Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

+recommended_blog_0

Tujuan dibuatnya artikel ini sebagai tugas pengganti Ujian Akhir Semester mata kuliah Praktek Laboratorium yang diampu oleh Bapak Kuncoro Bayu Prasetyo S,Ant., M.A. Artikel ini mengulas blog teman-teman di Jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang.

Blog No.1

  1. Nama Pemilik Blog : Muhammad Najib
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/najib23/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Pemilihan tema sudah bagus, penulisan artikel dalam postingan sudah menarik. Setiap artikel sudah diberikan kategori sehingga pembaca paham. Link blog teman terlihat rapi karena menggunakan scroll bar.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Margin postingan tidak rapi, ada pula postingan blog yang belum diread more. Tampilan profil tidak diberi ulasan mengenai tujuan pembuatan blog dan tidak ada contact person yang bisa dihubungi. Dalam penulisan kategori kurang konsisten.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, margin postingan dirapikan dan harus teliti mengenai read more pada setiap artikel. Pada profil diberikan ulasan mengenai tujuan pembuatan blog serta berikan contact person yang bisa dihubungi. Penulisan kategori bagian antropologi seharusnya ditambahkan “pembelajaran” agar konsisten dengan kategori yang lain.

Blog No.2

  1. Nama Pemilik Blog : Sefira Rizki Ayu Nindia
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/sefirariz/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Tampilan blog simple dan postingan setiap artikel sudah rapi. Pada kategori, profil dan link blog teman juga sudah memenuhi ketentuan.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Pada judul artikel ukurannya terlalu besar. Terdapat kategori yang belum spesifik, masih terdapat uncategorized. Tatanan tampilan blog kurang rapi.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, font size pada judul artikel disesuaikan agar tidak memakan banyak tempat. Tampilan biground dapat menggantinya seperti mengganti latar biground, mengganti header image, agar terlihat menarik. Kategori terlalu banyak, sebaiknya disederhanakan saja dan uncategorized dihapus. Pada profil seharusnya diletakkan pada sample page agar terlihat lebih rapi.

Blog No.3

  1. Nama Pemilik Blog : Zakaria Ahmad
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/sosiologica/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Tema yang dipilih menarik. Postingan materi terdapat gambar sehingga dapat menarik pembaca. Letak widget rapi dan tidak mengganggu keindahan blog.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Dalam profil tidak dijelaskan tujuan pembuatan blog sehingga pembaca tidak mengetahui maksud dari dibuatnya blog tersebut. Masih ada widget yang tidak digunakan tetapi masih terpampang di blog seperti meta. Blog teman yang diikuti masih sedikit yaitu hanya 7 orang. Margin postingan kurang rapi.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, profil dilengkapi dengan tujuan dari pembuatan blog. Pada penulisan judul postingan sebaiknya di beri bab agar memudahkan pembaca menemukan materi yang diinginkan. Blog teman yang diikuti sebaiknya ditambahkan lagi misalnya menjadi 15 orang. Penulisan postingan sebaiknya lebih dirapikan lagi menggunakan rata kanan kiri.

Blog No.4

  1. Nama Pemilik Blog : Muhammad Zuhad Rifqi
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/Zuhadrifqi2/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Tampilan blog bagus dan mencerminkan sebagai identitas bangsa. Bahasa yang digunakan dalam postingan mudah dipahami oleh pembaca khususnya siswa SMA sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk belajar. Penulisan kategori sudah rapi sesuai dengan isi blog.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Tampilan blog masih sangat sederhana. Kurang teliti setiap judul artikel tidak ada “bab”. Widget meta masih terpampang.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, pemilik blog bisa mencoba mengganti tema yang lebih menarik dan perpaduan warna perlu dimainkan agar kreativitas tersebut bisa menarik pengunjung untuk membaca artikel. Sebaiknya pada setiap judul artikel beri penjelasan bab agar pembaca mudah untuk mencari materi. Widget meta seharusnya di hapus saja karena tidak digunakan.

Blog No.5

  1. Nama Pemilik Blog : Ayu Prihaningtyas
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/tyasayu/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Semua kategori bisa dibuka dan isi artikel sudah rapi. Link blog teman sudah memenuhi ketentuan. Tampilan simple dan rapi.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Belum adahit counter dan juga belum ada kategori materi sosiologi untuk pembelajaran SMA.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, tugas dari Bapak Bayu seperti hit counter sebaiknya segera diselesaikan. Mengenai kategori alangkah baiknya segera dilengkapi seperti materi sosiologi untuk pembelajaran SMA.

Blog No.6

  1. Nama Pemilik Blog : Levina Thirza Astria
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/levina/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Blog sudah menarik minat baca pengunjung. Profil pemilik blog sudah tertera dan foto pemilik sudah disertakan. Semua kategori bisa dibuka .
  4. Kekurangan/ kelemahan : Widget  yang tersedia kurang tertata rapi. Laman profil belum dicantumkan tujuan pembuatan blog. Ada beberapa artikel yang belum di  Belum ada kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA sehingga artikel yang seharusnya masuk kategori tersebut masuk ke kategori lain.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya widget ditata lagi supaya lebih terlihat rapi. Laman profil perlu dicantumkan tujuan pembuatan blog. Lebih teliti lagi terhadap pemostingan artikel mengenai read more. Tambahkan kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA.

Blog No.7

  1. Nama Pemilik Blog : Muhamad Septiyan Khalali
  2. Alamat Blog/http :  http://blog.unnes.ac.id/khalali/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Kelebihan dari blog ini dalam setiap postingan terdapat gambar yang menambah minat pembaca dan pengunjung. Materi yang diposting sudah lengkap. Link blog teman terlihat rapi karena menggunakan scroll bar.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Profil pemilik blog terlalu panjang, sehingga terkesan bukan profil pemilik blog tetapi lebih kepada formulir untuk mendaftar sekolah. Tema yang digunakan terlalu biasa. Pada kategori tidak sesuai dengan konten yang telah dijelaskan oleh Bapak Bayu.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, Profil lebih disederhanakan. Tema diperbaiki agar lebih menarik dan tidak polos. Bagian kategori yang tidak perlu harap di hapus saja.

Blog No.8

  1. Nama Pemilik Blog : Firdaus Muara T.S
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/firdaussihombing/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Beranda blog keluarganya yang mencerminkan dia sangat sayang terhadap keluarganya. Tampilan widget sudah rapi.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Pemilihan tema terlalu simple dan kurang meriah. Materi yang diposting tidak lengkap. Kategori dan link blog teman belum tercantum.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, pemilik blog bisa mengedit lagi agar tampilan blog menarik misalnya dengan mengganti tema, bermain warna ataupun menggantinya dengan foto-foto tentang sosiologi dan antropologi. Materi harap dilengkapi. Buatlah link blog teman pada menu widget.

Blog No.9

  1. Nama Pemilik Blog : Gisellla Tioriva
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/gisellatioriva/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Pemilihan tema sudah bagus. Letak kategori sangat mudah dilihat sehingga pembaca mudah untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Pada profil tujuan dibuat blog terpampang jelas serta contact person yang dihubungi sudah dicantumkan.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Gambar tajuk pada blog tidak ada kaitannya dengan pembelajaran sosiologi dan antropologi. Penulisan judul postingan tidak diberi keterangan “bab”.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya, gambar tajuk pada blog diganti dengan gambar yang ada kaitannya dengan materi seperti masyarakat dan budaya. Sebaiknya penulisan judul postingan diberi keterangan “bab” agar pembaca mudah mencari materi pada “bab” yang diinginkan.

Blog No.10

  1. Nama Pemilik Blog : Murifatul Miskiyah
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/murifa/
  3. Kelebihan/ keunggulan : Tampilan sudah kreatif dengan memainkan gambar biground sehingga tidak terkesan sepi. Postingan artikel sudah rapi dan semua memiliki kategori.
  4. Kekurangan/ kelemahan : Salah menuliskan profil. Pada setiap postingan terlihat sepi karena tidak didukung dengan gambar sehingga pembaca kurang minat untuk membaca artikel.
  5. Saran dan Usulan tambahan/ perbaikan : Seharusnya dalam menuliskan profil di sample page, bukan di menu widget sehingga tampilan profil tidak berjejer dengan menu widget lainnya. Sebaiknya dalam memosting artikel disertakan gambar sebagai pendukung tampilan agar pembaca tertarik dan paham apa maksud artikel tersebut.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco