Tutorial Memperbaiki Hp Oppo yang Bootloop Tidak Menyala

Mei 28, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Bootloop ialah penyakit yang kerap ada di perangkat Android, terkhusus pada perangkat-perangkat bertipe lawas.

Bootloop ialah kesalahan yang terjadi pada perangkat Android yang bisa menyebabkan perangkat tidak bisa memuat sistem dengan selayaknya. Istilah ini umumnya diperuntukkan dengan ponsel tidak dapat masuk ke sistem utama dan cuman sanggup sampai pada logo vendor secara berulang-ulang.

Ada dua tipe bootloop yang bisa terjadi di perangkat Android, bootloop ringan yang ada terkadang atau memiliki sifat sementara dan bootloop berat yang terjadi secara permanen.

Bootloop bisa terjadi karena ada kesalahan dari perangkat lunak atau perangkat keras, yang tentu saja langkah mengatasinya juga berbeda. Bila Anda pengguna Oppo, karena itu oppotutorial akan memberikan cara memperbaiki bootloop, di lakukan dengan cara-cara berikut:

 

Cara Memperbaiki Hp Oppo Bootloop Ringan Melalui Recovery

 

  1. Tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan pada keadaan mati untuk masuk ke modus Recovery.
  2. Sesudah masuk, kamu bisa lakukan navigasi dengan tombol volume untuk memilih menu yang ada.
  3. Pilih menu Wipe Data and Cache untuk mereset smartphone kamu
  4. Gulung ke bawah sampai menemukan pilihan Yes dalam layar konfirmasi
  5. Nantikan hingga proses reset selesai
  6. Metode ini akan hapus semua data yang berada di handphone kamu

 

Untuk memperbaiki HP Oppo yang mengalami bootloop ringan, pengguna bisa manfaatkan mode recovery di perangkat tersebut. Lewat mode ini, pemakai bisa melakukan hard reset perangkat Oppo miliknya untuk kembalikan semua preferensi sistem operasi ke keadaan awalnya.

 

Mode recovery ialah mode khusus yang berisi konsol atau peralatan pemulihan handphone Android yang ada lewat bootable tersendiri. Lewat mode ini, pemakai bisa memakai beberapa perlengkapan untuk memperbaiki permasalahan sistem atau mengupdate sistem, termasuk untuk mengatasi bootloop di handphone Android.

Untuk pemakai Oppo dengan type tertentu, mode recovery bisa diakses lewat kombinasi tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan ketika akan hidupkan perangkat. Sesudah ada opsi bahasa tentukan opsi English.

Ingat, sesudah masuk ke mode recovery, pengguna bisa lakukan navigasi dengan tombol volume, dan pilih opsi dengan tombol power. Pengguna selanjutnya bisa melakukan hard reset perangkat Oppo dengan pilih Wipe Data and Cache.

Bila ada beberapa pilihan kembali, pilih opsi Wipe Data and Cache untuk ke-2 kalinya. Kemudian, konfirmasi dengan pilih opsi Yes.

Bila proses pembersihan data dan cache selesai, pemakai bisa memuat ulang handphone dengan pilih opsi Re-boot. Dan pemakai tinggal menanti proses muat ulang selesai.

 

Memperbaiki Bootloop Berat Dengan Flashing Ulang di HP Oppo

 

Bila permasalahan bootloop belum selesai sesudah lakukan hard reset perangkat Oppo, karena itu pemakai bisa lakukan flashing ulang perangkatnya. Dengan cara ini, pemakai bisa menginstal ulang sistem, termasuk didalamnya melakukan down-grade atau up-grade, di perangkat kesukaannya.

Tetapi, teamtidak dapat menjelaskan secara rinci bagaimanakah cara melakukan Flashing untuk mengatasi bootloop di HP Oppo. Ini karena masing-masing type handphone memiliki langkah tertentu saat melakukan flashing.

Yang penting dipertimbangkan, semua data akan lenyap sesudah lakukan sistem ini. Seharusnya pengguna membuat cadangan data itu sebelum melakukannya.

Ingat ke-2 langkah di atas hanya berlaku untuk bootloop yang disebabkan karena kerusakan perangkat lunak, karena itu pemakai dapat membawa perangkat ke servis center bila permasalahan itu terjadi karena kesalahan perangkat keras atau ke-2 langkah di atas belum menuntaskan permasalahan itu.


Comments are closed.