Register / Log in

Kartini-Kartono telah berhasil mengidentifikasi dan mengkategorikan berbagai jenis patogen sosial di antaranya adalah perjudian, korupsi, kriminalitas, pelacuran, mental disorder, dan kenakalan remaja (junevile deliquency). Sedangkan Paisol Burlian menambahkan bentuk-bentuk patogen lain seperti minuman keras, Narkoba, pornografi, geng motor, konflik sosial dan premanisme.

Seiring berjalannya waktu terjadilah perubahan-perubahan di dalam masyarakat, pertemuan-pertemuan kebudayaan, temuan teknologi bagi masyarakat, pergantian karakteristik antar generasi. Hal itu menyebabkan dinamika sosial yang berubah pula.

Dinamika sosial yang berubah, pada gilirannya menyebabkan evolusi pada bentuk-bentuk patolgen sosial yang telah ada. Jenis-jenis patogen sosial yang diintrodusir oleh Kartini kartono ataupun Paisol Burlian, kini telah berevolusi dan menyesuaikan diri dengan jamannya. Selain itu, muncul pula bentuk-bentuk patogen sosial baru yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya.

Tugas anda pada ujian tengah semester ini adalah membuat makalah yang membahas (1) bentuk-bentuk patologi sosial yang telah berevolusi atau (2) membahas bentuk patogen sosial yang baru dan belum teridentifikasi oleh Kartini Kartono maupun Burlian. Anda silahkan pilih salah satu di antara dua itu.

 

Dalam membuat makalah anda perhatikan kisi-kisi berikut:

  1. Konten makalah:
    1. Kasus-kasus patologi sosial yang anda angkat (fenomena, bisa dari hasil penamatan anda maupun berita di media massa/elektronik),
    2. Penjelasan logis dan empiris evolusi patologi sosial dari pola lama kepola yang baru, bagaimana pola yang lama? Bagaimana pola yang baru? Apa perbedaannya? Dst… (khusus pada makalah evolusi patologi sosial)
    3. Penjelasan logis dan empiris yang mendasari statement anda bahwa fenomena baru itu layak dikategorikan sebagai patogen sosial. Penjelasan itu berdasar pada bangunan logika yang anda susun, dan dikuatkan dengan berita dari media massa, serta hasil penelitian yang mendukung bangunan logis yang anda susun. (Khusus yang memilih tema patogen sosial
  2. Sistematika Makalah:
    1. Identitas mahasiswa (kanan atas halaman)
    2. Judul/Tema makalah
    3. Konten Makalah
    4. Daftar isi. (Jangan sampai tidak ada berita/kutipan yang tidak ditulis di daftar pustaka)
  3. Layout Makalah
    1. Font Calibri, ukuran 11, spasi 1,5 tanpa spasi sebelum/sesudah paragraf, rata kanan-kiri (justified)
    2. Judul/tema makalah: Font size: 15, rata tengah (centered)
    3. Margin halaman: Atas x kanan x kiri x bawah = 4cm x 4cm x 3cm x 3cm
  4. Catatan lain:
    1. Makalah dikirim dalam bentuk softfile (.doc/ .docx/ rtf) ke alamat email haris.assignment@gmail.com maksimal Senin 04 Februari 2019 pukul 23.59 WIB. Waktu pengiriman sesuai yang tertera pada badan email.
    2. Masing-masing makalah akan dicek tingkat plagiasinya melalui https://smallseotools.com/plagiarism-checker/ Batas maksimal toleransi plagiasi adalah 30%. Jika tingkat plagiasi mencapai > 30%, maka makalah anda dikembalikan untuk direvisi. Pengumuman ini dilakukan pada pertemuan kuliah berikutnya (Selasa, 5 Februari 2019)
    3. Tebal makalah maksimal 4 halaman.

Demikian Petunjuk UTS Patologi Sosial, selamat mengerjakan…

0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.