situs jurnal ilmiah untuk penelitian bahasa

Terinspirasi dengan tulisan di hastagcampus.com mengenai 5 situs jurnal ilmiah wajib dikunjungi. Berikut tambahan atau situs jurnal ilmiah yang sekiranya dapat menjadi alternatif pembelajar bahasa. Kenapa pembelajar bahasa, karena di situs hastagcampus.com, referensi situs jurnal lebih fokus ke bidang science terutama bidang medik. Jadi, tidak salahnya saya juga buat situs-situs yang saya selalu ajukan referensi.
Jika ingin artikel yang mendunia tentunya bacaan wajib hukumnya berbahasa internasional, tidak mengesampingkan bahasa Jepang juga. Tapi disini saya akan bahasa situs jurnal yang berbahasa Inggris dan Jepang.

1. Science Direct

Tidak dapat dipungkiri science direct merupakan situs kumpulan jurnal ilmiah internasional yang sangat lengkap baik di bidang science maupun sosial. Berikut tampilan layar yang saya fokus ke bidang language and linguistic jurnal. Beberapa universitas memahami kebutuhan para penelitinya di universitas sehingga mereka berlangganan science direct dan jurnal-jurnal yagn terdaftar bisa dilihat serta didownload. Sewaktu saya di Kanazawa, fasilitas ini saya dapatkan yang bisa diakses di lingkup kampus kanazawa university. Semoga UNNES juga berlangganan ya, biar target scopus tahun ini meningkat, tentunya membaca jurnal internasional harusnya menjadi sarapan pagi para peneliti. hehehe…

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudahan untuk yang berlangganan science direct yaitu bisa mengakses artikel hingga 3800 judul penelitian dan 37.000 judul buku. Tetapi dalam kenyataannya jika universitas tidak menyediakan fasilitas berlangganan tentunya kita tidak usah berkecil hati karena ada beberapa jurnal yang membuka beberapa artikelnya menjadi open acces. Saya selalu melihat artikel dan membaca arah penelitian terbaru di bidang saya khususnya di jurnal of pragmatic. Jika artikel tersebut tidak bisa diakses, jalan lainnya ya minta tolong teman yang sedang kuliah di Luar negeri untuk mengunduhnya untuk kita.

2. Ci nii ac. jp

Situs ini seperti halnya science direct merupakan database artikel yang dikeluarkan oleh NII (national institute of informatics) dari Jepang. Jadi, akan banyak dilihat artikel-artikel hasil penelitian dari Jepang tidak hanya science, dan social, penelitian terbaru yang dihasilkan di JEpang bisa dilihat di situs ini. Tentunya seperti halnya science direct, akses ke beberapa artikel dibatas jika kita tidak berlangganan. Tetapi, ada beberapa artikel yang bisa diakses secara gratis pula. Kampus saya, Kanazawa university juga berlangganan ini, jadi saya tidak kesulitan jika ingin mencari rujukan penelitian lain. Ada 3 informasi akademik yang disediakan ci nii ini, yaitu, cinii artikel, cinii books dan cinii desertasi.

di Cinii artikel → kita bisa dapatkan informasi mengenai artikel akademik yang dipublish di kumpulan jurnal akademik, research buletin universitas atau artikel yang berada di index database National DIet Library`s Japanese.

di Cinii books → di sini juga kita bisa mencari informasi buku-buku dan jurnal jurnal yang dikeluarkan oleh perpustakaan universitas di Jepang.

di Cinii books → di sini kita bisa mencari informasi mengenai disertasi doktoral di JEpang yang tercatat di universitas jepang dan di national institute for academic degrees.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Scopus

Scopus merupakan kumpulan jurnal ilmiah yang kemasannya berbeda dibandingkan kedua situs di atas. Kemasan yang dikemas bukan merupakan shortlink ke jurnal-jurnal melainkan merupakan situs indexing untuk jurnal internasional bereputasi yang dalam istilahnya terindex scopus.  Di sini jika kita mendaftarkan diri menjadi anggota scopus dan artikel kita yang ada dalam jurnal tersebut sudah terindex di scopus. Situs ini lebih kepada perangkingan jurnal jurnal internasional yang ada, dan kita bisa mengetahui bobot dari jurnal jurnal tersebut. Untuk dapat mengakses langsung jurnal internasionalny kita bisa langsung mengakses jurnal tersebut dengan mencari di google dan masuk ke masing-masing jurnal. Berikut adalah tampilan jurnal di bidang language and linguistic yang diurut dari score sitasi tertinggi di bidang ilmu tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biasanya di scopus ini kita mencari target target jurnal yang ingin kita masukkan artikelnya, karena jika artikel kita terindex scopus maka, reputasi artikel kita diakui secara internasional.

4. Situs SINTA

Situs ini mirip dengan situs scopus yang dikeluarkan elsevier di atas, merupakan situs pengindeks-an jurnal jurnal nasional yang dibuat oleh kemenristek dikti. SItus SINTA ini menjadi acuan para peneliti lokal Indonesia untuk jurnal nasional yang dapat dilihat dengan perangkingan yang dilakukan oleh DIKTI kepada jurnal jurnal terbitan nasional. Hal ini dilakukan untuk melihat reputasi jurnal tersebut di mata DIKTI. Situs ini juga membuka keanggotaan, sehingga jika peneliti yang sudah menerbitkan artikel yang ada dalam jurnal yang terindex SINTA mempunyai reputasi tersendiri di SINTA. Patojkan indexing SINTA juga mengacu pada SCOPUS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Google Scholar

Google scholar merupakan situs search engine yang mengindex full text atau meta data dari artikel atau literatur para peneliti di dunia dalam bidang apapun. Google scholar juga mengindex online jurnal ilmiah, buku-buku conference paper, , tesis maupun desertasi, laporan teknis, abstrak dan literatur rai penelitian lainnya termasuk paten. Google scholar ini diestimasi sebanyak 389 milyar dokumen termasuk artikel, sitasi dan paten sehingga di tahun 2018 dikatakan sebagai search engine akademik terbesar di dunia.

Google Scholar
Google Scholar logo 2015.PNG
Type of site
Bibliographic database
Owner Google
Website scholar.google.com
Registration Optional
Launched November 20, 2004; 14 years ago
Current status Active

 

Semoga referensi situs-situs penting untuk penelitian dan referensi ilmiah di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk berkunjung ke situs situs jurnal ilmiah di atas ya. Have a nice research! Cheers

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar