Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

blog

Dalam artikel ini, Penulis akan mengulas beberapa blog teman-teman Jurusan Sosiologi dan Antopologi. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memenuhi tugas pengganti ujian Akhir mata kuliah Praktek Laboratorium yang diampu oleh Bapak Kunco Bayu Prasetyo S,Ant.,M.A

Blog no 1

  • Nama Pemilik Blog : Wijayanti Oktavia
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/octavia/
  • Kelebihan Blog : Profil pemilik blog, tujuan blog sudah tercantum sehingga kegunaan blog memudahkan para pembaca blog. Tampilan juga sudah rapi sudah ada kreatifitas yang menarik para pembaca
  • Kekurangan Blog: masih ada halaman tentang meta yang tidak jelas untuk apa kegunannya. Dalam kategori juga masih ada kategori uncategorized, yang seharusnya tidak usah dimunculkan
  • Saran dan masukan : untuk dipercantik lagi sehingga para pembaca mudah tertarik untuk kembali ke blog ini, serta halaman-halaman yang tidak penting seperti meta, dan kategori-kategori yang kontennya tidak ada atau bahkan tidak sesuai dengan blog mohon untuk tidak ditampilkan

Blog no 2

  • Nama Pemilik Blog : Betha Handini Pradana
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/bethahandini/
  • Kelebihan Blog : sudah jelas kegunaan blog sebagai sarana pemberi informasi dalam pembelajaran sosiologi dan antropologi sehingga tidak ada kebingungan para pembaca blog, yang memungkinkan para pembaca berlama-lama di blog ini.
  • Kekurangan Blog: tampilan blog masih sederhana, kurang sentuhan kreativitas dari pemilik blog. Masih ada page atau halaman yang kurang jelas kegunaannya bagi pemilik blog maupun pembaca seperti rss.
  • Saran dan masukan : mohon untuk lebih dipercantik tampilan agar tampilan bisa selaras dengan kualitas isi postingannya. Serta halaman-halaman yang kurang terlalu penting dan mengganggu artistic blog mohon dihilangkan.

Blog no 3

  • Nama Pemilik Blog : Abdur Rohman
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/rohman/
  • Kelebihan Blog : blog yang menurut saya ditata sangat rapi, pembaca bisa berlama-lama berselancar di blog ini. Artistic dan desain blognya sangat menarik didukung dengan kualitas posting yang menggambarkan kepribadian pemilik blog.
  • Kekurangan Blog: kekurangannya mungkin soal postingannya yang masih milik orang lain, serta background yang masih bisa diperbaiki dengan gambar yang lebih menarik
  • Saran dan masukan : untuk segera ditambah artikel yang menarik agar lebih banyak pengunjung ke blog ini

Blog no 4

  • Nama Pemilik Blog : Sudi Didi Wahyono
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/didicilacap/
  • Kelebihan Blog : blog yang simple disertai dengan gambar wayang pada halaman atas blog menunjukkan bahwa pemilik blog adalah seorang jawa. Tatanan rapi menambah kesan bahwa pimilik blog adalah seorang yang suka kerapian
  • Kekurangan Blog: kurang memiliki artistic yang menarik sehingga kurang sedap dipandang mata
  • Saran dan masukan : untuk segera diperbaiki blog dari segi artistic sehingga para pembaca betah berlama-lama di blog ini.

Blog no 5

  • Nama Pemilik Blog : Lina Idamatus Silmi
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/linasilmi/
  • Kelebihan Blog : postingannya sudah inovatif disertai dengan gambar sehingga menarik untuk para pengunjung. Kerapian blog juga sangat terjadi dengan rapi disertai dengan design yang simple namun menarik
  • Kekurangan Blog : masih ada halaman yang kurang berguna untuk memberikan informasi tentang tujuan blog yakni meta dan subscribe to feet.
  • Saran dan masukan : untuk segera diperbaiki blog dari segi artistic sehingga para pembaca betah berlama-lama di blog ini. Dan halaman-halaman yang memang kurang bermanfaat bagi para pembaca mohon dihilangkan

Blog no 6

  • Nama Pemilik Blog : Arum Yuni Astuti
  • Alamat Blog : unnes.ac.id/arumyuni/
  • Kelebihan Blog : blog dengan design yang menimalis dan posting yang sangat menarik para pembaca untuk mengunjungi blog ini
  • Kekurangan Blog : masih ada page atau halaman di side bar yang kurang bermanfaat yang juga mengganggu penampilan blog. Untuk halaman blog teman seharusnya dibuat scroll agar tidak terlalu menjorok kebawah.
  • Saran dan masukan : meskipun designya minimalis disignya juga dikreasi sehingga kreativitas dari pemilik blog dapat dilihat, serta halaman atau page yang kurang bermanfaat yaitu rss feed dan meta untuk dihilangkan.

Blog no 7

  • Nama Pemilik Blog : Resti Bona Yulita
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/restibona/
  • Kelebihan Blog : disetiap posting sudah diberikan gambar yang menarik para pembaca dan dengan disertai kualitas postingan
  • Kekurangan Blog : masih ada page atau halaman di side bar yang kurang bermanfaat yang juga mengganggu penampilan blog. Untuk halaman blog teman seharusnya dibuat scroll agar tidak terlalu menjorok kebawah.
  • Saran dan masukan : untuk dibuat scroll pada follow blog dan halaman meta untuk dihapuskan

Blog no 8

  • Nama Pemilik Blog : Rani Meilina Siswoyo
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/meilinarani/
  • Kelebihan Blog : tertata rapi tampilannya, design yang simple dan tidak terlalu beribet-ribet
  • Kekurangan Blog : belum ada halaman yang menunjukkan tujuan untuk apa blog itu dibuat serta profil pemilik blog juga kurang lengkap. Masih ada sample page di side bar dan meta yang kurang bermanfaat bagi para pembaca dan pengunjung.
  • Saran dan masukan : mohon untuk profil blog dilengkapi, kreatifitas blog untuk diperbaiki sehingga artistic blog menjadi menarik, page yang kurang bermanfaat untuk dihilangkan.

Blog no 9

  • Nama Pemilik Blog : Ahmad Heri
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/ahmadheri/
  • Kelebihan Blog : tampilan yang simple didukung dengan kerapian blog menunjukkan bahwa pemilik blog seorang pribadi yang rapi, didashboard ditampilkan gambar yang menunjukkan bahwa pemilik blog adalah mahasiswa unnes jurusan sosiologi dan antropologi
  • Kekurangan Blog : terlalu simple dan kreativitas masih belum terlalu terlihat dalam mengkreasi artistic blog
  • Saran dan masukan : untuk mengkreasi lagi sehingga para pembaca lebih tertarik untuk lebih sering mengunjungi blog. Dengan mengubah background blog dan menambahkan sentuhan lain

Blog no 10

  • Nama Pemilik Blog : Novita Windiarti
  • Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/novita3011/
  • Kelebihan Blog : blog yang sangat informative berisi tentang seputar sosiologi dan antropologi yang membantu para pembaca mengetahui lebih jauh mengenai dunia sosiologi dan antropologi terlebih untuk pembelajaran sosiologi dan antropologi
  • Kekurangan Blog : kreatifitas blog kurang diperhatikan sehingga design blog masih terlihat seperti aslinya. Blog teman mohon untuk dibuat scroll agar tidak membuang banyak tempat
  • Saran dan masukan : untuk ditambahkan kreatifitas dalam segi artistic agar para pengunjung dapat stay di blog ini.

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XII BAB 4 : KARYA ILMIAH DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI

  • Karya Ilmiah

Karya Ilmiah atau tulisan ilmiah merupakan pernyataan sikap ilmiah peneliti atau dengan pengertian lain adalah, karya seorang ilmuwan yang berupa hasil pengembangan, seperti pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan orang lain sebelumnya. Tujuannya adalah agar dapat dipelajari pembaca hingga mampu mendatangkan kritik dan saran.

  • Metode Penelitian Antropologi

Pendekatan yang digunakan dalam antropologi menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Artinya, dalam penelitian antropologi dapat dilakukan melalui pengkajian secara statistik, baik dilakukan untuk mengukur pengaruh maupun korelasi antar variabel penelitian, ataupun dilakukan secara kualitatif (naturalistik). Metode penelitian antropologi yang dapat digunakan yaitu, deskriptif, komparatif, studi kasus, etnografis, dan survei. Metode dalam antropologi akan difokuskan pada metode penelitian komparatif  (kualitatif) secara rinci karena merupakan ciri khas dalam penelitian antropologi. Metode komparatif antropologi adalah metode penelitian yang mencabut unsur-unsur kebudayaan dari konteks masyarakat yang hidup dan dibandingkan dengan sebanyak mungkin unsur-unsur dan aspek suatu kebudayaan.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XII BAB 3 : RELATIVITAS, KETAHANAN, INOVASI DAN ASIMILASI BUDAYA

Relativitas Budaya

manfaat-globalisasi-okClifford Geertz menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia telah terbentuk sejak 1945 tetapi penduduk multi etnis, multi agama, multi bahasa, dan multi rasial cenderung menelusuri identitasnya pada hal-hal yang asli seperti dari mana mereka berasal dan dibesarkan.

 Dalam rangka hidup berkelompok, penduduk akan mencari, membentuk atau memasuki organisasi yang anggota-anggotanya berasal dari agama, bahasa, etnik, dan ras yang dianggap sama. Hal yang demikian itu oleh Geertz dilihat sebagai pengelompokan yang keanggotaannya didasari ikatan primordial. Dalam konteks lokal keindonesiaan, di mana pola perikehidupan beragama sangat beragam dan plural, relativisme budaya merupakan salah satu cara terbaik untuk menuju sikap arif dan bijak dalam melihat perbedaanperbedaan kebudayaan. Tetapi hal terpenting bahwa dalam keberagaman budaya yang ada di Indonesia ini adalah kita tidak boleh memahami perilaku kelompok lain hanya dengan membandingkan kebiasaan dan perilaku budaya sendiri.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XII BAB 2 : PROSES GLOBALISASI DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERKUAT NILAI-NILAI

 Pengertian Globalisasi

x1pgg9emswql-8oz82vi_h2v6pxtehnbipiaoo__0jcnd11xa8tq4wntexxvvy9ckcnz3tfmgs-rkm_6ey06p-s4upskxdajamrvy8r6ptyrw6i4pxlcwzoaqmxfojbvcj9vmcqgmvpvmuns_8nnd18tlig4wsnugljGlobalisasi berasal dari kata globalisasi yang berasal dari kata “global” yang artinya universal. Globalisasi merupakan suatu proses antar individu, antar kelompok, dan antar negara yang saling berinteraksi, bergantung, dan saling memengaruhi satu sama lain dengan batas negara. Sedangkan menurut para ahli, pngertian globalisasi adalah sebagai berikut :

  1. Achmad Suparman, globalisasi merupakan suatu proses (benda atau perilaku) dari setiap individu yang tidak memiliki batas wilayah.
  2. Emmanuel Ritcher, globalisasi merupakan sebuah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukn masyarakat yang berada di penjuru dunia untuk saling ketergantungan dan mempersatukan dunia.
  3. Thomas L. Friedman, globalisasi memiliki dua dimensi, yaitu dimensi ideologi dan dimensi teknologi. Dimensi ideologi adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XII BAB 1 : KESETARAANNYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Pengertian Kesetaraan Sosial Budaya
petani-melek-iptekKesetaraan sosial adalah tata politik sosial di mana semua orang yang berada dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Setidaknya, kesetaraan sosial mencakup hak yang sama di bawah hukum, merasakan keamanan, memperolehkan hak suara, mempunyai kebebasan untuk berbicara dan berkumpul, dan sejauh mana hak tersebut tidak merupakan hak-hak yang bersifat atau bersangkutan secara personal. hak-hak ini dapat pula termasuk adanya akses untuk mendapatkan pendidikan, perawatan kesehatan dan pengamanan sosial lainnya yang sama dalam kewajiban yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI BAB 5 : METODE ETNOGRAFI DAN MANFAATNYA DALAM MENCARI SOLUSI BERBAGAI PERMASALAHAN SOSIAL-BUDAYA

cropped-10429811_610181735774101_2563645642420465706_n2Etnografi adalah berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphein yang berarti tulisan atau uraian. Jadi berdasarkan asal katanya, etnografi berarti tulisan tentang/ mengenai bangsa. Namun pengertian tentang etnografi tidak hanya sampai sebatas itu. Burhan Bungin ( 2008:220) mengatakan etnografi merupakan embrio dari antropologi. Artinya etnografi lahir dari antropologi di mana jika kita berbicara etnografi maka kita tidak lepas dari antropologi setidaknya kita sudah mempelajari dasar dari antropologi.
Etnografi, diinjau secara harfiah, berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku bangsa, yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangan ( field work ) selama sekian bulan, ataau sekian tahun. Penelitian antropologis untuk menghasilkan laporan tersebut begitu khas, sehingga kemudian istilah etnografi juga digunakan untuk mengacu pada metode penelitian untuk menghasilkan laporan tersebut. etnografi bukan sekedar mengumpulkan data tentang orang atau kebudayaan, melainkan menggalinya lebih dalam lagi.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI BAB 4 : PERUBAHAN BUDAYA DAN MELEMAHNYA NILAI-NILAI TRADISIONAL

antarafoto-Pekan-Budaya-Papua-110912-IES-7Kebudayaan dan masyarakat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kebudayaan dihasilkan oleh masyarakat dan tidak ada masyarakat yang tidak berbudaya. Dengan kata lain, budaya ada karena adanya masyarakat dan dalam masyarakat pasti berbudaya. Setiap masyarakat tentunya akan mengalami perubahan, bahkan masyarakat yang kita anggap sebagai masyarakat yang tradisional dan stagnan sesungguhnya telah melalui tahap-tahap perubahan dalam kebudayaan yang mereka miliki. Perubahan budaya menekankan pada perubahan sistem nilai yang mengatur tingkah laku masyarakat. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat dipengaruhi oleh banyak factor, dan setiap masyarakat memiliki proses yang berbeda-beda dalam melalui perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat tentunya memiliki dampak negatif dan positif. Dibawah ini akan diuraikan tentang perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI BAB 3 : PERSAMAAN DAN PERBEDAAN BUDAYA, BAHASA, DIALEK, TRADISI LISAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT

SSHSHSPenggunaan Bahasa dan Dialek dalam Masyarakat Kehidupan bermasyarakat tidak akan lepas dari peranan bahasa yang digunakan oleh anggota-anggotanya. Bahasa sendiri banyak ragamnya, terkait dengan bermacam-macam kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat. Bahasa merupakan sarana yang digunakan manusia untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi berikutnya. Tanpa bahasa, kebudayaan akan sulit diterjemahkan dan diterima oleh generasi penerus karenanya bahasa bersifat simbolis. Hal tersebut mengandung arti bahwa melalui bahasa, suatu perkataan dapat melambangkan arti apapun, meskipun hal atau benda yang dilambangkan oleh kata tersebut tidak ada. Kebudayaan sendiri merupakan proses hasil belajar, di mana bahasa berperan vital di dalamnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahasa memiliki peran sebagai cara atau alat bagi orangtua dalam mewariskan kebudayaan dan bagi anak sebagai cara atau alat untuk mempelajari kebudayaan tersebut.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI BAB 2 : PEMETAAN BUDAYA, MASYARAKAT PENGGUNA BAHASA DIALEK,

bahasa-daerah130612c-580x321Ada berapa bahasa yang sudah kalian kuasai sekarang? tentunya sangat menarik sekali jika kalian dapat menguasai lebih dari satu bahasa. Kalian akan dapat berkomunikasi secara lancar dengan berbagai orang yang berlatar belakang budaya dan bahasa yang berbeda dengan kalian. Kalian dalam segala aktivitas sehari-hari pasti menggunakan bahasa. Saat keluarga berkumpul di rumah melakukan sesuatu bersama-sama pasti menggunakan bahasa. Guru bertemu anak didiknya di kelas, pasti mereka menggunakan bahasa. Upacara bendera setiap hari senin di sekolah maupun upacara hari besar lainnya pasti mengunakan bahasa. Bupati dan Gubernur mengadakan kunjungan kerja ke berbagai tempat, pasti menggunakan bahasa. Presiden berpidato, pasti menggunakan bahasa. Adakah kegiatan manusia yang tidak menggunakan bahasa? Adakah budaya manusia yang tidak menggunakan bahasa? Semuanya pasti menggunakan bahasa. Itulah sebabnya bahasa menjadi unsur pertama dari 7 (tujuh) unsur kebudayaan universal. Kehidupan manusia selalu diwarnai oleh interaksi dan komunikasi. Interaksi dan komunikasi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa.

Teruskan membaca

MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI BAB 1 : KETERKAITAN ANTARA KEBERAGAMAN BUDAYA, BAHASA DIALEK, TRADISI DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT SUATU DAERAH

Sampai saat ini para ahli bahasa belum memperoleh rumusan yang jelas serta tegas mengenai batas-batas yang dapat membedakan antara bahasa dan dialek yang berkembang dalam masyarakat. Menurut Panitia Atlas Bahasa-Bahasa Eropa dialek adalah sistem kebahasaan yangpETA-kONSEP dipergunakan oleh suatu masyarakat untuk membedakannya dari masyarakat lain yang mempergunakan sistem bahasa yang berlainan, meskipun erat hubungannya. Di dalam analisis ilmu bahasa, dialek bersinonim dengan istilah logat, yakni cara berbicara yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok penutur bahasa yang membedakannya dari cara berbicara atau berkomunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang pemakai bahasa lainnya.


Menurut Meillet ciri utama sebuah dialek adalah perbedaan dalam kesatuan serta kesatuan dalam perbedaan. Selain itu, terdapat dua ciri lain yang melekat pada dialek, antara lain :

  1. Dialek ialah seperangkat bentuk ujaran setempat yang berbeda-beda yang memiliki ciri-ciri umum dan masing-masing lebih mirip dibandingkan dengan bentuk ujaran lain dari bahasa yang sama;
  2. Dialek tidak harus mengambil semua bentuk ujaran dari sebuah bahasa.

Teruskan membaca

Lewat ke baris perkakas