Just another Jejaring Blog Unnes Sites site /(^_^)\ Chemistry Area /(^_^)\
Just another Jejaring Blog Unnes Sites site /(^_^)\ Chemistry Area /(^_^)\

Kimia Disekitar Kita

Dalam penerapannya ilmu kimia tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Karena mulai dari perkara sandang dan pangan, obat- obatan, bahan bakar, konstruksi bangunan sampai bahan produk dan bahan industri elektrik melibatkan ilmu kimia di dalamnya.

Ilmu kimia memilki kedudukan yang begitu penting dan menjadi komponen yang dibutuhkan oleh bidang ilmu lainnya. Beberapa manfaat yang sebenarnya merupakan hasil dari ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari manusia seringkali tidak disadari.

Berikut penerapan ilmu kimia dalam bidang  kehidupan.

Penerapan Ilmu Kimia Bidang Kedokteran.

Dalam bidang kedokteran ilmu kimia mempunyai manfaat yang sangat vital, hal ini bisa dirasakan dengan adanya berbagai macam ilmu kedokteran yang menyangkut aspek- aspek dari ilmu kimia. Penggunaan obat- obatan dalam ilmu kedokteran yang dibuat berdasarkan riset terhadap suatu reaksi dari proses yang ditimbulkan akibat adanya bahan kimia yang dilakukan oleh cabang ilmu farmasi.

Bidang Ilmu kimia yang berhubungan langsung dengan ilmu kedokteran adalah biokimia dan kimia organik. Nah kedua bidang ilmu inilah yang mempelajari tentang senyawa- senyawa yang ada pada makhluk hidup serta reaksi yang di timbulkan dari dalam tubuh makhluk hidup tersebut.

Peran Bidang Kimia Organik dalam Meningkatkan Kesehatan.

Terdapat beberapa peran penting dalam hal penelitian dan pengembangan Kimia Organik untuk meningkatkan kesehatan.

  • Melakukan penelitian dan pengetahuan dalam bidang mengubah sintesis dan desain dari molekul kecil dalam sebuah organisme sehingga terjadi interaksi dengan protein yang ada pada gen adalah sangat diperlukan dalam mendesain obat- obatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
  • Mengembangkan penelitian perihal tingkat racun dari berbagai senyawa. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat memberikan data yang tepat mengenai sifat racun dalam senyawa, sehingga tidak sampai terekpos ke dalam tubuh organisme makhluk hidup terutama manusia.
  • Mendukung dalam penelitian klinis dengan menggunakan teknik- teknik kimia.
  • Mendesain obat- obatan agar mampu bekeraja lebih efektif dari seblumnya merupakan hal yang dipelajari oleh bilokima.
  • Menjadikan obat- obatan lebih selektif dan tepat sasaran untuk menyembuhkan suatu penyakit.
  • Menentukan sebuah metode sintesis baru yang mampu lebih efektif dalam membuat obat- obatan maupun senyawa antikuman.

Peran Bidang Biokimia Dalam Ilmu Kesehatan.

  • Mengidentifikasi reaksi yang dihasilkan oleh sebuah proses kehidupan sehingga mampu menganalisa akan terjadinya penyakit atau masalah yang terjadi pada proses tersebut.
  • Meneliti perkembangan bekteri penyebab penyakit, mempelajari sifat dan cara pengendaliannya menggunakan bahan- bahan kimia.
  • Menentukan cara baru untuk menanggulangi sebuah penyakit yang berkembang merupakan hal yang dipelajari dalam bidang biokimia.
  • Dalam bidang sanitasi, pengetahuan terhadap bahan- bahan kimia anti kuman adalah hal yang penting dalam aplikasinya.
  • Tes kadar gula darah menggunakan dasar uji keton dalam ilmu kimia untuk mengetahui jumlah glukosa yang terlarut dalam darah. Uji coba ini sangat penting sebagai analis dari penyakit diabetes.
  • Penggunaan kemoterapi dalam penanggulangan penyakit kanker.
  • Penyimpanan obat dalam farmasi menggunakan uji biokimia. Uji ini akan memberikan gambaran perihal cara penyimpanan obat- obatan yang aman sehigga strukturnya tidak sampai berubah. Hal ini akan mempertahankan fungsi dari obat sebagai suatu penyembuh.
  • Penggunaan enzim dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam tubuh terhadap sebuah penyakit.
  • Membuat metode kimia agar dapat menganalisa suatu penyakit dengan cepat. Uji biokimia lainnnya digunakan pada obat- obatan untuk dapat mengetahui masa kadaluarsa dari sebuah obat.
  • Membuat metode analisis penyakit yang akurat sampai ke level molekular.

 

Peranan Ilmu Kimia dalam Bidang Pertanian.

Belakangan ini pengaruh dari globalisasi memberi efek yang sangat nyata pada berkembangnya ilmu pengetahuan juga ilmu teknologi.

Hal ini menuntut terhadap segala bidang kehidupan untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut. Itu berlaku juga pada dunia pertanian. Pertanian pada zaman dahulu hanya mengandalkan sisteem tradisional, baik dalam mengolah tanahnya sampai pada memanen tanaman.

sumber: https://tutugon.com/penerapan-ilmu-kimia-dalam-kehidupan/

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: