri biokimia. Teknik identifikasi karakter molekuler (genotip) erat kaitannya dengan karakterisasi/ profiling DNA mikroorganisme menggunakan teknik molekuler berupa analisis pattern/ fingerprint-based dan sequence-based.

    Pertanyaan yang muncul di benak saya ketika menyimak penjelasan dari Dr. Anto adalah bagaimana jika karakterisasi secara morfologi dan molekuler pada spesies yang sama, ternyata menghasilkan identitas spesies yang berbeda? Pertanyaan ini muncul berdasarkan pengalaman saat saya melakukan penelitian di jenjang master. Pada waktu itu, saya melakukan identifikasi spesies yeast-like fungi berdasarkan karakter morfologi dan molekuler. Saya merasa bingung mengapa spesies yang sama memiliki dua identitas yang berbeda berdasarkan karakterisasi tersebut. Ketika itu, saya bersama para Professor memutuskan untuk memilih identitas spesies berdasarkan karakterisasi molekuler sebagai nama spesies yang valid. Hal ini saya sampaikan kepada Dr. Anto, beliau menjelaskan bahwa seharusnya, jika dalam proses karakterisasi fenotip dan genotip menghasilkan identitas yang berbeda, diperlukan tes lanjut yang lebih spesifik sehingga diperoleh hasil yang akurat dan valid. Uji lanjut tersebut dapat berupa fingerprinting dan analisis biokimia yang kompleks. Saya menyampaikan bahwa jika hal tersebut dilakukan, maka akan sangat memakan waktu dan biaya yang cukup banyak hanya untuk proses identifikasi. Selanjutnya, Dr. Anto menjelaskan bahwa seharusnya hasil dari karakterisasi morfologi adalah saling komplemen dan linier dengan hasil karakterisasi molekuler.

    Permasalahan yang saya ajukan memperoleh jawaban pada sesi kedua hari pertama hands-on training ketika tim dari Focus Biotech Malaysia memaparkan tentang Biolog yaitu Ms. Chai Li Fen (Malaysia). Beliau menjelaskan bahwa jika hasil identifikasi secara morfologi berbeda dengan hasil identifikasi secara molekuler, maka yang perlu dicek pertama kali adalah kultur yang kita miliki. Apakah kultur mikroorganisme yang kita miliki benar-benar merupakan kultur yang murni? Apakah ada atau tidak ada kontaminasi pada kultur yang disimpan? Apakah dalam proses pengambilan sampel untuk proses identifikasi secara molekuler telah melalui prosedur yang benar dan aseptis? Jika kultur kita merupakan kultur yang murni, hanya satu isolate, tidak ada kontaminasi dan proses yang dijalankan sudah benar, maka hasil identifikasi berdasarkan karakter morfologi dan karakter molekuler tidak akan berbeda.

    IMG_20160320_095333[1]

    Ms. Chai Li Fen dari Focus Biotech Malaysia

    Berdasarkan permasalahan ini, tim Biolog menawarkan suatu inovasi yang sangat canggih dalam identifikasi mikroorganisme, yaitu dengan menggunakan Biolog Gen III Microbial Identification System. Sistem identifikasi mikroorganisme yang ditawarkan dengan menggunakan system ini dapat mendeteksi lebih dari 2,500 spesies bakteri, kapang, dan khamir aerobik maupun anaerobik. Sistem ini sangat mudah digunakan dan diaplikasikan sehingga mendukung efisiensi waktu dan tenaga. Sistem ini menggunakan prinsip kimia redoks yang memungkinkan uji bakteri Gram positif dan Gram negatif pada satu panel uji yang sama. Dalam kesempatan hands-on training ini, saya menjadi seseorang yang beruntung karena dapat mencoba sistem dari Biolog Gen III secara gratis. Saya diberikan satu microplate untuk menguji identitas bakteri yang belum diketahui nama spesiesnya. Langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan cara mengambil tiga koloni bakteri tunggal dari plate media nutrient agar menggunakan cotton swab steril secara aseptis. Selanjutnya koloni yang telah diambil dimasukkan dalam media suspensi bakteri khusus yang sudah disediakan. Setelah dicampur, maka suspensi bakteri diukur menggunakan alat turbidimeter hingga menunjukkan angka 98%. Angka ini menunjukkan bahwa suspensi bakteri sudah memenuhi syarat untuk diinokulasikan ke dalam microplate Biolog Gen III. Selanjutnya, suspensi bakteri diinokulasikan sebanyak masing-masing 100 µl ke dalam sumur microplate menggunakan mikropipet yang dirancang khusus untuk memudahkan proses inokulasi yang dilengkapi dengan multi-channel. Mikropipet ini merupakan standing mikropipet yang tidak memerlukan rak untuk menggantung mikropipet ketika selesai digunakan. Mikropipet ini didesain memiliki kaki khusus untuk menyangga pipet ketika diletakkan. Setelah selesai melakukan inokulasi, microplate tersebut diberi label nama sampel, pemilik, dan waktu inokulasi. Selanjutnya, microplate diinkubasi pada suhu 33 °C selama kurang lebih 20-24 jam. Sesi hari pertama selesai sampai dengan proses inkubasi. Pembacaan hasil dilakukan pada hari kedua.

    IMG_20160316_154648[1]

    Ovation Micropipette: Single Channel

    IMG_20160316_155030[1]

    Turbidimeter

    IMG_20160316_190209[1]

    Microplate Gen III setelah inkubasi selama 24 jam pada suhu 33 derajat Celcius

    Pada hari kedua, training menjadi sangat menarik karena ada sesi informasi dari Tawada Health Care (THC)  yang menawarkan satu teknologi identifikasi bakteri tertentu berdasarkan karakter warna koloni dan bentuk koloni menggunakan plate difusi Compact Dry dari Nissui yang sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Selanjutnya, pembacaan hasil pada microplate dilakukan dengan didampingi Dr. Woon Chin dari Biolog menggunakan mesin semi-automated Omnilog microplate reader. Perubahan warna yang terjadi pada sumur microplate yang sebelumnya bening menjadi ungu dijadikan dasar bahwa mikroorganisme tersebut menggunakan substrat yang ada di dalam sumur untuk proses metabolisme. Perubahan warna pada microplate ini dibaca oleh mesin sehingga menghasilkan data yang dapat dicocokkan dengan database pada sistem. Jika isolat bakteri yang diidentifikasi merupakan isolat murni, maka sistem akan menunjukkan identitas bakteri berdasarkan hasil pencocokan database yang sesuai dan akurat. Jika tidak, sistem tetap menunjukkan hasil identifikasi akan tetapi dengan tingkat kecocokan yang rendah, atau bahkan tidak menunjukkan suatu identitas sama sekali (tidak ada database spesies yang cocok).

    IMG_20160316_185701[1]

    Pembacaan Microplate

    IMG_20160316_155327[1]

    Paparan dari tim Tawada Health Care (THC)

    IMG_20160316_185520[1]

    Nissui Compact Dry TC

    Hasil pembacaan identitas bakteri membuktikan bahwa sistem Biolog Gen III ini cukup canggih dan akurat dalam proses identifikasi. Penggunaan sistem ini sangat memudahkan proses identifikasi secara fisiologi dan biokimia, sehingga dapat menjadi suatu dasar apakah isolat yang kita miliki adalah isolat murni atau terdapat kontaminasi. Pembacaan menggunakan sistem dari Biolog ini dapat dijadikan dasar sebelum melakukan identifikasi lanjut menggunakan teknik molekuler. Sehingga, diharapkan hasil identifikasi morfologi, fisiologi, dan biokimia dapat dijadikan sebagai komplemen dan mendukung dengan hasil identifikasi molekuler, demikian juga sebaliknya. Selanjutnya, hasil kedua identifikasi menggunakan karakter morfologi dan karakter molekuler dapat dijadikan sebagai dasar yang akurat untuk menentukan nama spesies mikroorganisme.

    Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa teknik identifikasi mikroorganisme baik menggunakan teknik konvensional (karakterisasi morfologi, fisiologi, dan biokimia) dan teknik molekuler merupakan dua teknik yang saling bersinergi dan saling komplemen. Keduanya sangat penting untuk dijadikan dasar untuk menentukan identitas suatu mikroorganisme.

    Keep calm and love microbiology :)

    Jurassic World: Rekayasa Genetika dan Fiksi Ilmiah

     

    jw1

    Baru-baru ini, film Jurassic World telah mencuri perhatian para penggemar film ber-genre fiksi ilmiah. Jurassic world merupakan seri ke-4 dari serial Jurassic Park. Dibintangi oleh Chriss Pratt dan Bryce Dallas Howard, film ini menceritakan sebuah taman dinosaurus di Isla Nubar, yang telah beroperasi sebagai taman rekreasi selama 10 tahun. Spesies dinosaurus, reptil air, dan reptil terbang secara spektakuler dihidupkan kembali dari kepunahan di masa Jurassic dan Cretaceous. Semua spesies dinosaurus dikembangkan melalui rekayasa genetika, pengembangan ini tidak hanya bertujuan untuk mengembalikan keberadaan mereka yang telah punah, tetapi juga untuk memperoleh spesies yang unggul dan lebih menarik untuk dipertunjukkan.

    Kebaruan orisinal dari film pendahulu Jurassic Park dan film terbaru Jurassic World ini berada pada sisi sainsnya. Imajinasi sains sang empu cerita mampu membuat serial film Jurassic Park untuk diterima dengan baik oleh publik penggemar sains fiksi. Ilmu-ilmu genetika, biologi sel, dan biologi molekuler menjadi dasar kisah kembalinya dinosaurus yang telah punah ke dunia masa kini. Kisah (red: fiksi) penemuan DNA dinosaurus dari nyamuk purba yang kemudian diklon untuk menciptakan spesies dinosaurus yang utuh sangat menarik untuk dikaji. Pada sebuah scene, salah satu dari karakter dalam film mengatakan:

    Nothing in Jurassic World is natural!

    Frase ini membuktikan bahwa dinosaurus di Jurassic World adalah buatan manusia yang bukan dinosaurus “seutuhnya”. Semua makhluk ini direkayasa dari fragmen (potongan) DNA yang “disambung” dengan fragmen DNA dari binatang lain untuk memperoleh DNA utuh. Sehingga, meskipun genetikawan Jurassic World mengusahakan pengkonstruksian DNA dinosaurus seakurat dan senatural mungkin, makhluk ciptaan mereka tetap saja bukan dinosaurus yang sesungguhnya.

    Seperti yang telah kita ketahui, setiap makhluk hidup memiliki genom utuh yang ukurannya berbeda-beda. Manusia memiliki genom berukuran 3 milyar pasang basa yang di dalamnya terdapat 25 ribu sampai 30 ribu gen pengkode protein. Padi memiliki genom berukuran 450 juta pasang basa, tomat 950 juta pasang basa, salamander 50 juta pasang basa, ikan paus 130 juta pasang basa dan lain sebagainya. Ukuran genom dinosaurus dapat diestimasi melalui sel osteosit yang diperoleh dari fosil tulang. Genom dinosaurus non-avian diestimasi memiliki lebih dari 4 juta pasang basa. Ukuran genom makhluk hidup memiliki korelasi negatif dengan laju metabolisme, laju metabolisme yang tinggi memerlukan ukuran genom yang kecil. Akan tetapi, ukuran genom tidak menunjukkan korelasi apapun terhadap tingkat kecerdasan maupun ukuran organisme.

    Hal yang menarik di Jurassic World ini adalah terciptanya Indominus rex, seekor dinosaurus baru berukuran 15 meter yang merupakan campuran dari Tyrannosaurus rex, Velociraptor, katak pohon (treefrog) dan ikan sotong (cuttlefish). Pada awalnya, Indominus rex tumbuh dan terkendali dengan baik di dalam kandangnya. Kengerian dan teror pun dimulai ketika kemampuan makhluk ini untuk mengecoh sistem sensor thermal untuk mendeteksi keberadaannya, serta kemampuannya untuk berkamuflase seperti bunglon. Kesan dari film ini, mengklon dan menciptakan seekor dinosaurus baru yang memiliki sifat unggul sangatlah mudah. Masih berawal dari ide Jurassic Park, ilmuwan mengawali proses penciptaan dinosaurus dengan mengekstrak DNA dari saluran pencernaan nyamuk purba (yang mengisap darah dinosaurus). Melalui teknik DNA rekombinan, DNA dinosaurus dipotong menggunakan enzim restriksi endonuklease dan disambung menggunakan enzim ligase dengan DNA dari binatang lain. Sesungguhnya, kloning DNA dinosaurus memerlukan proses yang sulit dan kompleks. Untuk itu, mari melihat langkah dalam proses kloning, rekombinasi DNA dinosaurus ini secara detail.

    1. Ekstraksi DNA genom dinosaurus
    DNA merupakan molekul yang mengkode informasi genetik semua organisme, memiliki struktur yang kompleks milyaran pasang basa dan mudah untuk didenaturasi. Ekstraksi DNA merupakan teknik untuk memperoleh DNA murni yang terpisah dari komponen sel yang lain. Faktanya, mengekstraksi DNA genom dinosaurus yang sudah berupa fosil sangatlah sulit. Waktu paruh DNA adalah 521 tahun. Secara biokimia, sangat sulit untuk memperoleh DNA dinosaurus yang sudah berusia 65 juta tahun. Apalagi untuk memperoleh DNA utuh. Meskipun demikian, fragmen atau potongan DNA dinosaurus yang diperoleh (kemungkinan hanya 2% dari genom utuh) dapat direkonstruksi menjadi genom utuh.

    dino_DNA_chart
    Gambar 1. Langkah isolasi DNA dinosaurus

    Yang menjadi pertanyaan besar disini adalah, jenis genom dinosaurus apakah yang ada di dalam darah dalam pencernaan nyamuk purba? Bagaimana cara melihat genom utuh dinosaurus yang sudah punah? Untuk menjawab pertanyaan ini, DNA yang sudah diekstraksi harus diamplifikasi menggunakan teknik Polymerase Chain Reaction serta disekuensing untuk mengetahui urutan basanya. Setelah proses sekuensing, urutan basa DNA dicocokkan dengan database di NCBI, GENBANK, EMBL atau DDBJ. Pencocokan DNA genom dinosaurus dengan genom yang ada di GENBANK bermanfaat untuk mengetahui hubungan kekerabatan dinosaurus tersebut dengan binatang yang hidup pada masa kini. Sebagai contoh adalah Pterodactylus, reptil terbang yang hidup pada akhir zaman Jurassic. Diketahui bahwa burung tidak berevolusi dari Pterodactylus, akan tetapi diketahui bahwa kelelawar dan Drosophila melanogaster memiliki hubungan evolusioner dengan makhluk purba yang satu ini.

    Seberapa besar ukuran genom dinosaurus? Dan, tanpa mengetahui seberapa ukuran tepat genom dinosaurus (misalnya T-rex) bagaimana kita dapat menyisipkan DNA hewan lain? Jurassic World membuatnya dengan sangat mudah, sehingga singkat cerita, diperoleh genom utuh seekor Indominus rex yang merupakan campuran potongan genom Giganotosaurus dengan Tyrannosaurus rex, Velociraptor, katak pohon (treefrog), dan ikan sotong (cuttlefish). Tujuan pemilihan genom organisme-organisme tersebut adalah diharapkan nantinya Indominus rex yang tercipta dapat segahar T-rex, dapat berlari secepat dan secerdasVelociraptor, memiliki kemampuan mengenali dan adaptasi terhadap perubahan suhu seperti katak pohon, dan memiliki kemampuan kamuflase untuk menghindari musuh seperti ikan sotong.

    280px-Recombinant_formation_of_plasmids.svg

    Gambar 2. Rekonstruksi plasmid rekombinan yang telah disisipkan fragmen DNA yang diinginkan

    2. Menemukan vektor dan sel host yang cocok
    Genom utuh dinosaurus yang diperoleh dari proses ekstraksi DNA dan proses rekombinasi harus ditransfer ke dalam sel host (inang). Metode transfer DNA dapat dilakukan melalui vektor DNA rekombinan yang sesuai dengan ukuran genom berupa plasmid, cosmid, atau jenis vektor yang lain. Metode yang lain yaitu direct method tanpa menggunakan vektor seperti teknik mikroinjeksi dan elektroporasi.

    9282357529_2b501eb26a_o

    Gambar 3. Metode transfer DNA ke dalam sel inang (host) menggunakan teknik mikroinjeksi

    Kemudian pemilihan sel host yang cocok sangat diperlukan pertimbangan yang baik, sehingga DNA dapat bereplikasi dan sel dapat membelah menjadi dinosaurus seutuhnya. Dimanakah sel host yang cocok? Diceritakan, genom dinosaurus diinjeksikan ke dalam sel multipoten telur ayam yang belum difertilisasi (yang sepertinya, akan lebih cocok jika diinjeksikan ke dalam telur reptil yang berukuran lebih besar). Secara logika, ukuran embrio dinosaurus seharusnya lebih besar dibandingkan dengan ukuran embrio ayam, sehingga memerlukan ruang untuk proses gestasi yang lebih besar.

    3. Mengkondisikan lingkungan yang sesuai untuk embrio dinosaurus
    Singkat cerita, inkubasi telur yang berisi embrio dinosaurus memerlukan lingkungan yang tepat (suhu, kelembaban, intensitas cahaya, dan lain sebagainya) supaya embrio di dalam telur dapat bergestasi menjadi organisme yang sempurna.

    dinosaur-hatching-egg-12967280

    Gambar 4. Seekor dinosaurus menetas dari telur ayam

    Para paleontolog mengkritisi ketidakakuratan konten sains dari film Jurassic World. Kenyataan bahwa Velociraptor memiliki rambut tidak tampak dalam film ini. Selain itu, kemampuan Velociraptor untuk dilatih seperti anjing juga sangat jauh dari kenyataan. Lebih jauh lagi, kemampuan Pterosaurus untuk terbang membawa mangsa seberat manusia juga diragukan. Kembali lagi, film ini adalah film fiksi ilmiah, bukan film dokumenter. Inakurasi dasar keilmuan yang melatarbelakangi kisah cerita dalam film merupakan hal yang wajar. Unsur imajinasi ilmiah sangat memungkinkan segalanya untuk dituangkan dalam cerita. Selanjutnya, kritik yang cukup menggelitik kepada film Jurassic World ini adalah mengenai karakter ilmuwan dalam film. Dr. Henry Wu, sang kreator Indominus rex, mencerminkan sikap seorang ilmuwan yang amoral, dimana dia meneliti bukan untuk kemajuan ilmu pengetahuan akan tetapi lebih cenderung kepada kepentingan pribadi korporat dan dunia militer. Pada kenyataannya, motivasi mayoritas komunitas ilmuwan yang tertarik untuk mempelajari sesuatu adalah semata-mata keinginan menemukan dan mengeksplorasi, kemudian menyebarluaskan penemuan yang diperoleh ke seluruh dunia. Ya, memang betul Jurassic World adalah sebuah film, tetapi memberi contoh dan gambaran karakter ilmuwan yang baik sangat diperlukan sebagai sebuah panutan untuk para ilmuwan-ilmuwan muda. Beberapa kritik mengenai konten sains dan sikap ilmiah ilmuwan dalam film ini perlu disikapi dengan baik. Kritik yang membangun dapat diadopsi untuk kemajuan sekuel film Jurassic World selanjutnya.

    Jurassic_world_indominus_rex_v2_by_sonichedgehog2-d9j1f9q

     

    Gambar 5. Indominus rex

    Terlepas dari kritik sains dan moral yang ditujukan kepada Jurassic World, film ini merupakan sebuah hiburan yang menyenangkan bagi para penggemar sci-fi, action adventure dan dinosaurus. Sungguh tidak sabar untuk menanti sekuel selanjutnya.

    Referensi
    Ellegren H. 2007. Evolutionary genomics: A dinosaur’s view of genome size evolution. Current Biology. 17(12): 470-472. DOI: 10.1016/j.cub.2007.04.023.
    Morell V. 1993. Dino DNA: The Hunt and the Hype. Science. 261 (5118): 160.
    http://www.dreamstime.com/stock-photo-dinosaur-egg-dalian-tiger-beach-park-eggs-china-image48067980
    http://thegeneticsofpikachu.weebly.com/microinjection.
    http://elte.prompt.hu/sites/default/files/tananyagok/IntroductionToPracticalBiochemistry
    Recombinant DNA: A* understanding for iGCSE Biology 5.12 5.13 5.14 5.8
    https://en.wikipedia.org/wiki/Jurassic_World#Controversies
    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/
    http://t1.gstatic.com/images

    http://www.icr.org/i/articles/af/dino_DNA_chart.jpg