bloggg

Postingan ini berisi mengenai ulasan tentang 10 blog teman yang bertujuan untuk menilai keunggulan, kelemahan dari blog tersebut serta saran perbaikan dari penulis.
Blog 1
a. Nama Pemilik : Mariska Yunita Apsari
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/
c. Keunggulan Blog :
Blog milik Mariska secara tampilan sudah rapi dan menarik. Profil pemilik juga sudah cukup lengkap ditambah lagi dengan adanya foto pemilik blog. Postingan di dalam blog juga menarik karena dilengkapi dengan gambar ilustrasi dari isi postingan.
d. Kelemahan Blog :
Meskipun profil pemilik blog sudah lengkap, akan tetapi profil atau deskripsi tentang blog tersebut belum ada. Selain itu, beberapa widget juga belum ada seperti jumlah pengunjung. Kelemahan lainnya yaitu dalam pemanfaatan kategori. Beberapa postingan di dalam blog masih ada yang memiliki kategori lebih dari satu.
e. Saran :
Untuk mempercantik blog, lebih baik widget-widget dilengkapi atau diperbaiki seperti jumlah pengunjung. Profil atau deskripsi tentang blog juga dilengkapi, bisa dimasukan ke dalam profil pemilik, atau di bagian widget dengan catatan tidak mengganggu tampilan. Kategori juga diperbaiki, untuk kategori yang hanya berisi satu postingan lebih baik dihapus. Saat memosting diperhatikan postingan tesrsebut termasuk kategori yang mana sehingga tidak ada postingan yang berkategori ganda dan membingungkan pembaca.

Blog 2
a. Nama Pemilik : Saka Mahardika Oktav Nugraha
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/sakapleng/
c. Keunggulan Blog :
Tampilan blog rapi, substansi dari blog juga sudah lengkap seperti profil dai pemilik blog yang disertai foto pemilik pula. Selain itu juga ada beberapa widget yang ditampilkan dengan kreatif seperti adanya scroll pada following blog. Selain itu artikel yang diposting juga bervariasi.
d. Kelemahan Blog :
Deskripsi tentang blog sangat diperlukan untuk mempermudah pembaca mengetahui sebenarnya tentang apa blog tersebut, akan tetapi dalam blog milik Saka belum dilengkapi dengan deskripsi tentang blog. Kategori juga salah satu aspek yang penting dalam sebuah postingan, akan tetapi kategori dalam blog milik Saka masih terdapat kekurangan karena belum ada kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA, padahal kedua kategori tersebut adalah wajib. Beberapa artikel juga tidak dilengkapi dengan sumber atau daftar pustaka.
e. Saran :
Lebih baik blog dilengkapi dengan deskripsi tentang apa blog tersebut, bisa ditambahkan di profil atau di bagian widget dengan catatan deskripsi tidak mengganggu tampilan blog. Kategori diperbaiki lagi agar lebih rapi, tambahkan kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA serta hapus beberapa kategori yang hampir sama misalnya silabus dimasukan saja ke dalam kategori Sosiologi SMA atau Antropologi SMA. Dalam menulis artikel disertakan sumber atau daftar pustaka agar terhindar dari kasus plagiasi.

Blog 3
a. Nama Pemilik : Frieda Nur Hapsari
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/frieda03/
c. Keunggulan Blog :
Dari segi tampilan blog milik Frieda walaupun simpel tapi sangat rapi dan tidak mengurangi keindahan blog. Profil pemilik dan deskripsi tentang blog juga sangat jelas. Beberapa widget ditampilkan dengan pas dan indah dilihat. Artikel yang diposting juga bervariasi sehingga dapat digunakan sebagai sumber bagi yang membutuhkan. Postingan blog juga menarik karena disertai gambar ilustrasi.
d. Kelemahan Blog :
Dalam blog tersebut masih terdapat kategori “uncategorized”. Pada widget link teman terlihat sangat panjang dan tidak dikasih scroll.
e. Saran :
Meskipun tampilan blog sudah rapi akan tetapi mungkin kalau font judul diubah pasti akan lebih menarik lagi. Pada widget link teman lebih baik dikasih scroll. Kategori “uncategorized juga lebih baik dihapus atau diganti menjadi kategori umum yang memuat postingan-postingan bersifat umum (bukan sosiologi dan antropologi).

Blog 4
a. Nama Pemilik : Reza Adi Nasuha
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/azzelins/
c. Keunggulan Blog :
Tampilan blog menarik, warna dan background sesuai sehingga tetap indah dilihat. Font tidak standar sehingga menambah keindahan blog, warna font yang dipilih juga memiliki kontras yang sesuai dengan warna background. Blog juga sudah dilengkapi dengan profil pemilik blog.
d. Kelemahan Blog :
Dalam blog milik Reza masih terdapat kategori “uncategorized”, selain itu juga sepertinya ada beberapa postingan yang tidak menggunakan kategori yang tepat. Jadi kategori belum dimanfaatkan secara baik.Meskipun profil pemilik sudah lengkap, akan tetapi deskripsi tentag blog tersebut belum ada.
e. Saran :
Untuk menambah informasi mengenai blog lebih baik disertai deskripsi tentang apa blog tersebut, bisa ditambahkan di bagian profil pemilik blog. Lebih diperhatikan lagi pemanfaatan kategori, jadi ketika mengupload postingan diperhatikan benar-benar itu termasuk kategori yang mana. Kategori kewirausahaan sepertinya lebih baik dihapus atau bisa disatukan ke dalam kategori yang sejenis misalnya kuliah atau umum, kategori “uncategorized” juga bisa diganti umum atau dihapus.

Blog 5
a. Nama Pemilik : Siti Zakiyatur Rofi’ah
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/Zakiyatur
c. Keunggulan Blog :
Blog sangat menarik, tampilan bagus dan memiliki warna yang pas. Blog sudah dilengkapi dengan profil pemilik blog serta deskripsi tentang apa blog tersebut sehingga menambah kelebihan dari blog tersebut. Postingan juga beraneka ragam sehingga dapat dijadikan sebagai sumber referensi.
d. Kelemahan Blog :
Kurang memperhatikan tampilan widget sehingga masih ada widget yang bertumpuk atau lebih dari satu. Ukuran widget juga ada yang terlihat sangat kecil dan kurang pas dipadukan dengan ukuran widget yang lain.
e. Saran :
Meskipun tampilan sudah menarik, akan tetapi ada widget yang terlihat sangat panjang dan sedikit mengganggu penampilan yaitu pada widget blog teman yang diikuti. Untuk mempercantik tampilan mungkin lebih baik jika widget blog teman yang diikuti dibuat scroll. Widget juga perlu diperhatikan ukurannya maupun jumla sehingga tidak ada widget yang ganda.

Blog 6
a. Nama Pemilik : Alfiyah
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/alfiyah/
c. Keunggulan Blog :
Dari segi tampilan blog milik Alfiyah menarik. Profil pemilik juga sudah ada termasuk contact pemilik yang bisa dihubungi. Postingan juga bermacam-macam sehingga akan memudahkan pengunjung yang mencari data atau sumber refernsi. Postingan juga sudah dilengkapi dengan gambar ilustrasi sehingga tampilan lebih menarik dan mempermudah pembaca karena memberikan gambaran tentang postingan tersebut.
d. Kelemahan Blog :
Blog “catatan tintaku” ini masih memiliki kekurangan antara lain pada deskripsi blog. Jadi meskipun sudah ada judul akan tetapi belum ada deskripsi tentang blog. Penempatan widget juga kurang diperhatikan sehingga menimbulkan kesan
e. Saran :
Lebih baik tampilan widget diperbaiki lagi agar lebih indah, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat widget menjadi dua sisi yaitu sisi kanan dan kiri. Tambahkan deskripsi blog yang mudah dibaca misalnya di bagian profil pemilik. Widget blog teman yang diikuti lebih baik dibuat scroll.

Blog 7
a. Nama Pemilik : Novita Windiarti
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/novita3011/
c. Keunggulan Blog :
Blog milik Novita sangat menarik dan bagus. Perpaduan warna juga sangat menambah kecantikan blog itu sendiri. Kelengkapan dari blog juga sudah terlihat. Postingan dalam blog semakin menarik karena disertai dengan gambar ilustrasi yang juga semakin memudahkan pembaca dalam memahami substansi postingan. Kreativitas pemilik blog sangat bagus dalam memanfaatkan fasilitas dari blog, salah satunya adalah logo site.
d. Kelemahan Blog :
Meskipun blog sangat menarik akan tetapi masih ada sedikit kekurangan. Widget dalam blog milik Novita masih ada widget bawaan dan belum diubah. Daftar blog teman juga terlalu panjang.
e. Saran :
Untuk menambah keindahan dan sebagai salah satu bentuk kreativitas lebih baik daftar blog teman dibuat scroll agar tidak menyita tempat. Widget juga perlu diedit sedikit.

Blog 8
a. Nama Pemilik : Daula Mega Safitri
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/damesa/
c. Keunggulan Blog :
Blog cukup menarik, dan sudah dilengkapi dengan profil pemilik blog sehingga memudahkan pembaca dalam mengetahui atau menghubungi pemilik blog. Postingan blog juga bervariasi sehingga dapat dijadikan sumber pustaka bagi yang membutuhkan.
d. Kelemahan Blog :
Deskripsi tentang blog sangat dibutuhkan agar pembaca mengetahui bahwa blog tersebut berisi tentang apa, akan tetapi blog milik Daula belum dilengkapi dengan deskripsi tentang blog tersebut. Selain itu, di dalam blog juga terdapat kategori yang cukup banyak dan tidak dimanfaatkan secara optimal.
e. Saran :
Untuk kategori diperbaiki lagi dan dimanfaatkan secara optimal. Uncategorized lebih baik dihilangkan daripada tidak terpakai. Tambahkan deskripsi tentang blog yang memuat blog tersebut adalah blog berisi tentang apa dan bagaimana. Selain itu tambahkan gambar ilustrasi pada postingan agar lebih menarik dan terlihat kreativitasnya.

Blog 9
a. Nama Pemilik : Siti Mukharomah
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/sitimukharomah31/
c. Keunggulan Blog :
Tampilan blog cukup menarik. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan profil pemilik blog. Beberapa widget juga sudah lengkap yang menambah informasi tentang blog tersebut.
d. Kelemahan Blog :
Penempatan widget di sidebar sebelah kiri membuat tampilan blog terlihat bertumpuk. Jarak antara widget dengan postingan juga membuat blog terlihat penuh, sedangkan di sidebar sebelah kanan kosong sehingga menimbulkan kesan bertumpuk di sebelah kiri
e. Saran :
Lebih baik penempatan widget diperbaiki lagi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membagi widget di sidebar kanan dan kiri supaya terlihat tidak bertumpuk dan seimbang. Selain itu, widget jumlah pengunjung blog lebih baik ditaruh di bagian atas agar terlihat, begitu pula dengan widget kategori dan jumlah teman. Atau bisa juga kedua widget tersebut ditaruh di sidebar kanan.

Blog 10
a. Nama Pemilik : Dwi Rokhayati
b. Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/dwirokhayati11/
c. Keunggulan Blog :
Tampilan blog sederhana akan tetapi tetap terlihat bagus dan elegan. Warna yang dipilih sesuai dan cocok dengan tema blog. Setiap postingan juga disertai gambar ilustrasi sehingga membantu pembaca dalam memahami isi postingan. Gambar sampul atau latar belakang juga sesuai dengan pemilihan warna pada blog. Artikel yang diposting bervariasi.
d. Kelemahan Blog :
Karena temanya berbentuk magazine, maka widget berada di bagian bawah sehingga ketika melihat sekilas seolah tidak ada widget.
e. Saran :
Uncategorized lebih baik dihapus saja karena hanya berisi satu postingan.. Selain itu, beberapa widget juga mungkin lebih baik jika dipindah posisi.