situs jurnal ilmiah untuk penelitian bahasa

Terinspirasi dengan tulisan di hastagcampus.com mengenai 5 situs jurnal ilmiah wajib dikunjungi. Berikut tambahan atau situs jurnal ilmiah yang sekiranya dapat menjadi alternatif pembelajar bahasa. Kenapa pembelajar bahasa, karena di situs hastagcampus.com, referensi situs jurnal lebih fokus ke bidang science terutama bidang medik. Jadi, tidak salahnya saya juga buat situs-situs yang saya selalu ajukan referensi.
Jika ingin artikel yang mendunia tentunya bacaan wajib hukumnya berbahasa internasional, tidak mengesampingkan bahasa Jepang juga. Tapi disini saya akan bahasa situs jurnal yang berbahasa Inggris dan Jepang.

1. Science Direct

Tidak dapat dipungkiri science direct merupakan situs kumpulan jurnal ilmiah internasional yang sangat lengkap baik di bidang science maupun sosial. Berikut tampilan layar yang saya fokus ke bidang language and linguistic jurnal. Beberapa universitas memahami kebutuhan para penelitinya di universitas sehingga mereka berlangganan science direct dan jurnal-jurnal yagn terdaftar bisa dilihat serta didownload. Sewaktu saya di Kanazawa, fasilitas ini saya dapatkan yang bisa diakses di lingkup kampus kanazawa university. Semoga UNNES juga berlangganan ya, biar target scopus tahun ini meningkat, tentunya membaca jurnal internasional harusnya menjadi sarapan pagi para peneliti. hehehe…

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudahan untuk yang berlangganan science direct yaitu bisa mengakses artikel hingga 3800 judul penelitian dan 37.000 judul buku. Tetapi dalam kenyataannya jika universitas tidak menyediakan fasilitas berlangganan tentunya kita tidak usah berkecil hati karena ada beberapa jurnal yang membuka beberapa artikelnya menjadi open acces. Saya selalu melihat artikel dan membaca arah penelitian terbaru di bidang saya khususnya di jurnal of pragmatic. Jika artikel tersebut tidak bisa diakses, jalan lainnya ya minta tolong teman yang sedang kuliah di Luar negeri untuk mengunduhnya untuk kita.

2. Ci nii ac. jp

Situs ini seperti halnya science direct merupakan database artikel yang dikeluarkan oleh NII (national institute of informatics) dari Jepang. Jadi, akan banyak dilihat artikel-artikel hasil penelitian dari Jepang tidak hanya science, dan social, penelitian terbaru yang dihasilkan di JEpang bisa dilihat di situs ini. Tentunya seperti halnya science direct, akses ke beberapa artikel dibatas jika kita tidak berlangganan. Tetapi, ada beberapa artikel yang bisa diakses secara gratis pula. Kampus saya, Kanazawa university juga berlangganan ini, jadi saya tidak kesulitan jika ingin mencari rujukan penelitian lain. Ada 3 informasi akademik yang disediakan ci nii ini, yaitu, cinii artikel, cinii books dan cinii desertasi.

di Cinii artikel → kita bisa dapatkan informasi mengenai artikel akademik yang dipublish di kumpulan jurnal akademik, research buletin universitas atau artikel yang berada di index database National DIet Library`s Japanese.

di Cinii books → di sini juga kita bisa mencari informasi buku-buku dan jurnal jurnal yang dikeluarkan oleh perpustakaan universitas di Jepang.

di Cinii books → di sini kita bisa mencari informasi mengenai disertasi doktoral di JEpang yang tercatat di universitas jepang dan di national institute for academic degrees.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Scopus

Scopus merupakan kumpulan jurnal ilmiah yang kemasannya berbeda dibandingkan kedua situs di atas. Kemasan yang dikemas bukan merupakan shortlink ke jurnal-jurnal melainkan merupakan situs indexing untuk jurnal internasional bereputasi yang dalam istilahnya terindex scopus.  Di sini jika kita mendaftarkan diri menjadi anggota scopus dan artikel kita yang ada dalam jurnal tersebut sudah terindex di scopus. Situs ini lebih kepada perangkingan jurnal jurnal internasional yang ada, dan kita bisa mengetahui bobot dari jurnal jurnal tersebut. Untuk dapat mengakses langsung jurnal internasionalny kita bisa langsung mengakses jurnal tersebut dengan mencari di google dan masuk ke masing-masing jurnal. Berikut adalah tampilan jurnal di bidang language and linguistic yang diurut dari score sitasi tertinggi di bidang ilmu tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biasanya di scopus ini kita mencari target target jurnal yang ingin kita masukkan artikelnya, karena jika artikel kita terindex scopus maka, reputasi artikel kita diakui secara internasional.

4. Situs SINTA

Situs ini mirip dengan situs scopus yang dikeluarkan elsevier di atas, merupakan situs pengindeks-an jurnal jurnal nasional yang dibuat oleh kemenristek dikti. SItus SINTA ini menjadi acuan para peneliti lokal Indonesia untuk jurnal nasional yang dapat dilihat dengan perangkingan yang dilakukan oleh DIKTI kepada jurnal jurnal terbitan nasional. Hal ini dilakukan untuk melihat reputasi jurnal tersebut di mata DIKTI. Situs ini juga membuka keanggotaan, sehingga jika peneliti yang sudah menerbitkan artikel yang ada dalam jurnal yang terindex SINTA mempunyai reputasi tersendiri di SINTA. Patojkan indexing SINTA juga mengacu pada SCOPUS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Google Scholar

Google scholar merupakan situs search engine yang mengindex full text atau meta data dari artikel atau literatur para peneliti di dunia dalam bidang apapun. Google scholar juga mengindex online jurnal ilmiah, buku-buku conference paper, , tesis maupun desertasi, laporan teknis, abstrak dan literatur rai penelitian lainnya termasuk paten. Google scholar ini diestimasi sebanyak 389 milyar dokumen termasuk artikel, sitasi dan paten sehingga di tahun 2018 dikatakan sebagai search engine akademik terbesar di dunia.

Google Scholar
Google Scholar logo 2015.PNG
Type of site
Bibliographic database
Owner Google
Website scholar.google.com
Registration Optional
Launched November 20, 2004; 14 years ago
Current status Active

 

Semoga referensi situs-situs penting untuk penelitian dan referensi ilmiah di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk berkunjung ke situs situs jurnal ilmiah di atas ya. Have a nice research! Cheers

 

 

 

 

 

 

“Self Branding Strategy” sebagai dosen di bidang penelitian

Hallooo….
mencoba mengaktifkan blog unnes dengan informasi yang semoga bagi saya sendiri dan bagi teman-teman bisa bermanfaat ya.

Selain itu, tantangan saya untuk menulis di dalam blog yang terbengkalai dan target di tahun yang baru bisa konsisten.

Okay, untuk judul di atas semoga terbayangkan oleh rekan sekalian. Kali ini saya coba menulis untuk rekan-rekan dosen. Semoga tulisannya bermanfaat, saya juga sambil belajar juga. Anyway, tentunya di kalangan dosen, tuntutan wajib selain pengajaran yaitu penelitian dan pengabdian. Tantangan juga ditambah dengan target-target publish penelitian. Sebelumnya, pernahkah, teman-teman sekalian mengoogling nama sendiri di google search? Kira-kira apa yang muncul ya. Nahh, ada beberapa strategi jika ingin pencarian kita positif di dunia maya, yah secara akademis tentunya.

Sudahkah menjadi anggota di beberapa website mengenai penelitian. Jika kita sudah membuat artikel dan dipublish di jurnal tertentu, misalny jurnal open access online, jurnal nasional, jurnal nasiona terakreditasi atau bahkan jurnal internasional, dan pencapaian tertinggi di jurnal internasional terindeks scopus dengan perangkingan tentunya. Awalnya sih, jika ingin dikenal tentunya harus banyak kenalan, harus membawa identitas kita sebagai peneliti tentunya. lalu dengan cara apakah? jika banyak seliweran berita bagus kalau artikel kita disitasi orang lain. Bukan oleh diri sendiri ya tentunya hehehe.

Salah satu strateginya sih, mari kita daftar dan menjadi anggota di beberapa situs seperti

– Research gate

– Google scholar

-Scopus

– Shinta

Bolehlah didaftarkan dan punya keanggotaan di orchird ID.

salah satu contohnya seperti ini.

 

 

 

 

Untuk tampilan researchgate seperti ini, saya buat ketika saya masih sekolah, belum dirubah affiliasinya ya.
Dari menjadi keanggotaan researchgate ada banyak keuntungan-keuntungan yang saya dapat sampai saat ini.

 

 

 

 

 

 

 

Misalnya untuk researchgate kita akan punya banyak link channel dengan rekan yang mempunyai keminatan yang sama dengan bidang kita tentunya, akan banyak reminder dari website researchgate. Keanggotaan researchgate ada dua, gratis dan berbayar, ada banyak keunggulan untuk yang berbayar tentunya. Tapi saya sih cukup gratis saja hehehe. Kita juga akan diinformasikan kalau misalnya artikel atau tulisan kita yang diupload di researchgate disitasi teman lain. Tentunya kita akan senang.

Selain itu keanggotaan google scholar dan shinta mempunyai beberapa kelebihan Contohnya kita lihat layar googler scholar saya. Maapkan masih kosong hahaha, tapi terbayangkan jika kita sering publish artikel maka ketenaran kita meningkat…hehehhe. Keunggulan yang lain tentunya kita akan punya yang namany google scholar ID. Bolelah keren sedikit, jika ditambahkan dengan artikel2 otomatis kepopuleran meningkat. Bagi yang ingin populer ya hahaha. Eitts tapi populer di kalangan researcher tentunya targetnya berbeda. Semakin kita dikenal orang semakin kita banyak disitasi.

 

 

 

 

 

 

Begitu pula denga Shinta ID, yang ini lebih sadis, kita punya peringkat sendiri malahan. 😀

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang terakhir adalah scopus ID, tampilan dashboarnya seperti ini. Saya belum punya artikel yang terindeks scopus tentunya, sehingga belum punya yang namany scopus ID. Tentunya jika sudah terindeks maka otomatis scopus ID akan didapatkan. Target di tahun-tahun depan tentunya yaa…

 

 

 

 

bagaimana, strategi pemasaran diri, supaya lebih recognized ala saya di dunia penelitian hehehe. Gambarimashou.
Dengan produktif membuat artikel yang open accses tentunya penambahan keanggotaan di beberapa situs penunjang penelitian. Kita akan lebih produktif, Insya Allah.

 

Cheers,

Belajar bahasa Jepang di B4, Gratis !!!!

belajar bahasa jepang semarangMinna Ohayou Gozaimasu!!
Pengen belajar bahasa jepang?
Tapi bukan mahasiswa jurusan bahasa jepang?

Jangan khawatir !!
Ikut yuk benkyoukai luar prodi
Terbuka bebas untuk semua mahasiswa unnes !

Hari : Rabu (yg belum pernah belajar bahasa jepang), dan Kamis (yang pernah belajar bahasa Jepang)
Pukul : 04:00 PM
tempat : B4 (Jur. Bahasa Dan Sastra Asing) FBS UNNES

Gratiiiissss tis tisss !!
Langsung aja daftar

Cara ketik : Nama_Prodi_Pernah/Belum pernah belajar bahasa jepang.
Kirim sms ke 085640247951 atau Line : rahmad_yg atau pin bbm 53FF7E17.

Kita tunggu Minggu Depan !!
Minna, Benkyou Shimashou !!

Yu kesini dengan Beasiswa KU-DIKTI 2016

Beasiswa KU-DIKTI 2016 khusus Dosen. KU DIKTI Scholarship adalah singkatan Kanazawa University – DIKTI scholarship.

Dari Keluarga Besar UNNES ada 2 orang alumni KU-DIKTI, yaitu Ibu Talitha Widyatningrum, Ph.D dari MIPA dan Ibu dr.Ayu Suwardi, Ph.D dari FIK.

Informasi lebih lengkap silahkan baca di
https://www.adm.kanazawa-u.ac.jp/ie/e/abroad/kudikti.html
https://beasiswa.dikti.go.id/web/

untuk guideline beasiswa bisa dilihat di
https://www.adm.kanazawa-u.ac.jp/ie/e/abroad/guideline.html

KU Directory of Researcher
https://www.nst.kanazawa-u.ac.jp/labp/index_E.html

Online Application to KU
https://kurt.kanazawa-u.ac.jp/form_sys/index.php?key=56a8537f327cd

Yu mari kemari , bergabung dengan para tenaga dosen dari pelosok negeri, dan mahasiswa Indonesia di Kanazawa, Jepang.
ppi

Mencari dan Mengenal Kode Apato di Jepang

Tinggal atau pindah ke kota baru apalagi ke negara baru memang sulit, banyak sekali tantangannya, dan mencari tempat tinggal hanyalah salah satu diantaranya. Semoga artikel tentang Apato di Jepang ini dapat sedikit membantu bagi anda yang ingin tinggal atau pindah ke Jepang, khususnya daerah Kanazawa.

Kanazawa sendiri adalah kota kecil yang merupakan ibukota perfektur Ishikawa di pantai barat Jepang. Kotanya kecil, tidak terlalu crowded, memiliki 4 musim yang ekstrem, dan tentunya sangat cocok untuk tempat tinggal. Kanazawa sendiri adalah salah satu kota tujuan utama pembelajar Indonesia, di tahun 2015 ini saja tidak kurang dari 30 mahasiswa Indonesia dari S1-S3 akan tiba di Kanazawa pada akhir september/oktober nanti. semoga artikel Continue reading

Kekuatan Mimpi .. Yume no Chikara

Seperti biasa, memulai itu hal yang sulit. Begitu juga dengan membuat artikel pertama di blog yang baru ini.. sulit sekali mau mulai darimana 🙂 . Tapi ya, mari kita mulai dari bercerita bagaimana ini semua berawal..

Blog ini dibuat pada awalnya adalah karena saya merasa sangat sulit sekali menemukan informasi tentang kehidupan mahasiswa Indonesia di Kanazawa. Bagaimana daerah kampusnya, dimana tempat mencari apartemen, sekolah anak, dan segala macam kebingungan yang mungkin dialami calon mahasiswa Indonesia yang belajar di Kanazawa University. Padahal menurut pengamatan saya, banyak sekali mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Jepang, dan juga di Kanazawa. Didorong oleh rasa galau tersebut, mulailah saya bikin project blog ini. Setidaknya semua curhatan, segala bentuk pengalaman yang kami alami disana nanti memiliki wadah untuk dipublikasikan dan semoga berguna bagi yang membacanya. Continue reading

Daftar Beasiswa di/ke Jepang Lengkap

Daftar beasiswa di Jepang yang menurut saya paling lengkap, silahkan di download, dibaca, diresapi, dan dihajar !!!

Scholarship List by JASSO
Scholarship List by Local Government (Pemprov)
Scholarship List by MEXT (Kementerian Pendidikan Jepang)
Scholarship List Private (Perusahaan swasta, universitas swasta)
Scholarship List by Reserve (Cadangan aja, kali ada yang nyantol) Continue reading

The Beginning….

1yearago

Seperti biasa, pagi pagi buka PC untuk ngecek segala kejadian di dunia saya yang lain.. dunia mba maya. Hari ini hal pertama yang muncul di beranda adalah.. Facebook Memory, ya apa yang terjadi pada tanggal ini di tahun lalu dan tahun tahun sebelumnya.

Hari ini di tahun lalu, tepatnya 28 April 2014 ada satu hal yang menarik dan menggelitik saya untuk nulis curhat lagi. Hari ini tepat setahun lalu, saya memposting tentang gambar buku “Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura” (Antologi Kisah Inspiratif Sukses Kuliah di Jepang) yang disusun dan dibuat oleh PPI Osaka-Nara (Persatuan Pelajar Indonesia Osaka-Nara).

Continue reading

di Jepang mobil itu murah, syarat makeknya yang mahal..

Mobil di Jepang lebih Murah dari di Indonesia? Entahlah haha.. kalau berbicara masalah murah dan mahal itu sangat relatif. Tapi karena kemarin saya nyasar masuk ke Hall pameran mobil bekas di Jepang, jadi tergelitik juga untuk menuliskan pengalaman ini. Yu mari ikuti ceritanya, In Shaa Allah banyak hal yang bisa di petik 🙂

Kemarin pas Golden Week kami jalan-jalan nonton pameran All About Shinkansen di Seibu Ryokuchi-kōen Rikujōkyōgijō (tentang ini tar dibuat artikel sendiri dah yak kalo ga malas qkkqk). Nah setelah nonton pameran shinkansen, berkelilinglah kita di taman. Kebetulan di samping hall pameran shinkansen terdapat bursa mobil bekas, iseng2x ngintip lah kita kqkqk. Mobil di Jepang Murah? bisa jadi sih setelah melihat lapak ini. Mitsubishi Galant Fortis cm 70 Juta, Mercedez Benz C200 215 juta, Nissan Juke 140jt, Toyota Vellfire/Alphard (entah saya ga liat blakangnya) 225 juta, Mini Cooper 187 Juta, paling murah ya Daihatsu macam mr.Bean seharga 30jtan.. :). Continue reading

Scientific Round Table II, JAIST (Japan Advanced Institute of Science and Technology)

Bergaulah dengan Alim ulama ahli ibadah, niscaya akan meningkatkan derajat keimanan kita… lebih dari itu, bergaulan dengan orang-orang hebat dan luar biasa (pada bidang keilmuan masing2x), niscaya derajat keilmuan kita akan bertambah walaupun sebesar butiran debu mikroskopis 🙂

Melalui artikel curhat ini saya ingin mengabadikan pemahaman ilmu baru yang saya peroleh dari mengikuti kegiatan Scientific Round Table PPI Ishikawa untuk ke dua kalinya (mungkin artikel tentang SRT I akan saya buat menyusul dan back date kqkqkqk). Sebelumnya, apakah itu Scientific Round Table?
Scientific Round Table disingkat SRT adalah agenda rutin triwulan PPI Ishikawa, dimana pada kegiatan tersebut, beragam peneliti dari beragam bidang ilmu mempresentasikan secuil dari hasil kajian riset mereka selama di Jepang. Memang hanya secuil, tapi itu sungguh membuka cakrawala pengetahuan yang sangat luas bagi yang belum mengetahuinya, apalagi bagi saya yang orang awam.

Continue reading