5 Kue Tradisional Bugis Makassar yang Wajib untuk Dicoba!

Maret 12, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Tags: , , , , , , ,

portal berita makassar – Makassar ialah kota sejuta wisata kulineran. Kecuali jajan yang nikmat, ibu-kota Sulawesi Selatan ini punyai beberapa macam kue tradisionil yang tidak kalah menarik.

Untuk beberapa pecinta kulineran, makanan ciri khas Bugis Makassar kemungkinan masuk makanan sedap yang susah dilalaikan. Populer dengan rasanya yang manis dan cita-rasa yang unik, sajian ini selalu disukai oleh beberapa orang.

Berikut kue ciri khas Makassar membuat manjakan lidah dan pantas anda coba! Diambil dari bermacam sumber:

1. Barongko

Barongko ialah kue atau makanan ciri khas bugis di Makassar yang dibikin berbahan dasar pisang yang telah dilumatkan, telur, garam, gula pasir, dan santan. Adonan kue oleh-olehan ciri khas Makassar yang ini telah maka lalu dibuntel memakai daun pisang dan kemudian dikukus hingga masak.

Seterusnya tersimpan dalam almari es. Pada jaman dulu, makanan ciri khas Makassar dengan tipe kue ini jadi hidangan penutup untuk kelompok beberapa raja bugis. Disamping itu, barangko kerap didatangkan dalam beberapa acara tradisi seumpama pernikahan, sunatan dan sukuran.

2. Es Pisang Ijo

Di beberapa beberapa kota besar yang berada di Indonesia, kita dapat dengan gampang mendapati es pisang ijo ini sebagai camilan ciri khas Makassar. Kalu kamu masih ingin tahu darimanakah asal es pisang ijo ini, minuman fresh ini sebagai minuman asli kota Makassar, Sulawesi selatan.

3. Cucuru Bayao

Cucuru bayao sebagai kue tradisionil yang sering datang dalam bermacam acara pesta tradisi intinya acara pesta perkawinan yang dihidangkan dalam Bosara bersama kue tradisionil yang lain seperti Barongko, Taloba, Biji Nangka, Kue Pelita, Sikaporo dan lain-lain.

Cita-rasa manis yang kental pada kue-kue perkawinan Bugis Makassar sebagai simbolisasi keinginan akan manisnya kehidupan yang bakal diarungi oleh ke-2 mempelai. Rerata kue tradisionil Bugis Makassar memang memiliki rasa yang manis.

4. Biji Nangka

Kue ini disebutkan biji nangka karena memiliki bentuk seperti biji nangka. Kudapan memiliki bahan dasar kentang rebus ini berasa manis dan renyah.

Kita bisa menemui kue ini pada acara tradisi Bugis, seperti pernikahan. Umumnya, orang Bugis menyenangi makanan ini dihidangkan pada kondisi dingin.

5. Putu Cangkir

Putu cangkir salah satunya makanan tradisionil ciri khas Makassar sekarang mulai susah didapatkan dengan timbulnya bermacam jenis jajan kue kekinian.

Putu cangkir memiliki bahan gula merah, beras ketan, dan kelapa, pembikinanya harus dengan manual karena memakai uap air untuk memperkeras adonannya. Kue ini dapat bertahan sampai dua hari.


Comments are closed.