Lembaga Sosial PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Lembaga Sosial. tugas kali ini menmberikan penjelasan dan contoh mngenai lembaga sosial yang ada disekitar lingkungan kita. selamat membaca ya…

Sejarah

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerak pembangunnmasyarakat bermula dari seminar Home Economic di Bogor th 1957. Sebagai tindak lanjut dar Seminar tersebut, pada susunan pelajaran pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga(PKK), Kementrian Pendidikan bersama kementrian-kementrian lainnya menyusun 10 segi kehidupan keluarga.

Gerakan PKK dimasyarakat berawal dari kepedulian istri Gubernur Jawa Tengah pada taun 1967 (Ibu Isriati Moenadi) setelah melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar.

Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui 10 segi pokok keluarga dengan membentuk tim penggeraj PKK di semua tingkatan, yang keanggotaan timnya secara relawan dan terdiri dari tokoh/ pemuka masyarakat, para istri kepala daerah ssampai dengan tingkat desa dan kelurahan yang kegiatannya didukung dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Pada tanggal 27 Desember 1972 mendagri mengeluarkan surat kawat no. Sus 3/6/12 kepada seluruh gubernur kdh tk. I Jawa Tengah dengan tembusan gubernur kdh seluruh Indonesia ,agar mengubah nama pendidiknkesejahteraan keluarga menjadi pembinaan kesejahteraan keluarga . Sejak itu gerakan PKKdilaksanakan diseluruh Indonesia dengan nama Pembinaan Ksejahteraan Keluarga (PKK), dan tanggal 27 Desember ditetapkan sebagai “hari kesatuan gerak PKK” yang diperingati pada setiap tahun.

Dalam era Reformasi dan ditetapkannya TAP MPR no. IV/MPR/1999 tentang GBHN 1999-2004 ,serta pelaksanaan otonomi daerah berdasarkan undang-undang no.22 tahun 1999 dan undang-undang no.25 tahun 1999, tp pkk pusat taggap dengn mengadakan penyesuaian-penyesuaian yang disepakati dalam rakernaslub pkk tanggal 31 oktober s/d 2 november 2000 di bandung dan hasilnya merupakan dasar dalam perumusan keputusan menteri dalam negeri dan otonomi daerah no. 53 tahun 2000, yang selanjutnya dijabarkan dalam pedoman umum gerakanPemberdaya dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini.

Visi & Misi

Visi dan Misi PKK sendiri adalah menjadi wanita rumah tangga yang cerdas cermat dan tangkap akan keluarga ,menciptakan keluarga yang sejahtera

Dan hal yang harus ada dalam PKK adalah 10 Program pokok PKK yang juga menjadi kebutuhan dasar manuia,yang antara lain :

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Ketrampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoprasi
  9. Kelestarian Lingkuhan Hidup
  10. Perencanaan Sehat

Struktur organinsasi

Struktur organisasi yang ada dalam PKK sendiri hanya meliputi Ketua, sekertaris ,Bendahara .

Fungsi Manifest dan Fungsi Latent

Fungsi Manifestnya adalah menyelenggarakan kegiatan posyandu setiap hari minggu pagi, menyelenggarakan senam bersama.

Fungsi Latent adalah kadang juga menjadi ajang untuk ngrumpi , untuk bermain-main

Tujuan

Tujuan dari PKK adalah membuat kesibukan bagi ibu-ibu rumah tangga agar mereka tidak hanya dirumah saja tapi juga bisa menciptakan hal-hal baru bersama ibu-ibu lainnya dan menciptakan kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat.

Alamat

Jl. Condrokusuma 1 Rt 8/5 kelurahan Gisik Drono ,Kecamatan Semarang Barat

Tentang firma aprianti

Nama : Firma Aprianti TTL : Semarang, 28-04-1995 Program Study : Pendidikan sosiologi dan Antropologi Unniversitas Negeri Semarang blog ini berisi mengenai materi pembelajaran-pembelajaran sosiologi dan antropologi yang juga sedang saya pelajari
Tulisan ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: