Implementasi Tim Pengembang Teknologi Pendidikan di Sekolah

Abstrak. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui implementasi gagasan tentang tim pengembang teknologi pendidikaa di sekolah, terutama mengenai kompatibilitas gagasan dengan konteks dan kondisi riil di sekolah. Dengan menqgunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serti]a model reseacrh and development, penelitian dilaksanakan pada jeniang pendidikan dasar dan menengah di Kota Semarang dan sekitamya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan prototipe tirn pengembang teknologi pendjdikan di sekolah kompatibel dengan konteks dan kondisi sekolah. Problem kualitai gurudalam mengembangkan rencana pembelalaran, media belajar, termasuk keberlanjutan program peningkatan kualitas guru/ manajemen sekolah, dan tidak-adanya divisi pengembangan sumber daya manusia sekolah, dapat diatasi oleh tim pengembang teknologi pendidikan. Fakta di lapangan memang menunjukkan beberapa sekolal tempat uji implementasi gagasan tersebut tidak dapat maksimal dalam penerapannyan, namun hal tersebut  bukan disebabkan oleh kualitas  gagasan, melainkan faktor sosiokultural sekolah itu sendiri. Komposisi tim pengembang teknologi pendidikan di sekolah yang masih mahasiswa S1 diidentifikasi menjdi faktor penghambatnya. Walau begitu secara umum dapat disimpulkan bahwa implementasi gagasan tim pengembang teknologi pendidikan di sekolal telah berhasil dengan baik.

Merupakan artikel hasil penelitian yang terpublikasi dalam Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan BPMTP Vol. 3 No. 1, Juni 2015 ISSN 2338-9184  Hal 1 – 16. IMPLEMENTASI TIM PENGEMBANG TP DI SEKOLAH

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar