Register / Log in

Dear calon Sarjana Psikologi,

Sebagaimana telah kita bahas di awal semester antara, mata kuliah Patologi Sosial akan dipungkasi oleh tugas lapangan yang berbobot nilai UAS. Berikut adlah mukadimah yang dilanjut dengan pemaparan tugas.

Realitas bahwa sebagia masyarakat adalah penyintas penyakit sosial adalah tidak dapat dielakkan. Begitu pula pandangan masyarakat umumnya terhadap mereka yang dianggap menjadi penyakit sosial. Prasagka masyarakat umum terhadap mereka yang dianggap sebagai penyakit sosial tidak terelakkan. Dalam beberapa kasus diskriminasi terhadap penyintas, prasangka ditengarai sebagai akar permasalahan. Semakin tinggi prasangka masyarakat terhadap penyintas penyakit sosial, semakin besar kemungkinan sikap negatif dan dikriminasi yang akan terjadi. Maka dari itu, UAS kali ini kita fokuskan pada prasangka masyarakat terhadap penyintas penyakit sosial. Karena dapat anda amati, dalam kota yang terus berkembang dan berbenah seperti Semarang, kemunculan patogen sosial beriringan dengan tumbuhnya prasangka dalam benak masyarakatnya.

Dalam tugas lapangan ini, anda diwajibkan turun lapangan untuk menyebarkan skala tentang “Survey Masalah Sosial di Semarang”. dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan: 1) bagaimana petunjuk teknis pengumpulan data, 2) Penyusunan laporan, 3) Bueprint Kuesioner

1) Pengumpulan Data

  • Pengumpulan data ini sangat mengandalkan kejujuran anda sebagai peneliti. Ingat, Peneliti boleh salah, namun peneliti tidak boleh berbohong, curang, menipu, apalagi memalsukan data.
  • Tugas ini berhubungan dengan pengumpulan data di lapangan. Data yang anda kumpulkan adalah bagaimana prasangka masyarakat Semarang terhadap mereka yang hidup dengan patogen sosial seperti a) Kriminalitas, b) Minuman Keras, c) Prostitusi, d) Korupsi, e) Judi, f) Gelandangan dan Pengemis, g) Mental disorder, h) Narkoba.
  • Anda ditugaskan untuk turun lapangan mengumpulkan data. Instrumen pengumpulan data dapat menggunakan dua cara.
    – Menyebarkan kues menggunakan printout kuesioner PDF. File dapat diunduh di sini.
    – Menyebarkan kues menggunakan googleform. Link dapat diakses di sini.
    NB: penyebaran kues menggunakan printout kuesioner diinput ke googleform oleh surveyor
  • Anda dapat membaca file kues versi PDF untuk mendapatkan gambaran konten insterumen
  • Setiap surveyor minimal mendapatkan 50 responden (WAJIB). Karakteristik utama responden adalah Warga Semarang (KTP Kota Semarang). Karakteristik/demografi lain dapat anda rinci dalam kues.
  • Waktu pengumpulan data: 11-19 Februari 2019. Kalau anda sehari minimal dapat 10 responden, pengumpulan data anda selesai dalam 5 hari
  • Jika seluruh responden telah mencapai target (50 responden @surveyor), maka pada tanggal 19 Februari, jumlah responden minimal adalah 1150 responden (50 responden x 23 surveyor). Laman informasi pada kuesioner, terdapat menu untuk menulis/memilih nama surveyor yang melakukan tugas, sehingga target surveyor dapat diidentifikasi: Siapa yang memenuhi target, siapa tidak.

2) Penyusunan Laporan

  • Tanggal 19 Februari, saya akan membagikan rekapitulasi (melalui Komting Ganang) tanggapan dari googleform untuk anda olah 1) uji validitas, reliabilitasnya, serta 2) statistik deskriptifnya. Hasil tersebut anda jadikan dasar untuk menyusun laporan.
  • Penyusunan laporan dilakukan pada 19-23 Februari. 24 Februari saya evaluasi laporan anda, 25 Februari saya unggah nilai Patologi sosial ke portal akademik.unnes.ac.id
  • Sistematika Laporan:
    Halaman Judul & identitas
    Hasil Penelitian: Anda jelaskan hasil uji validitas & Reliabilitas, serta mendeskripsikan angka-angka hasil olah statistik ke dalam kalimat-kalimat. Uji validitas dan reliabilitasnya bersifat universal artinya, satu uji untuk keseluruhan aspek dalam kues.
    Pembahasan: Anda elaborasi hasil penelitian itu. Anda jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi, serta lengkapi pembahasan anda dengan MINIMAL 2 jurnal internasional: 1 jurnal yang mendukung temuan anda, serta  1 jurnal internasional yang berbeda/ bertolak belakang/ tidak sama/ tidak mendukung temuan penelitian anda.
    Simpulan: Simpulkan hasil penelitian anda. Maksimal 4 kalimat (satu paragraf).
    Daftar Pustaka: Saya sarankan menggunakan format daftar pustaka APA 6th.
    lampiran: file output SPSS & file jurnal
    – Tebal laporan anda maksimal 5 Halaman (tak termasuk hal judul, daftar pustaka, dan lampiran-lampiran).
    – Layout laporan: Font calibri 11, spasi 1,5, margin 4-4-3-3.
    – Laporan dalam bentuk Ms.word (.doc/ .docx/ .rtf) di email ke haris.assignment@gmail.com paling lambat 23 Februari 2019 pukul 23.59 wib. (sesuai waktu yang tertera di email)
  • Sekuensi tema Laporan:
    Kuesioner tediri dari delapan tema patologi sosial yang telah kelompok anda presentasikan. Laporan anda, hanya mengambil sebagian data dari kuesioner yang sesuai dengan tema presentasi. Sekuensi tema dalam kuesioner adalah sebagai berikut: seperti a) Kriminalitas, b) Minuman Keras, c) Prostitusi, d) Korupsi, e) Judi, f) Gelandangan dan Pengemis, g) Mental disorder, h) Narkoba. Contohnya, bagi anda yang tema presentasinya tentang “kriminalitas” maka anda cukup memperhatikan olahan validitas, reliabilitas, dan mengambil data statistik dekriptif tentang kriminalitas. Dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasilnya, melakukan pembahasan, hingga menarik simpulan. Tidak perlu membahas tema lain.
  • Penilaian Laporan Individual. Walaupun tema sama, datanya juga sama, tetapi laporannya dibuat secara individual (bukan laporan kelompok). Walaupun data sama, dekripsi, pembahasan, dan simpulan belum tentu sama. Disitulah pentingnya kreativitas & kualitas. Itu penilaian utama saya dalam laporan anda.
  • Pembagian Kelompok Tema.
    Pembagian kelompok sama dengan kelompok presentasi, kecuali personel kelompok rehabilitasi (M. Aditya dkk.) harus dipecah ke beberapa kelompok lain agar dapat ikut meneliti prasangka masyarakat terhadap patogen sosial. Pembagian kelompok ada pada blueprint:
  • Blueprint Prasangka terhadap individu dengan patogen sosial:
Variabel: Prasangka terhadap individu dengan Patogen Sosial
Indikator Item
Prasangka terhadap kriminalitas (A)
Lucy, Andri, Mar Atul
1-6
Prasangka terhadap minuman keras (B)
Anin, Tata, Bayhaqi
7-13
Prasangka terhadap prostitusi (C)
Ganang, Monika, Arrin
14-19
Prasangka terhadap korupsi (D)
Febri, Zian, M. Aditya
20-25
Prasangka terhadap Perjudian (E)

Febri, Injih, Woro

26-31
Prasangka terhadap Gelandangan/pengemis (F)
Zul, Kharisma, Frieda
32-37
Prasangka terhadap mental disorder (G)
Cahyo, Arif, & Herlina
38-44
Prasangka terhadap Narkoba (H)
Reza & Aulia
45-52

 

0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.