5 Bahaya yang Mengintai di Balik Segarnya Es Teh

5 Bahaya yang Mengintai di Balik Segarnya Es Teh

Di tengah hari yang terik dan panas, segelas es teh manis segar pasti bisa menyegarkan tenggorokan yang kering.

Apalagi ketika segelas es teh manis ini dicampur dengan irisan lemon atau buah segar. Meskipun minum es teh memang menyegarkan dan teh juga punya berbagai manfaat positif untuk kesehatan namun minum es teh manis atau es teh biasa juga memberikan risiko tersendiri. Namun berapa banyak es teh yang dianggap buruk untuk kesehatan?

Ada beberapa masalah yang mungkin timbul ketika terlalu banyak minum es teh.

Lihat juga: resep hidup sehat dengan cuci tangan

1. Diabetes

Es teh manis tentunya mengandung gula untuk memberikan rasa manis. Rasa manis dalam es teh manis ini akan menyegarkan dan menambah energi. Namun hati-hati, kandungan gula yang terlalu tinggi dalam gula akan berisiko membuat Anda terserang diabetes.

2. Batu ginjal dan masalah ginjal

Mengutip Elite Readers, seorang pria dilaporkan minum setidaknya 16 gelas es teh hitam setiap hari. Dia pun mengalamai banyak efek negatif untuk kesehatannya, terutama dalam urusan kesehatan ginjal.

“Hanya ada satu penjelasan yang masuk akal”, kata Umbar Ghaffar, dokter dari Medical Sciences di Little Rock, Arkansas dikutip dari CBS News.

Dia mengungkapkan bahwa teh hitam memang memiliki banyak manfaat kesehatan tapi juga punya senyawa kimia yaitu oxalate yang bisa membuat gagal ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

3. Penyakit kardiovaskular

Jangan lupa bahwa es teh khususnya teh hitam mengandung kafein. Terlalu banyak minum teh dan juga kafein akan berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular.

“Semua teh hitam mengandung kafein, hal ini baik dikonsumsi jika memiliki tekanan darah tinggi atau denyut jantung yang cepat. Ini akan membuatnya jadi makin buruk”, kata Suzanne Steinbaum, Direktur dari Lembaga Kesehatan Perempuan di Lenox Hill Hospital, New York kepada Everyday Heatlh.

Lihat juga: 5 Mesin makanan ukm agar usaha makanan semakin melesat

4. Obesitas

Kandungan gula yang tinggi juga berbahaya untuk berat badan Anda. Merek-merek teh manis terkenal biasanya memiliki 250 kalori.

5. Stroke

Siapa sangka minum es teh manis bisa berisiko  menyebabkan stroke. Ini terjadi karena es teh bisa meningkatkan jumlah trigriserida dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.