No. 1

Komentator     : Nurul Arifin

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/nurularifin/

Tanggapan Kelebihan : menurut pak arifin blog saya sendiri sudah tersusun rapi dan sangat menarik, terimakasih atas pujiannya pak.

Tanggapan Kekurangan : menurutnya lagi namun penerapan picture dalam setiap postyingannya perlu dirapihkan lagi, nanti akan saya rapihkan lagi supaya lebih menarik dan banyak pembaca.

Saran               : –

No. 2

Komentator     : Arum Yuni Astuti

Alamat Blog    : https://blog.unnes.ac.id/arumyuni

Tanggapan Kelebihan/Keungulan   : menurut mba arum, postingan Artikel saya sudah lengkap dari materi – materi sosiologi dan antropologi, dari kelas I,XI dan XII. Tulisannya juga menarik dibaca karena rapi dan mudah untuk membacanya. Trimakasih mba aruum.

Tanggapan Kekurangan/Kelebihan: namun menurut mba arum, postingan  artikelnya ada yang belum di beri gambar, nanti akan saya beri gambar lagi supaya menarik. Dan pada profil terlalu singkat tidak diberi tujuan pemilik blog membuat blog, temanya terlalu sederhana. Nanti akan saya berikan variasai supaya lebih menarik

Tanggapan saran : trimakasih mba arum atas komentar dan sarannya, untuk gambar sendiri nanti akan saya tambahi lagi supaya lebih menarik. Untuk profil nanti akan saya tambahkan lagi supaya lebih lengkap dan temannya akan saya berikan gambar.

No. 3

Komentator     : Elma Maharani

Alamat Blog    : https://blog.unnes.ac.id/maharanielma

Tanggapan Kelebihan Blog : menurut mba elma, tampilan blog sangat simple dengan judul artikel yang komunikatif dan sangat membantu pembaca. Trimakasih atas pujiannya mba elma.

Tanggapan Kekurangan Blog : menurut mba elma, pada bagian judul blog masih terkesan sepi karena dari segi judulnya kurang menarik dan tidak dilengkapi dengan header yang sesuai untuk membantu menggambarkan isi blog. Pada bagian profil juga tidak dicantumkan deskripsi blognya. Pada bagian daftar teman yang diikuti penulisannya sangat memakan tempat karena tidak diberi scroll dan jaraknya terlalu banyak. Nanti akan saya rapikan lagi dan saya benahi agar lebih menarik. Sangat memotivasi sekali mba elma

Tanggapan Saran dan Usulan Tambahan / Perbaikan : trimakasih atas komentar dan saran dari mbak elma, nanti akan saya perbaiki semua supaya blog saya lebih menarik dan menambah minat pembaca

No. 4

Komentator     : Anis Istiqomah

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/anisistiqomah

Kelebihan Blog : menurut mba anis tampilan blog saya sudah bagus. Materi yang di posting juga sudah lengkap dan sudah di lengkapai dengan kategori-kategori materi. Widget yang di tampilkan sudah lengkap dan menarik. Terimakasih atas pujiannya mba anis

Kelemahan Blog : menurut mba anis kelemahan blog saya yaitu untuk postingan meteri nya ada yang belum diberi gambar. Dan masih ada yang belum di uncategoriz. Nanti akan saya berikan gambar yang sesuai dengan materi supaya lebih menarik dan saya akan menghapus uncategorized

Tanggapan saran : terimakasih mba anis atas komentar dan sarannya. Untuk gambar pada arrtikel nanti akan saya tambahi lagi supaya gambar bisa terkait dengan materi dan menambah minat pembaca.

No. 5

Komentator     : Lia Suprapti

Alamt blog      : https://blog.unnes.ac.id/liasuprapti

Tanggapan Kelebihan/Keunggulan : menurut mba lia Tampilan blog saya sangat simple. Warna soft dalam blog menyebabkan tampilan blog semakin menarik. Terimakasih mba lia atas pujiannya.

Tanggapan Kekurangan/kelemahan : namun menurut mba lia, Jarak antar following dalam blog terlalu jauh. Selain itu widget pada jumlah pengunjung terlalu kecil, sehingga audience susah untuk membaca berapa jumlah pengunjung blog. Selain itu penulisan judul artikel tidak sesuai dengan EYD. Nanti akan saya atur jarak following supaya lebih rapi dan mengganti jumlah pengunjung agar lebih jelas.

Tanggapan saran : Trimakasih atas komentar dan sarannya mba lia, sangat memotivasi sekali agar tampilan blog saya lebih baik. Nanti akan saya rapikan lagi terkait following dan jumlah pengunjung. Untuk isi artikel nanti akan saya rapikan kembali.

No. 6

Komentator     : Silvia Alfiyani

Alamat Blog    : https://blog.unnes.ac.id/silviaalfiyani

Tanggapan Kelebihan/Keunggulan : menurut mba silvi Tampilan blog sudah menarik, kriteria-kriteria seperti kategori, profil pemilik blog, dan juga link teman sudah ada. Artikel yang diposting juga sangat bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih pujiannya mba silvi. Sangat memotivasi.

Tanggapan Kekurangan/Kelemahan : namun menurut mba silvi Untuk artikel-artikel yang diposting beberapa ada yang belum masuk kategori. Tapi Saya sudah memasukkan kategori lebih lanjut mba silvi

Tanggapan saran : trimakasih mba silvia atas komentar dan sarannya, untuk artikel sudah saya kategorikan semua mba. Dan untuk gambar dalam tampilan akan saya tambahkan lagi agar lebih menarik.

No. 7

Komentator     : Fitria Maria Ulfah

Alamat Blog    : https://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah

Tanggapan Kelebihan / keunggulan : menurut mba fitri, Tampilan blog simple dan rapi. Artikel yang diposting sudah bervariasi serta visitor, profil, identitas blog sudah baik, link teman sudah memenuhi ketentuan. Terimakasih atas pujiannya mba fitri

Tanggapan Kekurangan/kelemahan : namun menurutnya, blog saya Masih terdapat artikel yang tidak disertai gambar membuat tampak tidak begitu menarik. Serta link blog teman tidak menggunakan scroll menjadikan terlihat tidak rapi, masih terdapat artikel yang masuk pada uncategories. Serta terdapat dua profil dalam satu blog. Nanti akan saya berikan gambar dan merapikan lagi supaya menarik.

Tanggapan saran         : trimakasih mba fitri atas komentar dan sarannya, sangat memotivasi untuk mengembangkan blog supaya lebih bagus. Nanti akan saya tambahi gambar-gambar agar lebih menarik dan merapikan widget supaya rapi.

No. 8

Komentator     : Siti Zakiyaturrofiah

Alama blog      : https://blog.unnes.ac.id/zakiyatur/

Tanggapan Kelebihan/keunggulan : menurut mba rofi kelebihan dari tampilan blog ini yaitu artikel yang diposting sudah lengkap dan bervariasi, untuk materi SMA dari Mata Pelajaran Sosiologi SMA dan Antropologi SMA sudah lengkakap semua mulai dari kelas satu sampai kelas 3 beserta silabusnya juga, semua kriteria sudah ada mulai dari profil, visitor, kategori, profil dan link teman juga sudah ada. Terimakasih atas pujiannya mba rofi. Sangat memotivasi.

Tanggapan Kekurangan/kelemahan : menurut mba rofi kekurangan dari blog ini yaitu masih ada artikel yang masuk dalam uncategories, artikel yang di posting belum memakai gambar semua, ada dua profil dalam satu blog. Semoga membangun dan menjadikan blog anda lebih menarik lagi kedepannya. Nanti akan saya hapus uncategorizednya dan lebih memberikan gambar pada artikel.

Tanggapan saran : trimakasih atas komentar dan sarannya mba rofi, untuk saran uncategories akan saya hapus dan saya akan mengatur ulang jarak link teman agar lebih menarik.

No. 9

Komentator     : Sekar Arum Ngarasati

Alamat Blog    : https://blog.unnes.ac.id/sekararumngarasati

Kelebihan / keunggulan : menurut mba ayas Tema dalam blog yang digunakan menarik sehingga menambah daya tarik pembaca. Konsisten dalam penggunaan bahasa. Artinya, di dalam blog pada menu maupun widget semuanya menggunakan bahasa Inggris.  Letak widget sesuai dengan tema sehingga tidak mengganggu postingan dalam blog. Postingan di dalam blog terdapat gambar yang ada kaitannya dengan materi walaupun ada beberapa yang tidak ada gambarnya. Trimakasih atas pujiannya mba ayaas.

Kekurangan/kelemahan : namun menurut mba ayas, Kurang konsisten meletakkan gambar pada postingan karena ada postingan yang tidak ada gambarnya. Profil tentang pemilik blog ada dua yaitu, pada menu about me dan pada widget. Tidak mencantumkan tujuan pembuatan blog tersebut. Nanti akan saya tambahkan gambar lebih banyak supaya lebih menarik lagi dan menghapus salah satu profil.

Tanggapan saran : trimakasih mba ayas atas komentar dan sarannya. Sangat memotivasi sekali untuk lebih lanjut mengembangkan blog agar banyak pengunjung. Untuk profil nanti akan saya hapus salah satunya agar tidak terjadi tumpang tindih informasi. Dan untuk judul saya sudah memberikan keterangan bab pada blog saya. Kategori yang saya canangkan menurut saya sudah memperjelas bahwa isi dari kategori adalah artikel-artikel mengenai sosiologi dan antropologi.

No. 10

Komentator     : Sefira Rizki Ayu Anindia

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/sefirariz/

Tanggapan Kelebihan : menurut mba sefira Blog sudah rapi rata kanan kiri di setiap artikelnya. Judul artikel sudah menarik untuk daya tarik minat pembaca/pengunjung blog. Profil pemilik blog juga sudah sangat tertulis lengkap dan sangat mudah dibaca/dilihat pengunjung blog karena berada di atas laman blog. Trimakasih pujiannya mba sefira.

Tanggapan Kekurangan : namun menurut mba sefira Blog belum disertai background sehingga terlihat sangat polos dan kurang menarik. Kategori juga kurang jelas dan terlalu sederhana misalnya, kategori pada materi SMA hanya di berikan kategori “Sosiologi” atau “Antropologi” saja tidak ada keterangan SMA. Selain itu kategori “uncategorized” juga masih ada. Nanti akan saya perjelas penamaan pada kategori dan menghapus uncategrized.

Tanggapan Saran : Terimakasih mba sefira atas komentar dan sarannya. Tentunya sangat membantu saya untuk mengembangkan blog agar lebih menarik. Untuk gambar sendiri nanti akan saya berikan gambar-gambar yang menjadi ciri khas blog saya, dan saya akan menghapus uncatogorized agar lebih jelas.

No. 11

Komentator     : Dwi Rokhayati

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/dwirokhayati

Tanggapan Kelebihan/keunggulan : menurut mba dwi tagline pada blog menarik dan dapat meningkatkan semangat untuk belajar Sosiologi dan Antropologi. Artikel yang di posting cukup menarik dan bermanfaat sekali untuk pembelajaran sosiologi dan antropologi serta sudah lengkap dengan daftar pustaka (sumber). Trimakasih atas pujiannya mba dwi

Tanggapan Kekurangan/kelemahan : namun menurut Profil pemilik blog kurang bisa menjelaskan isi blog dan format penulisannya sedikit kurang rapi. Sekilas blog terlihat monoton / flat. Untuk counter terlihat kurang jelas. Nanti akan saya perjelas lagi mba dwi dan memberikan variasi agar tidak monoton.

Tanggapan saran : trimakasih mba dwi atas komentar dan sarannya. Sangat membangun sekali. Untuk tema nanti akan saya beri gambar agar tidak monoton supaya lebih menarik dan hit counter nanti akan saya ganti agar lebih jelas

No. 12

Komentator     : Uke Pramudhita

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/ukepramudita/

Tanggapan Kelebihan/keunggulan:

Menurut mba uke, Tampilan pada blog bagus, kriteria-kriteria seperti profil, kategori, link teman sudah lengkap. Materi maupun artikel yang di posting sangat menambah pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih pujiannya mba uke.

Tanggapan Kekurangan/kelemahan:

Namun menurut mba uke Untuk postingan materi atau artikel masih ada yang masuk dalam uncategoris. Nanti saya akan memindahkannya dan menghapus uncategorized.

Tanggapan saran : trimakasih komentar dan sarannya mba uke, sangat memotivasi sekali. Nanti akan saya lengkapi dengan gambar-gambar supaya lebih menarik pembaca dan lebih merapikan link.

No. 13

Komentator    : Tyas Dika Oktaviana

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/bloktyas/

Tanggapan Kelebihan: menurut mba tyas artikelnya sudah bagus dan lengkap. Trimakasih pujiannya mba tyas.

Tanggapan kelemahan: namun menurut mba tyas artikelnya belum konsisten, ada yang diberi gambar ada yang tidak, materi sosiologi dan antropologi SMA seharusnya di buat kategori sendiri seperti yang sudah pak bayu minta, kategori untuk SMA harus di buatkan kategori sendiri yang berjudul sosiologi SMA atau yang lainnya. Nanti akan saya perbaiki lagi supaya mempermudah dalam pencarian.

Tanggapan saran : trimakasih atas komentar dan sarannya mba tyas.

No. 14

Komentator     : Annisa Luthfiani

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/annisaluthfiani/

Tanggapan Kelebihan  : menurut mba annisa, blog saya sangat rapi. Letak widget-widgetnya mudah untuk dicari. Penulisan artikelnya juga sangat diperhatikan oleh penulis sehingga artikel yang diposting minim sekali terdapat kesalahan penulisan. Trimakasih pujiannya mba annisa.

Tanggapan Kekurangan : namun menurutnya, masih ada artikel yang diposting tidak memiliki kategori (uncategorized) nanti saya akan menghapusnya

Tanggapan saran  : trimakasih mba caca atas komentar dan sarannya. Sangat bermanfaat sekali untuk perbaikan blog agar lebih bagus. Untuk uncategorized akan saya hapus demi keindahan blog.

No. 15

Komentator     : Aenny Marroh Ukhti N.F

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/aennymarroh/

Tanggapan Kelebihan/keunggulan: menurut mba ulva, Blog sudah cukup menarik, background dengan font style sudah matching. Terdapat identitas pemilik blog yang lengkap. Trimakasih atas pujiannya mba ulva.

Tanggapan Kekurangan/Kelemahan: namun menurutnya postingan artikel kurang disertai gambar yang relevan, nanti saya akan menambahkan gambar yang relevan supaya lebih menarik.

Tanggapan saran : trimakasih mba ulva atas saran dan komentarnya. Sangat memotivasi sekali. Untuk gambar-gambar nanti akan saya tambahkan lagi agar lebih menarik.