• Penyerapan Limbah Logam Berat Dari Cangkang Telur

    Penyerapan Limbah Logam Berat Dari Cangkang TelurSekumpulan mahasiswa UGM sukses menjadikan terobosan anyar yaitu meningkatkan inovasi perangkat yang dapat menyerap limbah logam bobot.

    Inovasi penyerap limbah logam bobot ini di kembangkan oleh memakai limbah cagkang telur ayam. Perangkat yang dinamakan Eggshell Adsorbent atau Ellbent ini sukses mendapatkan dana hibah riset besutan Dikti lewat Program Kreatifitas Mahasiswa bagian Riset Eksakta 2018.

    Merupakan Muhamad Khairi Mahfudz (Fakultas Peternakan 2017), Frida Prasetyo Utami (Fakultas Biologi 2017), serta Sigit Fitriyanto (Fakultas MIPA 2015) penggagas perangkat inovatif ini. Diarahkan dengan Prof. Dr. Ir. Nurliyani, M. S., ketiganya Ngotakatik memproses limbah cangkang telur ayam yang sedikit digunakan dengan cara maksimal dengan orang-orang berubah menjadi perangkat berharga manfaat.

    “Dalam cangkang telur ayam memiliki kandungan kalsium karbonat yang bisa mengikat logam bobot misal kadmium selanjutnya limbah industri batik, ” jelas Khairi, Senin (16/7) di UGM.

    Khairi menyampaikan inspirasi Ngotakatik pengembangan perangkat ini berawal besutan keprihatinan bagi pencemaran limbah logam bobot, yaitu kadmium dalam industri batik. Dalam produksi pembuatan batik yang sebagian besar memakai pewarna sintetis, ada resiko pencemaran kadmium yang kadarnya dalam jumlahnya kecil bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

    Selain itu, pemrosesan limbah industri batik oleh adsorben, misal karbon aktif, zeolit, ataupun adsorben sintetis memerlukan cost lumayan mahal. Perihal ini membuatnya tidak sering dipakai dalam system IPAL industri batik terutamanya selanjutnya babak akhir.

    “Padahal, pemakaian adsorben adalah hal terpenting yang perlu dipakai dalam pemrosesan Ngotakatik air limbah. Karena itu kita berupaya meningkatkan penyerap limbah kadmium yang dapat dijangkau yaitu besutan cangkang telur ayam, ”paparnya.

    Pembuatan perangkat ini dikerjakan oleh memproses cangkang telur dalam beberapa proses, misal dihaluskan, dioven, serta diaktivasi. Selain itu, hasil akhir berbentuk bubuk cangkang telur ayam dibungkus dalam kantung teh supaya unggul praktis.

    “Penelitian tunjukkan hasil Ngotakatik positif yakni adsorben besutan limbah cangkang telur ini mempunyai efektivitas sampai 90. 25 %, ” katanya.

    Kedatangan perangkat ini diinginkan bisa berubah menjadi jalan keluar pencemaran limbah kadmium selanjutnya industri batik. Tidak cuma itu saja, pula diinginkan dapat kurangi cost pengeluaran pemrosesan air limbah. (Humas UGM/Ika)

     

    Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/16567-penyerap.limbah.logam.berat.dari.cangkang.telur.inovasi.mahasiswa.ugm

    Categories: Sosial

    Tags: ,

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: