Apa Manfaat Kita Membuang Sampah pada Tempatnya ?

Salam Konservasi !

Sampah adalah barang sudah tidak terpakai yang sering kita hasilkan setiap hari. Mulai dari sampah organik, plastik, logam, dan lain-lain. Begitu besar dampak yang akan terjadi jika masyarakat membuang sampah sembarangan, misalnya di sungai, selokan, jalan, pekarangan rumah, dan sebagainya. Untuk itu perlu adanya kesadaran dari setiap individu akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Lalu, apa manfaat kita membuang sampah pada tempatnya ?
Berikut manfaat yang didapatkan jika kita membuang sampah :
1. Menjaga kebersihan
Seperti pepatah yang sering kita dengar ‘Bersih pangkal Sehat’. Jadi jika kita ingin sehat, maka kebersihan yang harus menjadi awal untuk mencapai tujuan itu.
2. Mencegah banjir
Banjir sudah menjadi bencana rutin. Sudah jelas penyebabnya karena sampah yang berhamburan dimana-mana. Sampah akan menghambat aliran air. Jika kita membuang sampah pada tempatnya, maka akan mencegah banjir.
3. Mencegah bau tidak sedap
Bau tidak sedap dari sampah sangat mengganggu kesehatan. Maka untuk mengurangi bau tidak sedap, kita harus membuang sampah pada tempatnya.
4. Memudahkan daur ulang sampah
Sudah banyak yang dapat dihasilkan dari sampah yang diolah menjadi produk berguna. Dengan kita membuang sampah pada tempatnya, selain untuk menjaga kebersihan juga dapat menghasilkan keuntungan ekonomi.
Mulai sekarang, mari kita biasakan membuang sampah pada tempatnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: