Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

File video sekarang rata-rata sudah berkualitas HD bahkan sudah meningkat menjadi 4K, apalagi bagi kalian seorang youtuber yang membutuhkan banyak memory untuk menyimpan berbagai file video untuk kalian posting di youtube.

Dengan menyimpan file video secara terus menerus disk lama kelamaan pasti akan kosong. Untuk mengatasi masalah tersebut mau tidak mau kita harus mengurangi ukuran file video agar dapat menyimpan lebih banyak file video.

Anda pasti akan berpikir jika mengurangi ukuran file pasti akan berdampak menurunnya kualitas sebuah video. Dengan mengikuti beberapa tips berikut anda bisa mengurangi ukuran file video dan tetap mempertahakan kualitas video aslinya  secara bersamaan.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Windows

Memperkecil ukuran file dengan HandBrake

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik

Handbrake adalah salah satu alat yang bisa anda gunakan untuk memperkecil file video. Perangkat ini dapat anda instal pada windows, Mac OS dan bahkan komputer berbasis Linux. Jika anda ingin menggunakan software ini anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

– Unduh dan instal software HandBrake

– Jalankan HandBrake kemudian tambahkan video yang anda inginkan. Dengan mengklik Source

– Lalu pilih Destination menentukan lokasi untuk menyimpan video

– Pilih Output settings. Lalu pilih format MP4 karena format ini paling banyak digunakan di berbagai perangkat saat ini selain itu format ini juga lebih efisien dalam penyimpanan ruang.

– Ubah ukuran resolusi video menjadi lebih kecil 720, 460 atau 360

– Kemudian centang Web Optimizer box

– Lalu pada bagian “Video” ubah menjadi H.264

– Lalu klik tombol Start untuk menjalankan proses konversi.

Perlu sobat ingat dengan menghapus trek audio dan subtitle yang tidak perlu dalam video, dapat memperkecil ukuran file.

source : Trenprime.com