Lewat ke baris perkakas

Contoh RPP (rancangan pelaksanaan pembelajaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA N 1 Sidareja

Kelas/Semester            : X / 2 (dua)

Mata pelajaran             : Sosiologi

Topik                           : Pengendalian Sosial

Pertemuan ke              : 16

Alokasi waktu             : 3×45 Menit (1x Pertemuan)

 

  1. Kompetensi Inti

KI 1     : Menghayati  Dan  Mengamalkan  Ajaran  Agama  Yang Dianutnya

KI 2    : Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku  jujur,  disiplin, tanggung  jawab,  peduli  (gotong  royong,  kerjasama,  toleran, damai),  santun,  responsif  dan  pro-aktif  dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi  secara  efektif  dengan  lingkungan  sosial dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3    : Memahami,  menerapkan,  dan  menganalisis  pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural,  dan  metakognitif berdasarkan  rasa  ingin  tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan, teknologi,  seni,  budaya,  dan  humaniora  dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan,  dan  peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan  prosedural  pada  bidang  kajian  yang  spesifik sesuai  dengan  bakat  dan  minatnya  untuk  memecahkan masalah

KI 4    : Mengolah,  menalar,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  dan ranah  abstrak  terkait  dengan  pengembangan  dari  yang dipelajarinya  di  sekolah  secara  mandiri,  bertindak  secara efektif  dan  kreatif,  serta  mampu  menggunakan  metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
No Kompetensi dasaar Indikator pencapaian kompetensi
1 1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain . 1.1.1 Menghargai perbedaan satu sama lain sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan YME
2 2.1  Merespon secara positif   di lingkungan sekitar 2.1.1   Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.

 

3 3.1. Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala social 3.1.1 Mendeskripsikan pengertian penelitian sosial dengan tepat

3.2.2 Menjelaskan cara berpikir seorang peneliti dengan benar

3.3.3 Menyebutkanjenis-jenis penelitiansosial minimal tiga

4 4.1. Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual 4.1.1Menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan, dan audio visual hasil penelitian

 

  1. Tujuan pembelajaran
  • Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mendefinisikan pengertian perilaku menyimpang (B) menggunakan bahasa sendiri dengan tepat (D).
  • Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifikasikan sifat-sifat perilaku menyimpang (B) minimal 2 (D).
  • Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifikasikan macam-macam perilaku menyimpang (B) minimal 2 (D).
  • Setelah melihat tayangan video tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifkasikan terjadinya  perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna (B)  dengan tepat (D).
  1. Materi Ajar
  2. Pengertian perilaku menyimpang.
  3. Sifat-sifat perilaku menyimpang.
  4. Macam-macam perilaku menyimpang.
  5. Perilaku menyimpang sebagai hasil dari sosialisasi yang tidak sempurna.
  6. Metode pembelajaran
  7. Pendekatan : Scientific Aproach
  8. Model Pembelajaran : Diskusi dan Penugasan
  9. MetodePembelajaran  : Study Literatur, ceramah, penugasan, diskusi, presentasi.
  10. Media Pembelajaran
  11. Media :
  • Video pembelajaran tentang perilaku menyimpang dan gambar pembelajaran tentang perilaku menyimpang.
  1. Alat dan bahan :
  • LCD Proyektor
  • Laptop

 

 

 

 

 

2 comments

  1. artikelnya sangat membantu dan dapat dijadikan referensi dalam pembuatan RPP kelas X

    1. terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: