metode penelitianMateri ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami metode penelitian sosial. Penelitian merupakan suatu usaha menarik kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah, suatu aktivitas ilmiah yang menggunakan metode ilmiah logsi dan sistematis untuk menguji atau verifikasi suatu atau beberapa hipotesa terhadap satu atau beberapa masalah dengan proses mengumpulkan data. Sebelum kita melakukan sebuah penelitian, sebelumnya kita akan membuat rancangan penelitian yang akan menjadi dasar acuan dalam sebuah penelitian. Rancangan penelitian merupakan rencana tertulis yang berisi gambaran singkat tentang pokok-pokok perencanaan seluruh penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah secara ringkas, jelas, dan utuh.

Read the rest of this entry »

fk1-300x200

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami ragam gejala sosial dalam masyarakat. Permasalahan sosial merupakan fenomena yang sering kali muncul dalam kehidupan sosial. Dalam mengidentifikasi sebuah permasalahan, terkadang kita memiliki pendapat yang berbeda seperti halnya para ahli dalam mendefinisikan permasalahan sosial dalam masyarakat.

Read the rest of this entry »

images (1)

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami individu, kelompok dan hubungan sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial dinamis yang menyangkut hubungan antarindividu, antara individu dan kelompok, atau antarkelompok”(John Lewis Gillin) Interaksi sosial adalah kunci bagi seluruh kehidupan sosial karena tidak mungkin ada kehidupan bersama tanpa interaksi sosial. Oleh karena itu, komunikasi dan kontak sosial merupakan dasar eksistensi suatu masyarakat.

Read the rest of this entry »

download-300x159

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami fungsi sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat. Dalam pembelajaran Sosiologi kelas X SMA ini, tujuan dari pembelajaran dalam materi ini adalah siswa dapat mengetahui dan memahami Sejarah ilmu sosiologi, ciri-ciri dan hakikat ilmu sosiologi, ruang lingkup sosiologi, manfaat dan kegunanan sosiologi, penerapan sosiologi dan fungsi sosiologi untuk mengenali gejela dalam masyarakat.

Read the rest of this entry »

cover_img_png-300x147

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian antropologi dengan metode penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi untuk upaya mensukseskan pembangunan. Diharapkan peserta didik mampu menghargai nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

Read the rest of this entry »

indonesia_culture_by_widjana

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama mampu berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif dalam upaya peningkatan ketahanan budaya, misalnya dengan menghargai nilai-nilai budaya lokal, menggunakan produk dalam negeri, dan mempromosikan keunggulan-keunggulan lokal yang dimiliki daerah setempat. Diharapkan peserta didik mampu meningkatkan ketahanan budaya dan tetap berperan aktif dalam perkembangan peradaan dunia.

Read the rest of this entry »

gegegege-272x300

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam menyikapi globalisasi sehingga peserta didik sebagai warga negara Indonesia yang baik mempunyai strategi untuk mempertahankan sekaligus memperkuat nilai-nilai budaya Indonesia. Diharapkan peserta didik mampu menghargai dan menerapkan nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur menjadi warga negara Indonesia.

Read the rest of this entry »

3

Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam menyikapi perbedaan masyarakat dan budaya yang dipercayai dalam setiap masyarakat, serta mampu merefleksikan dan menyimpulkan tentang kesetaraan dan hubungan dengan perubahan sosial budaya yang ada dalam masyarakat setempat.

Read the rest of this entry »

cropped-Tarian-Adat-Indonesia1

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami mengenai materi tentang Etnografi. Etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphein yang berarti tulisan atau uraian. Jadi berdasarkan asal katanya, etnografi berarti tulisan tentang/ mengenai bangsa. Namun pengertian tentang etnografi tidak hanya sampai sebatas itu. Burhan Bungin ( 2008:220) mengatakan etnografi merupakan embrio dari antropologi. Artinya etnografi lahir dari antropologi di mana jika kita berbicara etnografi maka kita tidak lepas dari antropologi setidaknya kita sudah mempelajari dasar dari antropologi. Read the rest of this entry »

pengertian-budaya

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional. Kebudayaan dan masyarakat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kebudayaan dihasilkan oleh masyarakat dan tidak ada masyarakat yang tidak berbudaya. Dengan kata lain, budaya ada karena adanya masyarakat dan dalam masyarakat pasti berbudaya. Setiap masyarakat tentunya akan mengalami perubahan, bahkan masyarakat yang kita anggap sebagai masyarakat yang tradisional dan stagnan sesungguhnya telah melalui tahap-tahap perubahan dalam kebudayaan yang mereka miliki. Perubahan budaya menekankan pada perubahan sistem nilai yang mengatur tingkah laku masyarakat. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat dipengaruhi oleh banyak factor, dan setiap masyarakat memiliki proses yang berbeda-beda dalam melalui perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat tentunya memiliki dampak negatif dan positif. Dibawah ini akan diuraikan tentang perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.

Read the rest of this entry »