Rangkuman Materi Sosiologi Kelas X SMA “Gejala Sosial dalam Masyarakat”

A. Mengenali Gejala Sosial dalam Masyarakat

Materi-materi sosiologi sebelumnya dapat membantu teman-teman untuk mengenali gejala-gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Untuk mempermudah kalian untuk memahami materi ini, saya rangkum sedikit tentang keterkaitan konsep dasar sosiologi dengan gejala sosial yang terjadi di masyarakat.

  1. Interaksi Sosial

Konflik antarsuku bangsa. Interaksi sosial dalam masyarakat ultikultural seperti Indonesia seringkali memicu konflik antarsuku bangsa.

  1. Kelompok Sosial

Penyimpangan kelompok sosial. Kelompok sosial yang terbentuk dalam masyarakat adakalanya cenderung menyimpang seperti contohnya geng motor, kelompok anak-anak punk, dan terorisme.

  1. Perubahan Sosial

Kemrosotan nilai moral budaya bangsa atau demoralisasi dalam masyarakat. Perubahan sosial yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan masuknya nilai-nilai budaya asing yang bersifat negatif, lebih bebas, dan permisif (serba membolehkan) sehingga memengaruhi nilai-nilai moral budaya bangsa yang dianut masyarakat setempat.

  1. Pelapisan Sosial

Kesenjangan sosial dalam masyarakat. Adanya pelapisan seringkali memicu kesenjangan sosia di dalam kehidupan masyarakat.

  1. Kebudayaan

Pengadopsi nilai-nilai budaya barat di kalangan remaja. Kebudayaan barat seringkali diadopsi oleh kalangan remaja, dewasa ini karena lebih dianggap modern. Ironisnya, nilai-nilai luhur budaya bangsa semakin jauh ditinggalkan karena dianggap kuno atau ketinggalan jaman.

B. Ragam Gejala Sosial

  1. Penurunan Kualitas Moral

Menurut Brooks dan Gable (1997) mengatakan bahwa demoralisasi berhubungan dengan rendahnya standar moral dan penetapan nilai serta norma dalam masyarakat.

  1. Terorisme

Terorisme adalah tindakan yang membuat kerusakan-kerusakan di daam masyarakat dengan tujuan menyebabkan rasa takut serta mengancam keselamatan publik. Tindakan ini muncul salah satunya akibat adanya rasa ketidakadilan dan pemahaman keagamaan yang sempit. Tindakan terorisme dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa mengenal suku, ras, dan agama. Motif yang digunakan pun bermacam-macam. Contohnya jatuhnya korban jiwa dan materi, menurunnya pendapatan di sektor pariwisata, dan adanya rasa takut akan keselamatan jiwa (trauma).

  1. Disorganisasi Keluarga

Adalah perpeccahan keluarga sebagai unit. Karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosial. Beberapa bentuk disorganisasi sosial, yaitu keluarga yang tidak lengkap karena hubungan di luar perkawinan, karena putusnya perkawinan, karena kurangnya komunikasi antaranggota keluarga, dan karena krisis keluarga.

  1. Kemiskinan

Merupakan suatu keadaan di mana masyarakat mengalami kesenjangan antara pendapatan dengan kebutuhan. Keadaan ini disebabkan oleh keterbatasan manusia untuk mengembangkan dirinya secara ekonomis sepadan dengan orang-orang di sekitarnya.

  1. Kenakalan Remaja

Adalah semua perbuatan anak remaja yang berusia belasan tahun yang berlawanan dengan ketertiban umum (nilai dan norma yang diakui bersama) yang ditunjukan pada orang lain, binatang dan barang-barang yang dapat menimbulkan kerugian pada pihak lain. Contohnya tawuran, geng motor, narkoba, dll.

  1. Perilaku Menyimpang

Robert M.Z. Lawang (dalam Pengantar Sosiologi, 1980) berpendapat bahwa penyimpangan sosial adalah tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari pihak berwenang untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang tersebut. Perilaku menyimpang batasannya ditentukan oleh norma-norma kemasyarakatan yang berlaku dalam suatu budaya. Jadi, suatu tindakan yang mungkin pantas dan diterima dalam suatu situasi, mungkin tidak pantas diterapkan dalam situasi lainnya.

  1. Keberagaman Kelompok Sosial dan Budaya

Merupakan gejala sosial yang sering kita hadapi daam kehidupan bermasyarakat kita sehari-hari. Dalam masyarakat multikultural, keanekaragaman suku bangsa, agama, serta stratifikasi sosial telah menumbuhkan kelompok-kelompok sosial dan budaya yang berjalan sendiri-sendiri. Menurut Clifford Geertz, Indonesia merupakan negeri tempat semua arus kultural sepanjang tiga milenia mengalir berurutan memasuki Nusantara dari India, Cina, Timur Tengah dan Eropa yang terwakili di tempat-tempat tertentu. Seperti Bali terdapat komunitas agama Hindu, permukiman Cina terlihat di Jakarta, Semarang dan Surabaya, pusat-pusat muslim di Aceh, Makasar atau Dataran Tinggi Padang, di daerah Minahasa dan Ambon yang Calvinis atau daerah Flores yang Katolik.

Sumber:

Mulyadi, Yad .2013. Sosiologi SMA Kelas X. Yudhistira

Untuk dapat semakin memahami materi di atas, saya mengaitkannya dengan berita dalam kehidupan nyata. Silahkan disimak secara seksama:

https://www.benarnews.org/indonesian/berita/pembakaran_masjid_papua_memicu_konflik-07202015182625.html

Silahkan kerjakan soal-soal berikut untuk mendalami materi di atas:

  1. Berikan contoh gejala sosial yang terjadi di sekitar lingkunganmu!
  2. Jelaskan kaitan konsep-konsep sosiologi dengan gejala sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kalian!
  3. Mengapa kajian gejala sosial dapat membuat kita memahami hubungan sosial dalam masyarakat?
  4. Review artikel berita di atas!
  5. Bagaimana pandangan kalian tentang artikel berita di atas? Kaitkan dengan materi gejala sosial!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: