SOS
Secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu socius yang berarti masyarakat dan bahasa yunani yaitu logos yang berarti bebicara.Jadi sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat. Berikut beberapa definisi menurut para ahli:
1. Auguste Comte
Sosiologi adalah suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis. Istilah ‘sosiologi’ pertama kali digunakan oleh Auguste Comte pada tahun 1839, seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis. Auguste Comte adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah tersebut sebagai pendukatan khusus untuk mempelajari masyarakat. Selain itu, dia juga memberi sumbangan yang begitu penting terhadap sosiologi. Oleh karena itu para ahli sepakat untuk menyebutnya sebagai ‘Bapak Sosiologi’. Mengapa? Memang harus diakui bahwa Auguste Comte sangat berjasa terhadap ilmu sosiologi.
2. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.
3. Pitirim A. Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:
• Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dan lain-lain.
• Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya dengan gejala geografis, biologis, dsb).
4. Emile Durkheim
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.
5. Wiliam F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.
6. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
7. Soerjono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
8. Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.
9. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.
10. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
11. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.
12. Hassan Shandily
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.
Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji suatu interaksi manusia dengan manusia lainnya serta menghasilkan produk-produk dari interaksi tersebut yang berupa nilai,morma dan kebiasaan-kebiasaan yang di anut oleh masyarakat.

Objek kajian sosiologi
a. Peter L. Berger menjelaskan bahwa objek kajian sosiologi yaitu memahami masyarakat yang bersifat teoretis yaitu memahami semata-mat dengan mengikuti aturan-aturan ilmiah dan pembuktian ilmiah.
b. Max Weber menjelaskan bahwa objek kajian sosiologi yaitu mempelajari tindakan sosial yaitu apabila tindakantersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain.
c. Emile Dyrkheim menjelaskan bahwa objek kajian sosiologi yaitu mempelajari fakta sosial yaitu cara berfikir,bertindak, dan perasaan yang ada di luar individu serta dapat mengendalikan individu.
d. Wright Mills menjelaskan bahwa objek kajian sosiologi yaitu memahami khayalan sosiologis yaitu memahami apa yang terjadi di dunia maupun yang ada di diri manusia.
e. Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa objek kajian sosiologi yaitu pemahaman sosiologi yaitu masyarakat yang dapat melihat dari sudut pandang hubungan antarmanusia dan proses yang di timbulkan.
Objek kajian sosiologi adalah masyarakat dengan menyoroti hubungan antarmanusia dan proses sebab akibat yang di timbulkan dari hubungan tersebut.
Sifat hakikat sosiologi
• sosiologi merupakan ilmu sosial dan displin ilmu
• sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni
• sosiologi merupakam ilmu pengetahuan umum
• sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak
• sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris dan rasional.

Cabang ilmu sosiologi
a) sosiologi agama yaitu ilmu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan agama
b) sosiologi keluarga yaitu ilmu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan keluarga
c) sosiologi pendidikan yaitu ilmu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan pendidikan
d) sosiologi ekonomi yaitu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan tata cara kegiatan ekonomi
e) sosiologi hukum yaitu ilmu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan hokum
f) sosiologi politik yaitu ilmu mempelajari hubungan kemasyarakat dengan politik
g) sosiologi industry yaitu ilmu yang mempelajari hubungan kemasyarakat dengan kegiatan industri
http://aeniashira1.blogspot.co.id/2015/01/fungsi-sosiologi-untuk-mengenali-gejala.html didunduh pada tanggal15 Desember 2015
http://satriabayuajiadventure.blogspot.co.id/2014/08/fungsi-sosiologi-dalam-mengenali-gejala.html diunduh pada tanggal 15 Desember 2015
Maryati, Kun dan Juju Suryawat. Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. 2013. Erlangga. Jakarta diunduh pada tanggal 15 Desember 2015
http://sosiologi-sman-1-cibeber-cikotok.blogspot.co.id/2015/01/materi-sosiologi-kelas-x-bab-1-fungsi.html diunduh pada tanggal 15 Desember 2015