• Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Sederhana

    mengukur kepuasan pelanggan

    Mengukur kepuasan pelanggan, merupakan tindakan penting bagi para pengusaha agar bisa mengetahui seberapa sukses kah produk atau jasa yang mereka jual ke pelanggan. Tanpa mengukur kepuasan pelanggan, mana mungkin seorang pengusaha yang memiliki sebuah bisnis tahu bila produk yang dijual diterima oleh pelanggan atau tidak.

    Banyak pengusaha-pengusaha yang baru memulai bisnisnya, tidak mengukur seberapa puaskan pelanggan mereka. Yang dimana rata-rata pengusaha tersebut kehilangan banyak pelanggan, dan kesulitan dalam menjalankan bisnis.

    Berbeda jika pengusaha tersebut mau mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk mereka, dan mau mendengar masukan dari para pelanggan. Maka kemungkinan mereka kehilangan pelanggan prosentasenya akan sangat kecil. Karena pengusaha tersebut, pastinya akan melakukan perbaikan agar tidak kehilangan peluangnya.

    Dan pertanyaannya, bagaimana kah cara mengukur kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode sederhana yang sudah ada. Memang menurut buku yang dibuat oleh Kotler, et al., (1996) ada 4 metode yang bisa anda coba untuk mengukur kepuasan pelanggan, dan berikut metodenya saya jabarkan secara lengkap.

    4 Metode Sederhana Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

    1# Survey Secara Online Keluhan Dan Saran

    Tujuan dari dibuatnya sebuah laporan kepuasan pelanggan adalah, agar pengusana atau manajemen mengerti kekuatan dari produk maupun jasa yang di jual ke pelanggan. Salah satu cara terbaik agar dapat mengetahui apakah pelanggan puas atau tidak adalah membuka layanan secara online keluhan dan saran.

    Anda bisa berinteraksi kepada pelanggan anda melalui social media, email maupun kotak saran. Agar para pelanggan mau membuat saran maupun keluhan. Anda bisa memberikan diskon bila anda dikirim sebuah saran maupun keluhan setiap produk yang dijual.

    2# Meneliti Sendiri Produk Yang di Jual

    Untuk metode sederhana kali ini, dimana cukup anda mempekerjakan sebuah tim konsultan khusus atau penyedia jasa riset pasar. Yang bertugas untukĀ  Membeli barang atau mencoba jasa dari bisnis yang dijalankan. Kemudian, tim tersebut membuat laporan tentang apa saja yang harus diperbaiki.

    Tentunya dalam memilih tim konsultan untuk mengukur kepuasan pelanggan tidak boleh sembarangan. Melainkan harus professional dan terpercaya. Karena dalam mengukur kepuasan pelanggan, harus bicara jujur apa adanya. Serta bisa memberikan solusi kepada pengusaha agar bisa memperbaiki kekurangan dari produk maupun jasa yang ditawarkan.

    3# Observasi Pelanggan Yang Tidak Membeli Lagi

    Kemudian metode ke tiga adalah, dengan cara observasi atau melakukan pengamatan secara mendalam. Kenapa pelanggan tidak membeli lagi atau menggunakan lagi produk jasa yang ditawarkan. Dimana cara ini bisa anda lakukan sendiri dengan turun langsung melihat bisnis anda berjalan. Atau dengan mengamati kondisi pasar, apakah ada pesaing atau layanan yang diberikan kurang memuaskan pelanggan.

    Agar bisa mengetahui apakah pelanggan kembali lagi atau tidak dengan cara, mencatat pembelian yang dilakukan pelanggan tersebut. Dengan meminta mengambil datanya, seperti nama dan alamat. Kemudian, ketika pelanggan kembali lagi maka namanya sudah ada didata tersebut.

    Jadi ketika data sudah dikumpulkan dalam rentang waktu tertentu, anda bisa mengetahui berapa persen pelanggan kembali lagi atau tidak. Dan anda bisa membuat laporan sendiri mengenai data yang anda peroleh, dan mulai memperbaiki apa saja yang kurang dari bisnis tersebut.

    4# Melakukan Survey Kepuasan Dengan Wawancara

    Pada bagian terakhir, metode ini cukup sering digunakan oleh banyak pengusaha dalam mengukur seberapa puas para pelanggan. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara yang saya sampaikan pada point 1. Yang membedakan adalah, metode survey kepuasan pelanggan ini harus dilakukan dengan cara wawancara setelah pelanggan telah membeli barang maupun jasa yang dijual.

    Anda bisa meminta data seperti Nama, alamat, dan No tlp yang bisa dihubungi. Dan anda bisa melakukan wawancara dengan cara menelpon, lalu menanyakan pertanyaan berikut ini :

    • Apakah Anda Puas Dengan Produk Yang Kami Jual ?
    • Apakah Ada Kesulitan Dengan Menggunakan Produk Kami ?
    • Apakah Ada Keluhan Dari Produk Kami?
    • Bagimana Perasaan Anda Setelah Menggunakan Produk Kami ?
    • Berapa Penilaian Anda Dalam Angka 1-10 Mengenai Produk Kami ?

    Ingat dalam mengajukan pertanyaan wawancara tidak boleh bertele-tele. Dimana anda wajib menghargai waktu dari pelanggan yang akan anda wawancara. Apabila mereka menjawab singkat, tidak perlu lagi anda menanyakan secara jelas. Hargai para pelanggan, dan hadapi dengan sabar untuk setiap wawancara.

    Demikian tulisan ini dibuat, untuk teman-teman yang ingin mencari data kepuasan pelanggan untuk tugas mata kuliah maupun tugas dari dosen. Semoga bermanfaat.

    Sumber referensi : http://surveycenter.co.id

    Categories: Bisnis

    Tags: , , , ,

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: