Penggalan Silabus Sosiologi SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013

Hallo Blogy’s kali ini saya akan memposting silabus mata pelajaran Sosiologi kelas X kurikulum terbaru, yakni kurikulum 2013

KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

 Kelas X

Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

 Kompetensi Dasar

  • 3.1 Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
  • 4.1    Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan   menggunakan pengetahuan sosiologis

Fungsi Pembelajaran

Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

  • Sosiologi sebagai ilmu sosial
  • Realitas sosial sebagai obyek kajian
  • Kehidupan sosial sebagai objektivitas
  • Gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial, interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat)

Kompetensi Dasar

3.2.  Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan  hubungan sosial di   masyarakat.

4.2   Mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga  mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat

Materi Pembelajaran

 Individu, kelompok  dan hubungan sosial

  • Pembentukan identitas :
  • Diri/saya/individu dalam hubungan dengan orang lain/kamu/individu lain
  • Hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/kita)
  • Hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/kita)
  • Hubungan antara diri/saya/individu dengan kelompok lain (mereka)
  • hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)
  • perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib sosial

Kompetensi Dasar

3.3 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di

4.3. Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.

Materi Pembelajaran

Ragam gejala sosial dalam masyarakat

  • Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok,
  • multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok, heterogenitas
  • sosial dalam kehidupan masyarakat
  • Penghargaan, atau penghormatan, terhadap keanekaragaman atau hiterogenitas social

Kompetensi Dasar

3.4.   Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk  mengenali gejala sosial di masyarakat

4.4.    Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala    sosial dan hubungan sosial di masyarakat

Materi Pembelajaran

 Metode Penelitian Sosial

  • Metode penelitian sosial
  • Merancang penelitian
  • Merumuskan pertanyaan
  • Teknik pengumpulan data
  • Mengolah dan menganalisis data
  • Merumuskan dan menyajikan hasil penelitian

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: