Penggunaan Mendeley, Layaknya Miliki Perpustakaan Digital Pribadi

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) pada tahun 2015 memperoleh Hibah Pengelolaan Jurnal Elektronik dari Kementerian Ristek Dikti. Dari berbagai workshop yang telah dilakukan sebagai bentuk perbaikan manajemen UJME, salahsatunya adalah pemanfaatan Mendeley. Pemanfaatan Mendeley ini bisa dikembangkan, misalnya membuat perpustakaan digital pribadi. Berikut paparan materi tentang pemanfaatan Mendeley tersebut.

Penulisan artikel atau paper dalam jurnal harus mengacu pada suatu daftar pustaka, bibliography atau works cited tergantung dari aturan yang akan diikuti. Daftar pustaka tersebut mencerminkan adanya kutipan yang telah diacu atau disitasi oleh penulis pada badan tulisan ilmiahnya. Tujuan dari kutipan yang telah dimasukkan atau disitasi oleh penulis untuk mendapatkan pengkayaan ide dari suatu fokus subyek tema yang merupakan tujuan dari apa yang akan dijelaskan dalam tulisan atau artikel tersebut. Pengkayaan ide yang dimaksud adalah dengan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis lainnya yang diacu dalam referensi atau daftar pustaka. Pada umunya untuk membuat daftar pustaka dilakukan secara manual yaitu dilakukan pengetikan satu persatu dan sangat merepotkan. Apalagi style atau gaya penulisan daftar pustaka ini (bibliography) berbeda-beda. Disamping itu jumlah daftar pustaka yang banyak akan menyebabkan adanya kesalahan karena ketidakcermatan dalam mengetik. Oleh karena itu perlu dilakukan cara-cara lain agar penulisan daftar pustaka bisa mudah, cepat, dan akurat.

Di era teknologi informasi yang sangat berkembang pesat ini, telah berpengaruh pada meningkatnya jumlah publikasi pada jurnal ilmiah. Publikasi tidak hanya dilakukan menggunakan media cetak namun penerbit juga telah banyak yang memilih atau berpindah ke media daring mengingat biaya yang lebih murah, baik dari sisi penerbit atau pengkases, distribusi tanpa batas, dan ketersediaan yang terjamin. Penerbit ataupun perpustakaan dalam mempublikasikan jurnal daring juga telah memenuhi kaidah-kaidah yang terstandar sehingga memudahkan penulis untuk melakukan sitasi. Di sisi lain, banyak vendor software yang berbasis comercial software atau freeware telah menyediakan utility software berupa reference manager yang memudahkan penulis untuk melakukan pengorganisasian softcopy dari artikel ataupun metadata artikel yang ada dalam suatu terbitan atau jurnal dalam bentuk softcopy artikel maupun daring. Dengan adanya software reference manager tersebut maka seorang peneliti dapat melakukan penulusuran, koleksi, organisasi serta sitasi artikel dengan mudah. Beberapa software reference manager dan sejenisnya yang telah banyak digunakan dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

mendeley 1

mendeley 2

Dalam panduan ini akan dijelaskan penggunaan software Mendeley mengingat penggunaanya yang mudah dan terstandar. Ada dua versi Mendeley yang ditawarkan yaitu versi Mendeley Plugin dan Mendeley Dekstop.

Selengkapnya panduan mendeley tersebut dapat di unduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: