MENUMBUH KEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI. #2

MENUMBUH KEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI. #2

Tema: Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

Menyandang gelar sebagaiĀ  universitas konservasi yang bereputasi merupakan dambaan semua universitas. Untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi perlu adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Sumber Daya Manusia merupakan sumber daya yang paling terpenting yang dapat menunjang terlaksananya kegiatan dalam organisasi. Karena Sumber Daya Manusia merupakan unsur terpenting, perlu diadakannya suatu upaya agar tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas. Tingkat kualitas sumber daya manusia dapat diukur dengan prestasi yang dicapai.

Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia tentunya ada tolak ukur yang dapat kita jadikan patokan agar kita bisa mengetahui dan menentukan manusia yang berkualitas. Manusia yang berkualitas adalah manusia yang beriman dan bertakwa, inovatif, produktif, kreatif, disiplin, mandiri serta memiliki motivasi yang tinggi. Salah satu ciri-ciri Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah kreatif dan inovatif. Dan adapun ciri-ciri manusia inovatif adalah:

  1. Rajin belajar dan bekerja keras
  2. Menghargai waktu dan menggunkannya dengan sebaik-baiknya
  3. Selalu berorientasi kedepan
  4. Suka melakukan eksperimen-eksperimen dan penelitian
  5. Berfikir secara rasional
  6. Selalu berprasangka baik
  7. Kaya dengan ide-ide yang cemerlang.

Sumber Daya Manusia yang berkualitas bisa didapat dari orang lain dan diri sendiri. Dalam hal ini, tidak hanya para mahasiswa saja yang berperan aktif untuk menumbuh kembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Tetapi para dosen pun ikut berperan aktif dalam melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Apabila Sumber Daya Manusianya sudah berkualitas tentu akan membuat rumah ilmu tersebut mempunyai reputasi yang baik dimata publik. Bukan hanya dipandang baik, namun memang benar-benar bereputasi. Rumah ilmu disini diartikan sebagai tempat menimba ilmu, tempat menumbuh kembangkan Sumber Daya Manusia yaitu Universitas Negeri Semarang.

 

Dengan sumber daya manusia yang berkualitas diharapkan dapat mewujudkan Universitas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi yang bereputasi.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Published by

Ifa shobicha

Nama : Ifa Shobicha Prodi : PGSD-Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: