PENDIDIKAN NON FORMAL ?

October 22, 2017 12:42 pm | No Comments

Apakah Pendidikan Non Formal itu? Bagaimanakah Pendidikan Non Formal itu?. Pasti banyak orang yang bertanya-tanya mengenai Pendidikan Non Formal. Banyak sekali pertanyaan yang muncul jika kita membahas mengenai Pendidikan Non Formal. Alasannya sangat sederhana, mengapa? Yaitu karena kebanyakan dari kita hanya mengetahui lingkup pendidikan Formal saja, kita tidak menyadari bahwa kita sering menerima Pendidikan dari sektor Non Formal, seperti bimbel,sanggar,dan masih banyak lagi. Kebanyakan dari kita tidak mengetahui istilah nama dari bimbel/sanggar tersebut, kita seolah berputar dalam lingkup Formal dan dunia Non Formal dikesampingkan.
Apakah kalian tahu bahawa sektor Non Formal sangat berperan besar dalam dunia pendidikan? Saya rasa banyak di antara kalian yang terlalu meremehkan Pendidikan Non Formal. Lingkup Pendidikan Non Formal lebih luas di bandingkan dengan Pendidikan Formal. Pendidikan Formal yang kebanyakan bertumpu dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,namun Pendidikan Non Formal mencakup segala aspek dari pendidikan baik itu ilmu pengetahuan,teknologi,soft skill,hard skill,dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat. Pendidikan Non Formal tidak memandang umur, Pendidikan Non Formal bisa di pelajarai oleh segala umur,beda dengan Pendidikan Formal yang terdapat jenjang usianya.
Pendidikan Non Formal adalah salah satu alat untuk meningkatkan taraf pendidikan penduduk di berbagai negara khususnya untuk negara kita tercinta Indonesia. Konsep awal Pendidikan Non Formal ini muncul sekitar akhir tahun 60-an hingga awal 70-an dalam bukunya Philip Coombs dan Manzoor A.,P.H. (1985) The World Crisis in Education.
Pendidikan Non Formal pada hakikatnya bertujuan untuk memenuhi kualifikasi dalam dunia kerja. Oleh karena itu skill yang di ajarkan oleh Pendidikan Non formal berhubungan dengan permintaan dunia industri dan lapangan kerja yang sudah tersedia. Di seluruh Indonesia terdapat 13.446 lembaga kursus yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh lembaga tersebut memiliki 90.946 orang pendidik yang melayani 1.348.565 peserta didik. Dari lembaga kursus yang ada di Indonesia lebih dari setengahnya (59,50%) berada di pulau jawa, khususnya Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur. Angka tersebut masih bisa kita tambah mengingat setiap tahun persentase penduduk Indonesia semakin meningkat dan secara otomatis kebutuhan pelatihan kerja akan semakin banyak. Di tambah lagi prediksi oleh Badan Pusat Statistik bahwa pada tahun 2020 Indonesia mengalami bonus demografi. Apakah bonus demografi itu? Mari kita bahas sejenak di sini.
Bonus demografi adalah suatu keadaan dimana usia angkatan kerja atau usia para pemuda lebih banyak populasinya dibandingkan dengan usia orang tua maupun balita. Maka terdapat potensi besar untuk kita para pelaku Pendidikan Non Formal untuk membuka sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat yang baru yang bisa menampung seluruh kebutuhan masyarakat akan pelatihan kerja. Dan tugas kita untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru demi kemajuan bangsa Indonesia. Negara kita kaya akan sumber daya alam, namun indonesia miskin akan orang-orang yang dapat mengolah sumber daya alam tersebut menjadi sutau hal yang bernilai guna tinggi dan dapat di manfaatkan sebagai sektor penghasilan masyarakatnya bahkan negaranya. Bayangkan jika Indonesia memiliki orang-orang yang sangat berkompeten dalam mengolah berbagai sumber daya alam yang tersebar di seluruh penjuru negri. Betapa makmurnya Indonesia,betapa majunya Indonesia. Namun cita-cita tersebut hanyalah sebuah wacana belaka. Hampir setiap hari kata-kata itu terdengar di telinga kita,terlihat di mata kita. Tapi tidak ada suatu tindakan nyata untuk mewujudkan hal tersebut.
Disinilah peran Pendidikan Non Formal sebenarnya. Kita harus memberdayakan masyarakat agar mereka terfasilitasi baik dalam segi material maupun non material. Mari kita bergerak, berinovasi, jangan biarkan bonus demografi tersebut menjadi suatu momok yang menakutkan,namun jadikan bonus demografi tersebut menjadi peluang yang sangat besar menuju Indonesia jaya. Tunjukkan kepada semua orang bahwa dunia Pendidikan Non Formal sangatlah penting keberadaanya.

Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri

October 20, 2017 2:37 pm | No Comments

Anda memiliki masalah dengan kepercayaan diri anda ?

oke, kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara kita menumbuhkan kepercayaan diri.
Ini adalah pengalaman pribadi saya. Bagaimana saya menumbuhkan dan memaksa diri agar kepercayaan diri saya tertanam kuat dalam jiwa saya. Semoga bisa menjadi sebuah motivasi untuk para pembaca.

1. Anggaplah diri anda adalah yang terbaik diantara teman-teman anda
Tanamkan dalam pikiran anda, atur mindsite anda bahwa diri anda adalah yang terbaik. Anda dilahirkan di dunia
ini sebagai pemenang. Maka dimanapun anda berada anda adalah seorang pemenang.Tidak peduli seberapa terpuruknya
diri anda, tanamkan mindsite tersebut agar kepercayaan diri anda tumbuh.

2. Sekecil apapun hal yang kita lakukan anggaplah sebagai hal yang luar biasa. meskipun orang lain menilai bahwa
hal tersebut tidak ada artinya. Dengan begitu secara otomatis anda akan lebih menghargai diri anda sendiri.

3. Hilangkanlah perasaan takut. Setiap manusia mempunyai tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi. Namun tanpa
anda sadari, anda terperangkap dalam perasaan takut anda. Takut salah, takut diremehkan dan lain sebagainya.
Sehingga kepercayaan diri anda tenggelam bersama rasa takut anda.

Itulah ketiga prinsip yang saya tanamkan pada diri saya hingga saat ini. Pada intinya tergantung pola pikir diri masing-masing individu. Sebagian besar orang terperangkap oleh pola pikir yang mereka tanamkan sendiri, mereka enggan untuk mengubah hal tersebut. Padahal jika kita mau mengubah dan menanamkan pola pikir yang positif maka kepercayaan diri kita akan secara otomatis berakar dalam jiwa kita. tidak hanya kepercayaan diri, namun banyak hal dalam segi kehidupan ini yang dapat kita ubah menggunakan pola pikir kita sendiri. karena semua tindakan yang kita lakukan bermula dari pola pikir kita.

Terima kasih, semoga tulisan ini menginspirasi para pembaca. kritik maupun saran pembaca sangat berguna bagi penulis.

Hallo guys !
Selamat datang di Blog kebanggaan saya
Kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya di dunia Public Speaking. Wahh cocok banget nih buat kalian yang ingin melatih diri kalian untuk berbicara di depan umum dengan percaya diri dan pastinya dengan gaya pembicara yang handal. Berikut adalah sedikit tips agar kita bisa berbicara di depan umum dengan percaya diri dan tampil berwibawa
1. PENAMPILAN
Penampilan sangat diperlukan dalam dunia public speaking. Mengapa demikian, karena penampilan adalah penunjang kepercayaan diri kita. Mata audience anda akan tertuju pada diri anda, maka jika dari penampilan anda sudah tidak membuat kagum para audience, kemungkinan besar mereka enggan untuk memperhatikan kita bahkan tidak sedikit dari mereka akan mengabaikan keberadaan mereka.
2. SEMANGAT
Ketika anda berbicara di depan umum, tularkanlah semangat anda. Buka pembicaraaan dengan semangat. Karena semangat itu bisa menular. Jika anda membuka pembicaraan dengan nada yang tidak semangat maka audience anda akan tidur nantinya. Mereka hanya menikmati hidangan yang ada di depan mereka dan kemudian tidur. Hal ini karena anda kurang semangat, anda tidak menularkan semangat anda. Banyak cara untuk menumbuhkan semangat para audience, contohnya dengan ice breaking.
3. INTONASI DAN SUARA YANG LANTANG
Ketika anda berbicara dengan lantang maka secara otomatis audience anda akan memperhatikan sumber suara tersebut. Dan hal ini juga bisa untuk membangkitkan semangat para audience. Berilah tekanan-tekanan pada kalimat tertentu agar mereka paham tentang apa yang kita bicarakan. Intonasi dalam kita berbicara juga sangat di perlukan karena hal tersebut termasuk seni dalam dunia public speaking. Kalian bisa melihatnya dari para motivator-motivator handal. Cara berbicara mereka mempunyai ciri intonasi masing-masing. Maka kembangkan suara dan intonasi anda untuk mencuri perhatian para audience.
4. PENGOLAHAN KATA
Buatlah kerangka mengenai apa yang akan kita bicarakan. Pilihlah kata semenarik mungkin dan singkat agar para audience mudah untuk memahami. Buanglah kata-kata yang tidak perlu untuk di ucapkan misal “ee”. Sering sekali saya mendengar kata tersebut digunakan untuk pemenggalan kata. Namun sebenarnya hal itu akan membuat pembicaraan kita tidak menarik lagi. Kurangi dan buag kata tersebut. Carilah alternatif lain untuk memenggal kata ketika kita lupa.
5. PERCAYA DIRI
Percaya diri sangat penting dalam public speaking. Karena ini termasuk modal yang utama. Akan sangat terlihat lucu ketika kita berbicara di depan dengan keringat mengucur deras atau dengan tangan yang bergerak sendiri.
6. PANDANGAN MATA
Pandangan mata kita ketika kita sedang berbicara di depan harus mencakup keseluruhan wilayah audience. Kita tidak boleh memandang hanya dalam satu tujuan namun pandangan mata kita harus luas.
7. BODY LANGUAGE
Bahasa tubuh kita harus berbicara. Posisi kita berdiri, jalan maupun duduk harus menyesuaikan para audience. Tangan kita tidak boleh tersingkur kebelakang seperti orang yang sedang baris berbaris. Apalagi seperti orang yang mau menyanyi. Gerakan tangan kita harus bisa mengikuti maksut dari kalimat yang kita utarakan.
8. BERCERMIN
Lakukanlah latihan di depan cermin bagaimana mimik wajah kita ketika berbicara dan bagaimana posisi badan kita ketika berbicara. Berlatih di depan cermin akan sangat membantu kelancaran bicara anda nantinya.
Itulah sedikit tips agar kita bisa berbicara di depan umum dengan percaya diri dan berwibawa. Semoga tulisan ini dapat menambah informasi dan dapat membantu para pembaca untuk melatih dirinya berbicara di depan.
Masukan dan saran pembaca sangat berguna sekali bagi penulis.

Dunia Public Speaking

September 11, 2017 9:24 am | No Comments

Selamat Datang di blog saya Kawan..

 

Hello world!

September 11, 2017 9:02 am | 1 Comment

Welcome to Jejaring Blog Unnes Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Categories

About

about imageBlockquotes anyone? Lorem ipsum in blockquotes anyone? Lorem ipsum blockquotes anyone? Now we are talking!

Skip to toolbar