Mengenalkan Budaya Pada Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Sejak Dini

Salam Konservasi !

Mengenalkan budaya bangsa kepada anak akan menumbuhkan kesadaran anak akan arti pentingnya mencintai budaya bangsa. Pengenalan budaya sejak dini memberikan edukasi kepada anak tentang keberagaman budaya yang harus saling dihargai sehingga norma dan nilai budaya bangsa akan dapat terwariskan pada generasi selanjutnya.

Banyak berbagai cara mengenalkan budaya bangsa kepada anak kita, yang penting menyenangkan dan dinikmati mereka. Mengenalkan budaya bisa melalui buku, bisa melalui cerita (dongeng nusantara), bisa melalui permainan tradisonal yang saat ini permainan tradisonal sudah jarang dimainkan oleh anak-anak kita, bisa melalui musik ( gamelan, angklung, kolintang dsb), bisa pula melalui teater (drama), film, animasi, nyanyian(lagu-lagu daerah), pantun, peribahasa, tata-krama, dan sebagainya. Untuk si kecil yang kreatif, bisa menyalurkan hobinya dalam membuat layang-layang, membuat mainan tradisional, melukis dan mewarnai Wayang, membatik dan menari daerah dsb.

Berkunjung ke tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah merupakan cara lain mengenalkan kekayaan budaya bangsa. Selain mengenalkan budaya secara tidak langsung juga mengajarkan sejarah pada anak kita. Tempat-tempat yang dapat dikunjungi antara lain Keraton, Candi, Situs-Situs bersejarah, Museum, dsb.

Dengan mengenalkan budaya kepada anak sejak dini akan mengajarkan anak kita bersentuhan langsung pada budaya.Sehingga kedepan anak-anak kita akan menjadi generasi yang bangga denga budaya bangsa sendiri, mencintai, dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya serta bisa mengembangkan sikap menghargai keberagaman budaya bangsa.

Ini adalah salah satu benyuk mempersiapkan kader konservasi. Dengan dikenalkannya budaya kepada anak sejak dini, maka akan bermanfaat bagi bangsa di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: