3 Konsep Sembuh dalam Antropologi Kesehatan

Secara umum menurut Sorensen (2009) kriteria kesembuhan terbagi menjadi tiga, yaitu kesembuhan sosial, psikologis, dan medis. Secara rinci tentang uraiannya, yaitu :

  1. Kesembuhan sosial berhubungan dengan penerimaaan oleh masyarakat dimana seseorang hidup. Jika orang-orang di sekitar tidak mempunyai suatu masalah dengan penderita, hal itu sudah menunjukkan bahwa penderita sudah mencapai kesembuhan sosial. Kita menjadi anggota yang produktif dari masyarakat dan bisa berperan untuk struktur sosial dalam struktur masyarakat. Artinya individu yang sebelumnya sakit dan tidak mampu menjalankan peran sebagaimana mestinya, sudah sehat dan mampu menjalankan peran-peran sosialnya di dalam masyarakat.
  2. Kesembuhan psikologis dapat tercapai ketika seseorang yang setelah sakit mampu menjadi pendengar yang baik bagi orang yang berada di sekelilingnya. Selebihnya kesembuhan dapat dirasakan ketika pasien bisa tidur nyenyak karena merasa badannya enak dan ringan.
  3. Kesembuhan medis merupakan salah satu kategori kesembuhan yang menggunakan standar yang pasti. Standar yang digunakan jelas, yaitu berdasarkan diagnosa uji laboratorium dengan menggunakan gejala dan tanda dari dunia medis modern.

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: