Home > Sociology > Review Film Sicko

Review Film Sicko

Sicko (atau SiCKO) adalah film dokumentasi yang disutradarai oleh Michael Moore, mengenai sistem health care di AS, membandingkannya dengan sistem di Kanada, Inggris, Perancis, dan Kuba. Sicko ditayangkan di AS mulai dari 22 Juni 2007 dan meraup $4,6 juta dari 441 bioskop, menjadi film dokumentasi dengan opening weekend kedua tertinggi setelah film Moore sebelumnya, Fahrenheit 9/11. Sicko ditayangkan pertama kali dalam Cannes Film Festival pada 19 Mei 2007. Pemutaran perdana di Amerika Utara adalah di London, Ontario, bioskop Silver City di Masonville Place pada 8 Juni 2007. Film ini juga dibocorkan ke internet pada pertengahan Juni 2007.ˆˆ


Langsung saja, inilah sedikit review tentang Film Sicko tersebut.

Amerika mempuyai banyak sekali dokter yang bagus akan tetapi, masih ada sekitar 50 juta penduduk Amerika yang tidak mempunyai asuransi. Seperti hal nya dengan Lary yang menderita serangan jantung dan Dona yang menderita kanker. Asuransi yang mereka gunakan itu tidak mencukupi obat perawatan selama dia hidup. Asuransi menolak untuk membayar biaya perawatan mereka karena tinggi dan berat badan tidak sesuai dengan persyaratan (Healthcare). Sementara CIGNA, kurang mempunyai kepedulian terhadap pengguna asuransinya. Syarat yang di ajukan perusahaan asuransi tersebut sangatlah banyak, misalnya harus terbebas dari penyakit diabetes, kanker dan lain sebagainya. Maka masih banyak sekali masyarakat Amerika yang belum mempunyai asuransi. Ada sebuah kasus dimana seorang pria kehilangan dua jarinya karena terjadi kecelakaan kerja dan pria tersebut tidak mempunyai asuransi, maka saat dia mau berobat ke rumah sakit satu jarinya mempunyai harga 60.000 dollar dan jari lainnya (jari kelingking) seharga 12.000 dollar. Ada juga seorang dokter keluar dari Humana (sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di industri jasa kesehatan) karena tidak suka cara berbisnis mereka.

Ada kasus seorang pasien yang bernama Tasha, asuransi (Bluecorp) yang menanganinya mengambil uang perawatan selama Tasha sakit karena infeksi ragi dan menyuruh rumah sakit itu untuk meminta tagihan pembayaran kepada Tasha. Di Amerika banyak yang berpendapat bahwa tujuan asuransi hanya untuk  memaksimalkan keuntungan bagi perusahaannya. Masih ada 37 juta penduduk Amerika yang tidak mempunyai perlindungan karena masih adanya pembedaan dalam masyarakat tersebut,  pemerintah harus memperlakukan masyarakatnya secara adil dan sama. Dalam sebuah survei kesehatan, Amerika menempati peringkat ke 37 dalam bidan perawatan kesehatan. Saat ini di Amerika uang banyak digunakan untuk membeli senat, maksudnya bagi pemilik perusahaan asuransi besar dapat “membeli” mereka agar sistem atau aturan yang mereka buat dapat berpihak kepada perusahan-perusahaan kesehatan besar tersebut atau bisa juga seorang anggota senat berhenti kemudian beralih ke perusahaan kesehatan tersebut. Misalnya, Billy meninggalkan senat untuk menjadi CEO di perusahaan asuransi.

Berbeda dengan di Amerika, di Kanada semua orang mendapat pelayanan kesehatan secara gratis dan tagihan asuransi dibayar oleh negara. Seharusnya pelayanan kesehatan bersifat universal sehingga orang-orang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Menurut survei orang Kanada hidup lebih lama 3 tahun dari orang Amerika. Di Inggris, orang yang berusia 60 tahun mendapat pelayanan kesehatan secara gratis, sedangkan yang berusia di bawah 60 tahun jika di rawat di rumah sakit tidak membayar untuk perawatan kesehatan tapi hanya membayar obat seharga 10 dollar. Dan uniknya lagi, meskipun perawatan di rumah sakit ini gratis, terdapat kasir yang berguna untuk memberi uang sebagai uang transport kepada pasien yang membutuhkan. Pelayanan kesehatan disini gratis karena di tanggung asuransi nasional yang pembayarannya hanya berupa pajak. Orang yang berusia 55 tahun sampai 64 tahun di Inggris lebih sehat daripada orang yang tinggal di Amerika. Di Inggris, dokter digaji oleh pemerintah apabila kinerjanya semakin baik maka gajinya semakin tinggi. Misalnya dokter berhasil membujuk pasien untuk berhenti merokok. Tingkat kesehatan di Inggris juga tinggi karena fasilitas kesehatan yang di dapatkan juga sangat baik.

Sumber :

ˆˆ            : https://id.wikipedia.org/wiki/Sicko

Categories: Sociology Tags:
  1. November 30th, 2015 at 05:40 | #1

    alangkah lebih baiknya artikel tersebut dikaitkan dengan pelayanan kesehatan di indonesia 🙂

  2. December 1st, 2015 at 08:29 | #2

    penjelasannya kurang detail kaka, kaitkan dengan materi pelayanan kesehatan dan buku yang relavan

  3. December 1st, 2015 at 22:49 | #3

    analisis film ini kurang mendalam kaka coba dengan buku yang relevan

  4. December 2nd, 2015 at 06:48 | #4

    analisisnya kurang mendalam, mungkin bisa ditambahi dengan perbandingan pelayanan kesehatan di Indonesia 🙂

  1. No trackbacks yet.