Observasi Jenang Mubarok, Kudus

Haaay temen-temen, kali ini saya akan berbagi tentang tugas artikel mata kuliah Struktur Masyarakat Jawa pada semester 2. Observasi ini saya lakukan berempat dengan teman sekelas saya pada tahun 2015 lalu.

KATA PENGANTAR

Puji syukur  kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyususan laporan wawancara ini. laporan wawancara ini disusun dengan tujuan untuk melengkapai salah satu tugas kekerabatan dan perkawinan. kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak/Ibu Dosen pengampu mata kuliah Kekerabatan dan Perkawinan
  2. Teman –teman yang bekerjasama ke kota Kudus
  3. Bagian staff, pegawai beserta jajarannya di Jenang Mubarok Kudus
  4. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kami menyadari bahwa laporan  ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami memohon kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kami serta para pembaca.

                                                                         Semarang, 20 November 2015

  1. MENGENAI JENANG MUBAROK
  1. SEJARAH SINGKAT

Jenang adalah sebuah penganan tradisional dari Kota Kudus, merupakan salah satu produk UKM yang melesat cepat diantara produk-produk olahan UKM yang lain. CV. Mubarokfood Cipta Delicia yang kini dikenal sebagai produsen makanan tradisional jenang Kudus telah melewati beberapa titian sejarah yang teramat panjang, bukti perjuangan dan buah dari kegigihan, keuletan dan akan dikenal sebagai kisah sukses anak bangsa. Pada awal kelahirannya jenang merupakan makanan cemilan yang belum diperdagangkan.

Sejarah berdirinya Jenang Kudus Mubarok dirintis oleh Ibu Hj. Alawiyah yang kemudian dikenal sebagai Generasi Pertama dari produsen jenang Kudus. Lokasi penjualan terletak di Pasar Kudus, area yang sekarang dikenal sebagai tempat parkir para peziarah makam Sunan Kudus di Masjid Menara “Al-Aqsho”.

Pada saat Ibu Hj. Alawiyah meninggal dunia usaha jenang dilanjutkan oleh putranya yang bernama H. Achmad Shochib, dengan demikian H. Achmad Shochib merupakan Generasi Kedua, adapun perusahaannya dikenal sebagai Perusahaan Jenang Sinar Tiga Tiga (PJ. Tiga Tiga). Di tangan beliau perusahaan sudah mulai berkembang dan diproduksi secara masal, disamping itu sudah mulai diperkenalkannya merk Sinar Tiga Tiga sebagai identitas produk. Disamping itu untuk mengantisipasi banyaknya pesaing yang mulai bermunculan maka pada Tahun 1975 perusahaan meluncurkan tiga merk baru, yaitu: Mubarok, Mabrur, dan Viva. Merk-merk baru tersebut terbukti mampu menjadi trend setter di industri jenang terbukti banyaknya pesaing yang meniru dari merk-merk baru tersebut, utamanya merk Mubarok.

Pada tahun 1992, H. Achmad Shochib yang telah sepuh, menyerahkan tampuk kepemimpinan sebagai Direktur Utama kepada putranya H. Muhammad Hilmy, SE seorang lulusan fakultas Ekonomi UII Yogyakarta dan juga alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo.      H. Muhammad Hilmy, SE inilah yang kemudian mendirikan perusahaan CV. Mubarokfood Cipta Delicia (MCD) sebagai pengembangan dari  (PJ. Tiga Tiga).

Mubarokfood Cipta Delicia di bawah kepemimpinan H. Muhammad Hilmy, SE yang merupakan Generasi Ketiga produsen jenang Kudus, mulai menerapkan berbagai sistem manajemen modern sebagaimana layaknya perusahaan – perusahaan besar lainnya. Sebagai Generasi Ketiga, H. Muhammad Hilmy, SE mempunyai cita-cita dan harapan yang mulia terhadap keberadaan makanan tradisional, khususnya jenang Kudus, bahwasanya beliau selalu berupaya untuk terus menerus memacu dan memperjuangkan makanan khas tradisional menjadi icon makanan khas daerah, dan dapat menjadi branding Kota Kudus selain Kudus yang dikenal sebagai Kota Kretek.

Di bawah kepemimpinan H. Muhammad Hilmy, SE tidak hanya terjadi peningkatan dari sisi penjualan dan peningkatan asset perusahaan, tetapi juga adanya pengakuan dari pihak-pihak luar dengan diperolehnya berbagai penghargaan, diantaranya Upakarti 2007 kategori IKM Modern dari Presiden RI, UKM Pangan Award 2008 dari Menteri Perdagangan RI, dan juga perolehan penghargaan Top 250 Indonesia Original Brand 2009 dari Majalah Bisnis Nasional SWA (edisi Mei 2009). Selain itu Mubarokfood juga telah memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu Internasional ISO 9001 : 2000 dan Sertifikat Halal dari LPPOM MUI. Mubarokfood juga selalu rajin mengikuti pameran – pameran baik di dalam maupun luar negeri (Jepang, Abu Dhabi, Malaysia, Singapura, Jeddah, Filipina, dll).

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN

Salah satu slogan dari Mubarokfood adalah “Semangat kebersamaan, bersama meraih sukses”, merupakan slogan yang dimunculkan, dengan pertimbangan, dan pengharapan agar masing-masing bagian yang masuk dalam jajaran manajemen merupakan suatu tim yang solid, kuat, kerjasama dan kebersamaan diperlukan untuk menggapai kesuksesan.

Slogan berikutnya adalah “Budaya Peduli Mutu, dengan Perbaikan Berkelanjutan”, tujuan dicanangkannya motto / slogan ini dengan tujuan peningkatan kesadaran di masing–masing elemen dalam perusahaan, bahwasanya industri ini adalah industri yang menghasilkan produk berupa makanan dengan target utama adalah “pasar” / “konsumen”, kepuasan konsumen dapat diciptakan dengan terjaminnya mutu yang baik, produk yang berkualitas.

Motto yang saat ini mengilhami perjalanan sejarah dan perjuangan yang terus menerus dari generasi ketiga untuk semakin mengembangkan makanan tradisional, jenang kudus adalah “Membangun Sinergi mewujudkan Visi”, motto diluncurkan bersamaan dengan di-launching-nya logo baru dari Mubarokfood Cipta Delicia, pada tanggal 29 April 2006 yang bertempat di Gedung Java Design Centre (JDC) Semarang. Sejalan dengan motto baru yang bertujuan penambah semangat, peluncuran logo baru MCD ini juga dengan tujuan “memperlihatkan langkah yang besar yang akan diambil oleh MCD. Aspirasi, mimpi, atau bahkan obsesi untuk masa depan yang lebih positif dan dinamis. Masa depan yang penuh dengan energi.”

Visi :

  • Menjadikan Jenang Kudus Produksi Mubarokfood sebagai Produk Makanan Khas Indonesia Berkelas Dunia.

Misi :

  • Memproduksi jenang kudus secara higienis, berkualitas baik dan memenuhi standart proses produksi nasional dan internasional.
  • Mengembangkan SDM dan Manajemen yang kreatif – inovatif, amanah dan profesional.
  • Berupaya terus menerus mengembangkan jaringan pemasaran dengan mengedepankan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan.

Tujuan :

Mengembangkan Mubarokfood menjadi industri multi produk terkemuka yang berwawasan lingkungan, bernilai ekonomis dan sosial.

  1. PERJALANAN PERUSAHAAN DAN PRODUK

Langkah / tahapan ke arah modernisasi telah mulai dilakukan sejak generasi kedua. Generasi kedua, pada saat kepemimpinan H. Achmad Shochib, jenang kudus yang semula dikemas dengan anyaman daun pandan dan ditempeli kertas bertuliskan Sinar Tiga Tiga di bagian luar dan juga bagian dalam dari tebok (tampah kecil berdiameter ± 20cm), pada perkembangan selajutnya yaitu pada tahun 1960 jenang Sinar Tiga Tiga dikemas dalam plastik dan bagian luarnya kertas putih dengan design gambar Sinar dan Angka 33 berwarna coklat tua yang diambil dari nomor rumah tinggal yang beralamatkan di Jl. Sunan Muria No. 33 Kudus. Jenang ini dikemas dengan berat 250gr atau seperempat kilo. Oleh sebab itu jenang ini kemudian dikenal dengan istilah “Jenang Prapatan”.

Dengan terkenalnya jenang dengan merek Sinar Tiga Tiga kemudian di pasaran muncul beraneka jenang lain yang mempunyai design kemasan yang menyerupai Sinar Tiga Tiga yang asli. Hal inilah yang mendasari Bapak H. A Shochib untuk melakukan inovasi dan melakukan modifikasi komposisi bahan baku dan sistem pengemasannya.

Di tahun 1975 dikeluarkanlah jenang hasil inovasi dan modifikasi tersebut dengan merek “Sinar Tiga Tiga Aroma Coklat” dan “Sinar Tiga Tiga Aroma Melon”. Jenang ini dikemas dalam kardus yang berwrna warni dengan diisi beberapa butir jenang yang diiris kecil – kecil seberat ± 20 gram. Generasi kedua ini pulalah yang melakukan diversifikasi merek, yaitu pada tahun 1978 sampai dengan tahun 1980 diluncurkannya produk dengan merek baru, Viva dengan aroma Durian, Mabrur dengan aroma Nangka dan Mubarok dengan aroma Mocca. Kesemua merek produk tersebut telah didaftarkan secara resmi baik pada Departemen Kesehatan maupun Direktorat Jendral Hak Cipta Paten dan Merek Departemen Kehakiman Jakarta (sekarang berubah nama menjadi Dirjen HKI).

Setelah generasi kedua menyerahkan kepemimpinan kepada generasi ketiga, H. Muhammad Hilmy, semakin mengembangkan produk Mubarok dengan inovasi – inovasi dalam rasa dan kemasan dan mulai pada generasi ketiga ini mulai dikembangkan cara mengolah jenang dengan menggunakan mesin / alat, hal ini dilakukan pengujian dan percobaan – percobaan untuk alat / mesin pengolahan jenang. Pembenahan dan peningkatan sarana produksi yang sejalan dengan modernisasi dilakukan pada tahun 1996 berupa mekanisasi pembuatan tepung beras ketan, pembuatan santan kelapa serta cara pengadukan (mixing) adonan jenang. Untuk uji mutu baik bahan baku maupun produk, pada tahun 2000 telah dibangun sebuah Laboratorium Kimia dan Fisika. Laboratorium ini berfungsi pula sebagai sarana pendukung program penelitian dan pengembangan produk (R & D). Langkah pembangunan Laboratorium ini merupakan langkah “maju” untuk ukuran perusahaan skala menengah kecil (UKM).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan, kepuasan konsumen merupakan hal penting dan juga menjadi menjadi perhatian dari generasi ketiga. Sebagaimana misi perusahaan di bidang pemasaran, yakni senantiasa berupaya terus menerus untuk mengembangkan jaringan pemasaran dengan mengedepankan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan. Dalam hal pemasaran produk Mubarokfood juga selalu melakukan kegiatan promosi. Promosi merupakan hal yang sangat penting, karena dengan ini perusahaan dapat memberikan informasi yang baik dan bermanfaat kepada konsumen yang pada akhirnya apabila konsumen membeli produk tersebut menjadi puas dan dapat menjadi pembeli potensial.

Daftar Produk Mubarokfood Cipta Delicia :

  • Jenang Kudus
    1. Mubarok
    2. Viva
    3. Mabrur
    4. Sinar Tiga Tiga
    5. Jawa Rasa
    6. Baginda
    7. Semesta
  • Dodol
    1. Citra Persada
    2. Claszeto Chocolate Dodol
  • Produk Lain

Ala Jazeera – tomat rasa kurma (Torakur)

  1. KANTOR PEMASARAN

Toko Mubarokfood Cipta Delicia
Jl. Sunan Muria No. 33 Kudus 59313 Jawa Tengah – Indonesia

Mubarokfood Cipta Delicia adalah perusahaan terbesar dalam penguasaan pangsa pasar jenang di Indonesia  (market leader) dengan area pemasaran hampir semua kota di pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Batam, Pulau Sumatra, dan Pulau Sulawesi. Selain itu perusahaan juga telah berhasil menembus pasar luar negeri, diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Hongkong, Abu Dhabi, Arab Saudi, Jepang, dan beberapa negara lain.

Keberhasilan Pemasaran selama ini adalah berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan semua pihak. Oleh sebab itu Mubarokfood Cipta Delicia tetap berusaha terus menerus mengembangkan jaringan pemasaran dengan mengedepankan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan.

NARASUMBER         :

NAMA            : Devi putri syafriani

BAGIAN         : Staff

UMUR            : 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: