ROAD MAP PENELITIAN

Road map atau peta jalan penelitian adalah mile stones kegiatan penelitian dalam ruang waktu tertentu (5 – 20 tahun) yang dilakukan oleh peneliti secara individu dan atau kelompok peneliti baik secara multidisplin atau intra/inter disiplin. Road map penelitian dapat berupa peta jalan penelitian dan pengembangan – R & D, peta jalan teknologi, model, dan atau sistem, dan bisa juga berupa peta jalan suatu produk. Satu road map penelitian dapat mencakup 3 ranah penelitian sekaligus, yaitu dasar, terapan, dan pengembangan.

Road map penelitian merepresentasi penelitian-penelitian yang pernah dilakukan, yang sedang dilakukan, dan yang akan dilakukan peneliti dalam kurun waktu terntetu. Road map penelitian yang baik dan benar adalah yang mampu memberikan informasi tentang penelitian yang telah dilakukan berikut luaran dicapai seperti publikasi dalam jurnal bereputasi (berakreditasi dan atau terindeks SCOPUS), paten, hak cipta, dan HKI lainnya.

Road map penelitian selain didideskripsikan secara naratif, dapat divisualisasikan dalam bentuk bentuk grafik dengan sumbu x merepresentasi waktu dan sumbu y merepresentasi kegiatan penelitian, atau dalam bentuk diagram fishbone, atau bisa juga dalam bentuk lain diagram, tetapi dengan tujuan yaitu memudahkan dalam memvisualisasikan peta jalan suatu penelitian.

Road map penelitian bukan alur penelitian, metoda dan atau tahapan penelitian yang akan dilakukan. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh road map penelitian. ROAD MAP PENELITIAN

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar