Cara Membuat Kabel UTP Straight Atau Cross

Susunan utama dalam membuat kabel UTP Straight adalah sama, jadi posisi antara warna pada kabel UTP sama, seumpama pada posisi kanan dan kiri harus sama pada RJ45, ini termasuk yang paling mudah, dan biasanya kabel UTP model Straight ini digunakan pada perangkat LAN antara Satu komputer ke dengan perangkat lain, tapi sekarang ini support ke semua perangkat kok.Untuk lebih jelasnya berikut Fungsi / Penggunaan Kabel UTP Straight untuk perangkat ;

Menghubungkan antara computer dengan switch
Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
Menghubungkan switch ke router
Menghubungkan hub ke router
Sebelum menyusun kabel UTP Straight ini perhatikan susunan kabel pada gambara dibawah ini;

kabel-jaringan-model-straight

susunan-kabel-straight-pada-rj45

Untuk Cara membuatnya silahkan anda bisa mengikuti panduan membuat kabel UTP straight dibawah ini;

1. Kupas ujung kabel UTP sekitar 2 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong ratakan ujungnya dengan memotong dengan Crimping tools, jika kurang jelas susunan kabelnya bisa anda lihat gambar dibawah ini;
kabel-utp-straight

2. Susun Kabel yang sudah dikelupas tadi persis gambar diatas, kemudian masukkan ke RJ45 baik sisi kanan maupun sisi kiri sampai pentok ya, untuk lebih jelas berikut urutan kabel dari urutan pin ke 1 sampai ke 8;

Orange Putih >> Pin 1
Orange >> Pin 2
Hijau Putih >> Pin 3
Biru >> Pin 4
Biru Putih >> Pin 5
Hijau >> Pin 6
Coklat Putih >> Pin 7
Coklat >> Pin 8.
3 . Masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.

kabel-masuk-rj45 krimping-kabel-utp45

4. Sekarang Anda sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.

5. Kini waktunya anda test kabel tersebut dengan testing UTP – RJ45 pastikan semua lampu indikator pada pin 1-8 nyala, jika sudah nyala berarti semua sudah benar, tetapi jika ada lampu yang tidak menyala, silahkan anda bisa ulangi lagi dengan teliti cara Menyusun Kabel UTP Model Staraight diatas.

Cara Menyusun Kabel UTP Cross Over
Setelah kita menyusun model kabel straight diatas kini saatnya kita mencoba untuk menyusun Kabel UTP Cross Over, adapun langkahnya hampir sama persis sama penyusunan model straight cuma yang harus perhatikan adalah susunan kabel pada tiap pin 1- 8 beda, adapaun rumus penyusunan kabel UTP Model Cross Over adalah sebagai Berikut :

Susunan Kabel UTP Cross Over
PIN Ujung Kabel 1 Ujung Kabel 2
1 Orange Putih Hijau Putih
2 Orange Hijau
3 Hijau Putih Orange Putih
4 Biru Biru
5 Biru Putih Biru Putih
6 Hijau Orange
7 Coklat Putih Coklat Putih
8 Coklat Coklat
kabel-utp-cross-over

Secara sederhana dari tabel diatas bisa disimpulkan untuk penyusanan kabel yang dirubah / bertukar posisi adalah

Pin 1 > 3 ( Ganjil ke ganjil )
Pin 2 > 6 ( genap ke genap )
Pin 3 > 1 ( ganjil ke ganjil )
Pin 6 > 2 ( genap ke genap )
Untuk langkah pembuatan kabelnya silahkan bisa ikuti panduan diatas yang sudah saya jelaskan dalam merangkai kabel UTP straight, prosesnya hampir sama semua, yang membedakan adalah kabel yang bertukar ini, Jadi bisa disimpulkan untuk penyusunan Kabel Straight posisi kabel sama baik di ujung kabel 1 dan 2 sedangkan untuk penyurunan kabel UTP cross over yang berubah adalah posisi 1,2,3 dan 6, jadi ganjil ke ganjil dan genap ke genap, yang dirubah cuma 2 tempat kok, untuk validasi akhir apakah proses semua yang dikerjakan berhasil silahkan bisa di tes dengan alat tes RJ-45 kabel UTP nya, untuk lampu menyala pada cross over akan lompat-lompat tetapi pastikan semua lampu nyala ya, jika tidak ulangi lagi sampai berhasil.

Refrensi : deenugraha.wordpress.com

Sedikit penjelasan dari saya mengenai Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Over, semoga bisa membantu dan menambah wawasan kita semua dalam mempelajari dunia komputer baik jaringan dan perangkat lainnya, cukup singkat dan mudah kan selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: