• E-Commerce Sebagai Bidang Pemanfaatan Untuk Mahasiswa

    Kemajuan teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat cepat. Ini terbukti dari teknologi saat ini, misalnya seperti internet. Saat ini Internet tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk menemukan sumber informasi tetapi juga digunakan sebagai fasilitas bisnis untuk menawarkan produk dengan berbagai promosi dan pandangan menarik. Saat ini, orang-orang juga lebih suka melakukan transaksi, baik jual beli, layanan, dan informasi dengan cara yang mudah dan cepat.

    https://cherokeemuseum.org/

    Ini karena kecenderungan masyarakat ingin melakukan segalanya dengan mudah. Sehingga dunia bisnis harus berinovasi untuk menciptakan bisnis yang dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu bisnis online. Bisnis melalui Internet atau media online semakin lazim di dunia bisnis. Banyak hal telah ditawarkan melalui bisnis ini, termasuk penyedia layanan online, penjualan produk online, situs penjualan online, toko online, dan situs slot online

    Dengan waktu yang berkembang menjadi lebih modern, tentu saja berdampak pada perjudian di mana kita tahu semua kegiatan yang penuh kontroversi dapat diakses dan dimainkan untuk dimainkan oleh kasino atau kota yang berbeda sekarang Anda dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat yang didukung oleh Internet.

    Perjudian yang telah dikembangkan dan dipasarkan oleh pengembang menjadi bentuk dan gaya yang lebih modern membuat pencarian game ini banyak di cari. Slot Online adalah salah satu dari banyak jenis permainan judi online yang cukup menarik

    Selain memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis online, bisnis ini juga memberikan manfaat dan keuntungan yang layak. Pengusaha akan dengan mudah menjalankan bisnis mereka, salah satunya dengan memanfaatkan e-commerce.

    Definisi E-commerce

    Seperti yang dijelaskan di atas, e-commerce adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan komputer. Menurut Rahmati (2009), singkatan e-commerce untuk perdagangan elektronik berarti sistem pemasaran atau dengan media elektronik. E-commerce mencakup distribusi, penjualan, pembelian, pemasaran, dan layanan dari produk yang dilakukan dalam sistem elektronik seperti Internet atau formulir jaringan komputer lainnya.

    Beberapa Proses Dalam E-Commerce Meliputi:

    1. Pesan secara langsung dan ketersediaan tagihan
    2. Otomatisasi akun pelanggan dengan aman
    3. Pembayaran dilakukan secara langsung (online) dan transaksi berurusan E-commerce ini adalah istilah yang digunakan oleh perusahaan untuk menjual dan membeli produk secara online.

    Strategi Pemasaran

    Dalam melakukan bisnis online seperti e-comerc, ada beberapa strategi pemasaran yang harus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan dapat berkembang, memiliki banyak konsumen, dan memberikan manfaat bagi pemilik bisnis. Strateginya adalah:

    • Content Marketing
      Ini adalah strategi pemasaran yang berupaya menarik konsumen dengan menyediakan berbagai informasi yang dicari oleh konsumen. Informasi yang ditawarkan bervariasi dan harus relevan dengan menjalankan bisnis.
    • Mobile Marketing
      Ini adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon konsumen yang sering berselancar menggunakan ponsel,
    • Continuous Marketing
      Ini adalah strategi pemasaran yang menekankan promosi dalam jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instragram, dan lainnya.
    • Integrated Digital Marketing.
      Strategi pemasaran dengan menggunakan dan menyatukan semua komponen sumber daya digital yang ada seperti blog, web, media sosial dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau variasi konsumen.
    • Personalized Marketing
      Strategi pemasaran dengan mengajukan bahwa setiap pribadi (konsumen) unik, jadi perawatan untuk, jadi perlakuan untuk setiap konsumen bervariasi. Dalam e-commerce, pemasaran yang dipersonalisasi dapat dilihat pada cara kerja toko online yang menampilkan produk yang dijual berbeda untuk setiap pengguna, baik dari lokasi, tren minat dan hobi, usia, gender, dan sebagainya.

    Manfaat E-Commerce

    1. Beberapa manfaat diperoleh ketika memanfaatkan e-commerce dalam bisnis online, yaitu:
      Berikan harga yang kompetitif.
    2. Memberikan layanan pembelian yang responsif, cepat dan ramah.
    3. Menyediakan barang dan jasa dengan informasi lengkap dan jelas.
    4. Memberikan banyak bonus seperti kupon, penawaran khusus, dan diskon.
    5. Memberikan perhatian khusus seperti proposal pembelian.
    6. Memfasilitasi kegiatan perdagangan.

    Kesimpulan dan Saran

    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa e-commerce adalah istilah yang digunakan dalam proses penjualan atau pembelian produk, layanan, dan informasi online. Dunia bisnis yang berkembang, membuat e-commerce salah satu bidang bisnis online yang memiliki prospek positif untuk masa depan mengingat tingkat ketergantungan manusia yang lebih tinggi.

    Categories: Umum

    Tags: , , , , ,

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: