Archive for category Pengetahuan Umum

Ulasan 10 Blog Kawan sesama Blogger

Sahabat, untuk meningkatkan kualitas blog ini, saya juga mengunjungi blog teman-teman saya sebagai perbandingan maupun inspirasi. Pada postingan kali ini saya menuliskan ulasan beberapa blog teman saya yang saya kunjungi.

Blog No. 1 (Experience)

  1. Nama Pemilik Blog: Mur Ifatul Miskiyah
  2. Alamat Blog: https://blog.unnes.ac.id/murifa/
  3. Keunggulan: Cukup kreatif dengan mengatur sendiri tampilan gambar yang bisa berubah-ubah, tulisan artikel rapi sehingga mudah dibaca.
  4. Kelemahan: Tampilan kurang menarik, sebagian besar masih terlihat polos putih. Untuk artikel masih biasa-biasa saja. Sedangkan widget terlihat rancu, di bagian bawah terdapat widget yang padahal sudah ada di bagian atas blog.
  5. Saran: Tema diatur kembali disertai dengan warna atau gambar sehingga tampak lebih menarik, serta widget perlu diperbaiki dengan menghapus widget yang di bagian bawah. Untuk artikel bisa ditambahkan gambar agar dapat menambah pemahaman bagi pembaca serta dapat pula menjadikannya lebih menarik untuk dibaca.tampilan

Blog No. 2 (Karakter Indonesia)

  1. Nama Pemilik Blog: Fajar Subehi
  2. Alamat Blog: https://blog.unnes.ac.id/fajarsubehi/
  3. Keunggulan: Tampilan cukup menarik dengan tema yang dibuat dengan kreatifitas sendiri diseratai gambar-gambar. Selain itu, adanya tambahan halaman untuk menunjang informasi pada artikel juga merupakan hal yang bagus.
  4. Kelemahan: Nama blog kurang jelas, warnanya kurang sesuai dengan gambar yang menjadi background. Widget masih sangat sederhana, padahal bisa diberi widget lain agar lebih lebih menambah informasi maupun lebih menarik. Tulisan artikel kurang rapi dan terlalu polos dengan tulisan sehingga dapat menyebabkan rasa bosan untuk membacanya.
  5. Saran: Tulisan pada nama blog perlu disesuaikan lagi dengan mengganti warna huruf atau ukuran agar tampak jelas. Selain iti, juga perlu untuk ditambahi widget lain, misalnya jumlah pengunjung dan lain sebagainya untuk menambah informasi dan menjadikan tampilan lebih menarik. Gambar-gambar yang terdapat pada halaman sebaiknya digabungkan saja dengan artikel agar gambar tersebut dapat memperjelas isi artikel tersebut serta dapat menjadikannya lebih menarik untuk dibaca. Sedangkan halaman gambar dapat diganti dengan halaman yang dapat menambah referensi bacaan, misalnya seperti jurnal.

Read the rest of this entry »

Kebiasaan Jajan di Sekolah dan Dampaknya terhadap Kecerdasan Murid

IMG_20151104_133107Sebelum mengkaji apa yang terkandung di dalam gambar di samping, saya jelaskan terlebih dahulu peristiwa pada gambar tersebut karena kebetulan hasil foto tidak terlalu jelas. Gambar di samping adalah foto saya, tapi itu bukanlah hal utama yang akan dikaji pada tulisan ini, melainkan fokus utama kajian ini adalah objek dua murid yang sedang makan jajanan sosis dan mie goreng yang biasa dijual oleh pedagang keliling yang mangkal di dekat sekolah. Gambar tersebut diambil di MI Roudhotul Huda yang terletak di Gang Mangga, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, dan dua anak itu adalah muridnya.

Fenomena seperti yang terdapat pada gambar di atas, sering dijumpai di lingkungan sekitar sekolah. Di tempat tersebut, sering terdapat penjual jajan yang mangkal, baik penjual yang menetap di tempat itu maupun penjual keliling yang mampir di sana. Hal tersebut seakan-akan menjadi sahabat bagi siswa dan siswi –lebih khususnya anak usia Sekolah Dasar (SD)—dalam aktifitas belajar di sekolah. Bahkan, terkadang jajan di sekolah dijadikan iming-iming oleh orang tua murid untuk membujuk anaknya agar bersedia berangkat sekolah. Read the rest of this entry »

Analisis Film “George of The Jungle” dengan Kajian Psikologi Pendidikan

Sinopsis

Cerita pada film “George of The Jungle” bermula dari adanya kecelakaan pesawat yang menewaskan seluruh penumpangnya, kecuali seorang bayi. Bayi tersebut tersesat di hutan kemudian hidup bersama kera besar yang baik. George –demikian panggilan si bayi— tumbuh hingga dewasa bersama kera besar dan kawanan binatang lainnya di hutan. Tingkah laku George pun tidak seperti manusia selayaknya, namun lebih seperti tingkah laku kera besar, dia tinggal di atas pohon, suka memakan buah-buahan dari hutan, suka memukul-mukul dadanya, berteriak, dan bergelantungan dari pohon ke pohon lain. Mereka hidup damai di hutan.

Pada suatu hari datanglah kawanan manusia, yaitu Ursula Stanhope beserta rombongannya yang sedang melakukan safari ke wilayah Afrika. Di perjalanan, mereka bertemu dengan seekor singa. Rombongan itu pun lari terbirit-birit. Singa tersebut kemudian menyerang Ursula Stanhope yang merupakan satu-satunya perempuan di rombongan tersebut. Beruntunglah George mengetahui kejadian tersebut dan menolongnya sehingga Ursula Stanhope selamat. Ursula Stanhope yang terpisah dengan rombongan kemudian tinggal bersama George dan kawanan binatang lainnya. Perempuan tersebut menjumpai perilaku aneh pada diri George dan terkadang menirukan hal aneh yang dilakukannya. Read the rest of this entry »

Hello world!

Welcome to Jejaring Blog Unnes Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Lewat ke baris perkakas