Rangkuman Materi Sosiologi Kelas XI SMA “Kelompok Sosial”

Hay teman-teman, kali ini saya akan berbagi tentang rangkuman materi sosilogi kelas 11. Mari kita simak sedikit pembahasan di bawah ini agar kalian dapat lebih memahami kajian-kajian sosiologi.

  1. Pengertian Kelompok Sosial

Dapat kita katakan bahwa sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau kepentingan pokok bagi kehidupannya, yaitu:

  1. Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya,
  2. Keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan alamnya.

Keterikatan dan ketergantungan antara manusia satu dengan yang mendorong manusia untuk membentuk kelompok masyarakat yang disebut kelompok sosial atau social group. Berikut pandangan para ahli tentang pengertian kelompok sosial:

  1. Paul B. Horton: Kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik (misal, sekelompok orang yang sedang menunggu bus kota).
  2. Roland L. Warren: Satu kelompok sosial meliputi sejumlah manusia yang berinteraksi dan memiliki pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggotanya secara keseluruhan.
  3. Robert K. Merton: Kelompok sebagai sekumpulan orang yang saling beriteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.

2. Syarat dan Ciri Kelompok Sosial

Robert K. Merton menyebutkan ada tiga kriteria, yaitu:

  1. Memiliki pola interaksi,
  2. Pihak yang berinteraksi mendifinisikan dirinya sebagai anggota kelompok, dan
  3. Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok.

Menurut Merton, kelompok berbeda dengan perkumpulan. Perkumpulan adalah sejumlah orang yang mempunyai solidaritas berdasarkan nilai bersama serta memiliki kewajiban moral untuk menjalankan peran yang diharapkan. Di dalam perkumpulan tidak ada unsur interaksi yang menjadi kriteria utama bagi kelompok. Kelompok juga berbeda dengan kategori sosial yang merupakan suaatu himpunan peran yang mempunyai ciri sama, seperti jenis kelamin atau usia. Diantara himpunan orang-orang yang berperan itu, ada interaksi.

Menurut Soerjono Soekanto, himpunan manusia baru dapat dikatakan sebagai kelompok sosial apabila memiliki beberapa persyaratan berikut:

  1. Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan yang lain dalam kelompok itu.
  3. Ada suatu faktor pengikat yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok, sehingga hubungan di antara mereka bertambah erat. Faktor tadi dapat berupa kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain.

3. Tipe-tipe Kelompok Sosial

Klasifikasi Durkheim

Durkheim membagi kelompok sosial menjadi 2: kelompok sosial yang didasarkan pada solidaritas mekanikal dan solidaritas organic. Solidaritas mekanikal merupakan ciri dari masyarakat yang masih sederhana dan belum mengenal pembagian kerja. Tiap-tiap kelompok dapat memenuhi keperluan mereka masing-masing tanpa memerlukan bantuan atau kerja sama dengan kelompok dari luar. Dalam masyarakat yang menganut solidaritas mekanik, yang diutamakan adalah persamaan sikap dan perilaku. Seluruh warga diikat oleh kesadaran kolektif, yaitu kesadaran bersama.

Solidaritas organik merupakan bentuk solidaritas yang telah mengenal pembagian kerja. Bentuk solidaritas ini bersifat mengikat, sehingga unsur-unsur di dalam masyarakat tersebut saling bergantung. Oleh karena itu, ketiadaan salah satu unsur akan mengakibatkan gangguan pada kelangsungan hidup bermasyarakat. Pada masyarakat ini, ikatan utama yang mempersatukan bukan lagi kesadaran kolektif, melainkan kesepakatan yang terjadi di antara berbagai profesi.

  1. Klasifikasi Ferdinand Tonnies

Menurut Ferdinand Tonnies, kelompok di dalam masyarakat dibagi menjadi 2:

  1. Gemeinschaft, merupakan kehidupan bersama yang intim, pribadi, dan eksklusif, yang dibawa sejak lahir. Contohnya ikatan perkawinan, agama, bahasa, adat, dan rumah tangga.
  2. Gesellschaft, merupakan kehidupan publik sebagai sekumpulan orang yang secara kebetulan hadir bersama, tetapi setiap orang tetap mandiri. Bersifat sementara dan semu. Contohnya ikatan pekerja dan ikatan pengusaha.

4. Hubungan Antarkelompok dalam Masyarakat

Dimesni Hubungan Antarkelompok

Menurut Kinloch, hubungan antar kelompok memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Kriteria fisiologis, mecakup kelompok pada persamaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, usia (tua-muda), dan ras.
  2. Kriteria kebudayaan, mencakup kelompok yang diikat oleh persamaan kebudayaan, seperti kelompok etnik (Batak, Minangkabau, Sunda, Ambon, dll).
  3. Kriteria ekonomi, dibedakan antara mereka yang memiliki kekuasaan ekonomi dari yang tidak memiliki kekuasaan ekonomi.
  4. Kriteria perilaku, didasarkan pada cacat fisik, cacat mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat.

5. Pola Hubungan Antarkelompok

Michael Banton mengemukakan bahwa terdapat berbagai kemungkinan pola hubungan antarkelompok ras. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Akulturasi, terjadi ketika kebudayaan kedua kelompok ras yang bertemu mulai berbaur dan berpadu.
  2. Dominasi, terjadi bila suatu kelompok ras menguasai kelompok lain. Contohnya kedatangan bangsa Eropa ke benua Afrika dan Asia untuk memperoleh suber daya alam yang kemudian dilanjutkan dengan mendominasi penduduk setempat. Dalam hal ini, Kornblum menyatakan bahwa terdapat 4 macam kemungkinan proses yang dapat terjadi dalam suatu hubungan antarkelompok:
  3. Genosida: pembunuhan secara sengaja dan sistematis terhadap anggota kelompok tertentu.
  4. Pengusiran: contohnya pengusiran warga Palestina oleh pemerintah Israel dari tepi Barat Sungai Jordan.
  5. Perbudakan: contohnya sistem kerja rodi yang dilakukan pada penjajahan Jepang di Indonesia.
  6. Segresi: pemisahan antara kulit putih dengan kulit hitam di Afrika.
  7. Asimilasi: interaksi antara dua kelompok yang berbeda kebudayaan sehingga memunculkan campuran.
  8. Paternalisme adalah suatu bentuk dominasi kelompok ras pendatang atas kelompok ras pribumi. Pola ini muncul apabila kelompok pendatang, yang secara politik lebih kuat, mendirikan koloni di daerah jajahan.
  9. Integrasi adalah suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan perhatian khusus pada perbedaan ras tersebut.
  10. Pluralisme adalah suatu pola hubungan yang mengakui adanya persamaan hak politik dan hal perdata masyarakat. Akan tetapi, pola hubungan ini lebih terfokus pada kemajemukan kelompok ras daripada pola integrasi.

Sumber:

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2014. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Esis Erlangga.

Untuk dapat semakin memahami materi di atas, saya mengaitkannya dengan berita dalam kehidupan nyata. Silahkan disimak secara seksama:

https://news.detik.com/australia-plus-abc/d-3443444/pemuda-muslim-indonesia-diskusikan-isu-umat-islam-di-melbourne?_ga=2.225623450.1435459844.1509963934-1504703357.1474894435

Silahkan kerjakan soal-soal berikut untuk mendalami materi di atas:

  1. Jelaskan menurut pemahaman anda, setiap materi yang sudah dipaparkan di atas!
  2. Review artikel berita di atas, dan sertakan pendapat anda!
  3. Jelaskan menurut pendapat anda contoh-contoh nyata dalam kehidupan tentang pola hubungan antarkelompok, sertakan penjelasannya!
  4. Berikan contoh kelompok sosial yang ada di sekitar lingkungan anda, dan berikan penjelasan tentang kelompok sosial tersebut!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: