Suka Duka Berbisnis Online

Assalamualaikum Para Blogger, tulisan ini merupakan Tugas dari mata Kuliah Bahasa Indonesia

Di era modern seperti sekarang ini, peranan internet tidak pernah lepas dari berbagai aktivitas manusia, baik belajar, bekerja, atau mencari informasi. Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media socialpun ikut tumbuh dengan pesat.

Kini untuk mengakses facebook dan twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Dimana internet sedang maju dengan pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media social mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya dinegara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media social juga tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosail kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti radio, televisi, atau Koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media social bisa mengkses menggunakan media social dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal, dan dilakukan sendiri tanp karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya. Media social merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jringan promosi bisa lebih luas. Media social menjadi bagin yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dank lien. Dalam hal mencari keuntungn hal yang paling banyak dilakukan sekarang adalah bisnis yang sangat beragam bentuknya.

Bisa membangun bisnis online saat inipun merupakan sebuah pekerjan yang cukup menggirukan. Pekerjaan yang bisa dikatakan susah-susah gampang untuk menjalankannyaini mulai dilirik banyak orang seiring dengan perkembangan teknologi khususnya didunia maya. Hingga saat ini bisnis online yang berkembang sangtalah beragam dan banyak sekali jumlahnya. Bahkan hampir setiap hari bermunculan bisnis online terbaru. Didukung dengan penggunaan internet yang semakin mudah dan mura, serta didukung dengan meningkatnya produktifitas home industry, usaha jual beli online ini dianggap sangat menjanjikan. Bisa membangun bisnis online hingga besar sepertinya menjadi impian banyak orang. Memang sih banyak sekali kemudahan yang dirasakan ketika bekerja di dunia online. Tapi dibalik suka menjadi pebisnis online pasti ada duka yang tersimpan pula dalam menjalankn bisnis online ini.

Bisnis online adalah bisnis yng dijalankan secara online biasanya menggunakan jaringan internet. Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada barang, ada jasa ada nilai tambah yng perlu dijual gar bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya,bisnisny dijalankan secara online diinternet dan pembelinya dpat melalui internet pula. Sedangkan informasi yang akan disampaikan atu dijual biasanya menggunakan media website. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hla memenuhi kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online dimana dilakukan tanpa bertatap muka atau bahkan tidak saling kenal sebelumnya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis online, banyak orang menginginkan dapat membangun suatu kerjan bisnis online sendiri. Tidak dipungkiri banyak yang meraih kesuksesan dalam menjalakankan bisnis online, tetapi tidak juga sedikit yang berhenti ditengah jalan sebelum mendapatkan sesuatu yang diharapkan.

Banyak orang menggunakan alasan kemampun,modal, dan kondisi perekonomin saat ini sebagai alasan untuk menunda dn tidak memulai usaha tau bisnis sendiri, padahal hal tersebut yidaklah benar, hal tersebut hanya alasan untuk diri sendiri atau membenarkan bahw mengapa kita memulainya, padhal semua hal tersebut bukan kendala atau alasan. Bila lasan kita tidak punya kemampuan, maka sudah pasti kita harus mulai belajar, karena tidak ada orang dilahirkan dengan tidak memiliki kemampuan. Kemampuan dimiliki orang karena ia belajar dan praktek.

Bila alasan kita tidak punya banyak modal, maka solusi menjalankan usaha atau bisnis melalui internet. Karena menjalanakan bisnis diinternet tidak mengeluarkan modal besar. Hanya perluy website dn rekening bank. Tetapi jika kita berbudget besar kita bisa membeli design website dan webhosting berbayar(server website kita). Dn jika kita berbudget minim, banyak domain dan web hosting yang gratis, misal: facebook,blog dll. Itu semu pilihan kita, yang terpenting adalah bgaimana kita memberikn pelayann yang plus pada konsumen, sehingga konsumen tertarik pada produk yang kita pasarkan. Bila tidak mempunyai produk untuk dijual, kita bisa memasarkan produk orang lin, misalnya dengan cara memasang banner iklan. Dan jual dengan harga yang menurut kita mendapatkan keuntungan yng banyak sebagai perantara dalam menjual produk tersebut. Atau anda mempunyai hoby menulis,misalnya menulis novel atau bahkan kita pintar dalam membuat komik. Kita bisa memasrakan karya anda, misalnya di Scribd. Dan kita jugs bisa menjalankan program affiliasi, yaitu mempromosikan produk atau jasa orng lain dengn imbalan komisi dari setiap sales yang terjadi atas produk yang kita refrensikan.

Ada banyak sekali lahan bisnis online di internet. Berikut ini ada beberapa bidang usaha internet yang dapat dijadikan alternative sumber pnghasilan bisnis online anda. Tapi, ingat jangan mudah tergiur dengan bisnis yang terlalu menjual mimpi, ingt setiap bisnis online apapun bentuknya butuh keseriusan kita untuk mengelolanya.

Berikut merupakan macam-macam bisnis online yang sudh begitu popular dan dikenal oleh pelaku bisnis di Indonesia

  1. Affiliate Marketing/ Reseller adalah suatu usaha bisnis internet dengan cara menjulkan produk lain diinternet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet, kemudian dari setiap penjualan yang terjadi, maka kita akan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Biasanya system komisinya bagi hasil 50% : 50% atau 30% : 70%
  2. PPC(Pay Per Click) Publisher hamper semua pebisnis online mengikuti program ini, karena sangat mudah dan simple. PPC adalah salahsatu program dimana kita akan dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ada di website atau blog kita. Komisi yang diberikan bervariasi.
  3. PTR (Paid To Review) adalah salah satu sumber untuk mendapatkan uang dari internet dengan aktivitas ngeblog kita. Caranya adalah kita mereview atau menulis artikel tentang produk dari advertiser/pemasangan iklan.
  4. Pembuat produk sendiri (creating own produk) untuk anda yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang tertentu, ada baiknya membuat sendiri produk anda dengan menjual idea tau keahlian tanda yang dikemas dalam produk digital seperti ebook,software, dan video training. Dengan memiliki produk sendiri berarti keuntungan jadi lebih tinggi. Anda bisa belajar membuat produk anda sendiri dengan menemukan ide untuk dijual di internet.
  5. System keanggotaan berbayar

Jika anda memiliki keahlian tertentu, anda dapat membuat kursus belajar bisnis online seperti Anne Ahira yang mendirikan AsianBrain.com atau membuat forum berbayar. Keuntungn yng didapat dari iuran bulanan anggota

  1. Memarkir Domain (domain parking)

Domain parking ? yah sama juga kali dengan mobil parker, yang artinya tidak digunakan. Anda dapat memanfaatkan domain kosong anda atau anda sengaja membeli beberapa domain kosong untuk diparking. Domain kosong tersebut bisa diisi dengan ikln sehingga anda akan mendapat penghasilan dari iklan tersebut. Atau nda bisa mendaftarkan domain kosong anda untuk dipasangi iklan.

  1. Took Online/ Online Store

Jika anda memiliki sebuah usaha bisnis offline, seperti jual barang elektronik, jual baju , jual barang antic atau apapun itu anda bisa menjual barang dgangan anada dengan membuat took online. Didalamnya anda bisa menampilkan gambar-gambar produk beserrta harganya layaknya sebuah catalog.

  1. Servise / Layanan Online

Anda mempunyai keahlian dalam membuat website? Ataupun dalam maintaining web barangkali? Atau keahlian yang anda miliki anda dapat menjual jasa membuat website ,installasi script, maupun pembuatan program lewat internet.

Dalam menjalankan bisnis online ini tentunya banyak sekali suka maupun duka, senang maupun tidak dan sulit maupun susah. Segala sesuatu hal pasti beresiko termasuk berbisnis online ini. Bisnis online yang mulai menjamur ini dianggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang dihasilkan juga tidak patut dipertanyakan lagi. Tak perlu modal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang dijual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya dipajangdiwebsite atau’toko virtual’milik kita melalui internet. Tk hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan sja, dimana kita tinggal meng’klik’saja. Alasan orang lebih memilih melakukan bisnis online antara lain.

  1. Tidak butuh modal banyak Karen hny memanfaatkan fasilitas internet dan social media, BBM, sms, web
  2. Jangkauan lebih luas, bisa seluruh Indonesia atau bahkan sampai keluar negeri.
  3. Took buka online 2 jam, dan kit bebas mengelola buka tutup sesuai waktu yang kita punya
  4. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, jadi bisa hemat biaya produksi juga.
  5. Tidak perlu menggunkan pakian yang formal seperti yang dilakukan orang yang kerja , cukup menggunakan baju rumah saja.

Dalam menjalankan bisnis online kita tidak hanya merasakan sukanya saja, namun ada duka yng harus kita rasakan. Duka dalam menjalankan bisnis online sendiri yaitu.

  1. Harus ada kepercayaan amntara customer dan penjual. Karena bisnis online bukan system jual beli yang face to face. Jadi hanya mengandalkan kepercayaan, dan cara untuk menghubungi hanya bisa lewat social media,telepon,email dan bbm
  2. Karena berdasarkan trust anatara customer dn seller, maka harus waspada dan berhati-hati setiap melakukan transaksi bik bagi customer dan seller
  3. Sebagfai seller atu penjual, resiko bisnis online ini cukup besar. Seringkali ada customer yang hany bisa keep atau booked barang seenkny, tapi selanjutnya mengulur-ulur transfer, tidak bisa dihubungin dan kabur begitu saja. Kalau sudah seperti itu mau tidak mau penjul yang rugi. Karena stock yang terbatas, dan kita kasih booked sama 1 orang customer tapi selanjutnya si customer malh kabur ,otomatis , barang kit yang seharusnya udah laku jadi terhambat. Bisa saja yang tadinya customer lain mau order tapi karena udah dibooked jadi batal untuk beli.
  4. Dikira penipu karena barang lama sampai. Seringkali kita sebagai seller dikira penipu Karen barang yang dipesan lama sampai kepada customer. Padhal seharusnya kalau memang barang sudah dikirm dan kita kasih no resi kepada customer , customer bisa mengecek tracking atau keberadaan barangnya sampai dimana dengan memasukan nomer resi ke website ekspedisi terkait. Cuma ada beberapa customer yang toidak mengerti. Mereka berpikir, kalau barang lma sampai itu juga jadi tanggung jawab seller.
  5. Kadang barang bisa rusak klau tidak dipacking dengn hati-hati dan sedemikian rupa karena biasanya paket yang sudah sampai ekspedisi akan dilempar, ditumpuk begitu saja tanpa memperhtikan bentuknya. Untuk barang pecah bekah memang ada perlakukannya khusus, tapi untuk barang lainnya yang dianggap tidak fragile akan dilakukan seperti tadi.

Tentang firma aprianti

Nama : Firma Aprianti TTL : Semarang, 28-04-1995 Program Study : Pendidikan sosiologi dan Antropologi Unniversitas Negeri Semarang blog ini berisi mengenai materi pembelajaran-pembelajaran sosiologi dan antropologi yang juga sedang saya pelajari
Tulisan ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: