Materi Antropologi Kelas XII Bab 1 : Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi dan Modernisasi

Salam semangat,

Generasi milenial

Apa kabar kalian semua? Semoga baik-baik saja yaa. Kali ini penulis akan memberikan materi pembelajaran kelas XII pada mata pelajaran Antropologi yang mengacu pada kurikulum 2013. Materi yang akan penulis berikan berupa materi pada bab 1 yaitu mengenai konsep Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi dan Modernisasi. Berikut merupakan materi pembelajarannya.

Konsep Perubahan Sosial

Menurut Selo Soemardjan perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem sosial di dalamnya seperti nilai, sikap dan pola perilaku masyarakat. Selain itu, Harper menambahkan bahwa perubahan sosial terjadi pada kurun waktu tertentu. Perubahan sosial ini dapat disebabkan oleh 2 faktor yakni :

1. Faktor Internal

Perubahan yang terjadi pada masyakarat biasanya berasal dari masyarakat itu sendiri. Faktor-faktor internal ini seperti perkembangan ilmu pengetahuan, pertentangan atau pemberontakan, dan masalah kependudukan seperti bertambah atau berkurangnya penduduk.

2. Faktor Eksternal

Perubahan yang terjadi pada masyarakat biasanya berasal dari luar masyarakat. Faktor-faktor eksternal ini seperti pengaruh kebudayaan masyarakat lain, peperangan, dan lingkungan alam.

Selain faktor penyebab, terdapat faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.

  1. Faktor Pendorong : kontak dengan kebudayaan lain, sikap menghargai hasil karya orang lain, toleransi, penduduk yang heterogen, adanya sistem lapisan masyarakat yang terbuka, sistem pendidikan formal yang maju, dan sebagainya.
  2. Faktor Penghambat : adanya prasangka-prasangka buruk terhadap hal-hal baru, adanya kepercayaan yang tertanam kuat pada masyarakat, sistem pendidikan yang kurang maju, dan sebagainya.

Dalam perubahan sosial terdapat berbagai macam bentuk. Bentuk-bentuk perubahan sosial tersebut antara lain : perubahan secara lambat, perubahan secara cepat, perubahan yang dikehendaki, perubahan yang tidak dikehendaki, perubahan kecil, dan perubahan besar.

Konsep Pembangunan Nasional

Menurut Ketetapan MPR No. IV Tahun 1999 pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berdasarkan kemampuan nasional dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Dalam hal ini pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Program pembangunan nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia meliputi seluruh aspek kehidupan masyakarakat baik di tingkat daerah maupun pusat. Program-program tersebut antara lain :

  1. Program Penanggulangan Kemiskinan, seperti pemberian jamkesmas (saat ini bpjs), pemberian beras miskin (raskin), bantuan siswa miskin (BSM), dan sebagainya.
  2. Program Pembangunan Nasional di Bidang Pendidikan
  3. Program Pembangunan Transportasi

Konsep Globalisasi

Menurut Robertson globalisasi diartikan sebagai proses yang menghasilkan dunia tunggal dimana masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung pada semua aspek kehidupan seperti dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dalam hal ini terdapat faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor penyebab globalisasi ini dapat dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Faktor Ekstern, seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), perkembangan HAM, penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih, adanya pasar bebas, meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional, dan sebagainya.
  2. Faktor Intern, seperti adanya rasa ketergantungan antar negara, berkembangnya cara berpikir masyarakat, meningkatnya pendidikan masyarakat, dan sebagainya.

Konsep Modernisasi

Modernisasi merupakan proses perubahan ke arah yang lebih baik di berbagai aspek kehidupan masyarakat melalui cara-cara yang lebih efisien, efektif, produktif dan menguntungkan. Menurut Soerjono Soekanto modernisasi diartikan sebagai bentuk perubahan yang terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (social planning). Dalam hal ini terdapat gejala-gejala yang menunjukkan terjadinya modernisasi yang ditunjukkan pada berbagai bidang kehidupan. Gejala-gejala tersebut antara lain :

1. Gejala Modernisasi Pada Bidang Ekonomi

  • Perkembangan industri melaju pesat jika dibandingkan dengan sektor agraris
  • Sebagian besar penduduk bermata pencaharian di sektor industri dan jasa
  • Banyak tenaga ahli
  • Menggunakan teknologi modern

2. Gejala Modernisasi Pada Bidang Sosial

  • Adanya urbanisasi
  • Munculnya kelas-kelas sosial
  • Konsumerisme

3. Gejala Modernisasi Pada Bidang Agama dan Kepercayaan

  • Sistem kepercayaan universal
  • Sekularisasi
  • Norma agama berkurang

Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi

Dampak Positif

  1. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat
  2. Tersedianya sarana dan prasarana
  3. Banyak produsen yang menciptakan hasil produksinya dengan cepat dan mudah
  4. Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi

Dampak Negatif

  1. Munculnya perilaku konsumerisme
  2. Munculnya sikap individualisme
  3. Terjadi inflasi yang mempengaruhi perekonomian masyarakat
  4. Munculnya persaingan tidak sehat antar produsen
  5. Menimbulkan kerusakan lingkungan akibat pembangunan yang tidak sesuai

Selain memberikan materi mengenai konsep perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi dan modernisasi, penulis juga akan menyajikan artikel berita yang terkait dengan materi di atas. Artikel berita tersebut berupa hilangnya jati diri bangsa akibat globalisasi. Berikut merupakan link berita tersebut.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/08/30/m9k3lz-globalisasi-hilangkan-jati-diri-bangsa

Penugasan

Setelah diberikan materi serta artikel berita di atas, guna menguji tingkat pemahaman Anda mengenai materi tersebut, penulis akan menyajikan beberapa pertanyaan dan silahkan untuk dijawab.

  1. Berdasarkan konsep perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi dan modernisasi di atas, jelaskan menurut pendapat Anda apa yang dimaksud dengan pembangunan nasional?
  2. Jelaskan bentuk perubahan sosial yang dikehendaki dan tidak dikehendaki? Berikan contohnya
  3. Berdasarkan artikel berita di atas, analisislah kasus berita tersebut dengan menggunakan konsep globalisasi yang telah dipaparkan di atas.

Sumber :

Narwoko, J. Dwi. 2006. Sosiologi: Teks dan Pengantar. Jakarta : Kencana

Rohmah, Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco