Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Artikel ini menjelaskan berbagai ulasan dari berbagai blog teman sejawat jurusan Sosiologi dan Antropologi angkatan 2013. Ulasan ini berisaikan kelebihan, kekurangan, dan saran untuk blog teman-teman jurusan Sosiologi dan Antropologi angkatan 2013 Unnes. Penulisan artikel ini juga sebagai tugas akhir matakuliah praktek laboratorium yang diampu oleh Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Ant., M.A.

Continue reading

Posted in Umum | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas X: Fungsi Sosiologi Untuk Mengenali Gejala Sosial Dalam Masyarakat

Sebagai bagian dari ilmu sosial, objek kajian sosiologi adalah masyarakat. Sosiolog menjelaskan bahwa perilaku masyarakat timbul tidak hanya dipengaruhi oleh motif dan sikap internal seseorang, tetapi juga dari konteks sosial dimana orang tersebut hidup. Manusia hidup dalam masyarakat, mereka saling berinteraksi dan berbagi budaya yang sama sehingga tak dipungkiri dalam proses tersebut berbagai gejala sosial terjadi. Gejala sosial merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok, yang melibatkan perilaku dari individu itu sendiri.

gejala sosial

Balap liar menjadi salah satu gejala sosial yang ada di masyarakat

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas X: Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial

hubungan sosial

Hubungan sosial dalam masyarakat

Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu denganindividu yang lain, saling memengaruhi dan didasarkan pada kesadaran untuk salingmenolong. Hubungan sosial disebut juga interaksi sosial. Interaksi sosial adalah prosessaling memengaruhi di antara dua orang atau lebih. Seseorang melakukan hubungansosial secara naluri didorong oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam maupundari luar dirinya.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas X: Ragam Gejala Sosial Di Dalam Masyarakat

Gejala sosial dapat diartikan suatu peristiwa yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang biasanya dalam kajian sosiologi disebut fenomena sosial. (Gejala Sosial = Fenomena Sosial). “Keseragaman semua anggota masyarakat tentang kesadaran moral tidak dimungkinkan. Tiap individu berbeda satu sama lain karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti keturunan, lingkungan fisik, dan lingkungan sosial”.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas X: Metode Penelitian Sosial

Penelitian sosial adalah istilah yang digunakan terhadap penyelidikan-penyeldikan yang dirancang untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan soaial atau praktik-praktik sosial. Istilah sosial ini menunujuk pada hubungan-hubungan antara, dan di antara, orang-orang, kelompok–kelompok seperti keluarga, institusi (sekolah, komunitas, organisasi, dan sebagainya), dan lingkungan yang lebih besar.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Pembentukan kelompok sosial

kelompok sosial

Pramuka merupakan salah satu contoh kelompok sosial

Secara sosiologis pengertian kelompok sosial adalah suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Disamping itu terdapat beberapa definisi dari para ahli mengenai kelompok sosial.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Permasalahan Sosial Dalam Masyarakat

Permasalahan Sosial

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Perbedaan, Kesetaraan Dan Harmoni Sosial

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang multikultural, negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa di dalamnya. Yang mana Setiap suku bangsa mempunyai keunikan sendiri sendiri, berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut sangatlah luas cakupannya. Mencakup perbedaan agama, ras, suku, adat istiadat, bahasa, dan sebagainya. Indonesia adalah negara yang beragam, termasuk didalamnya adalah keragaman akan kebudayaan. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , ragam berarti macam atau jenis. Ada tiga macam yang mengambarkan masyarakat yang majemuk yaitu masyarakat Plural, masyarakat Heterogen, dan masyarakat multukultural.

perbedaan

Multikultural

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Konflik, Kekerasan, Dan Upaya Penyelesaiannya

Di masyarakat kita dewasa ini, konflik seakan-akan sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Mulai dari konflik politik, ekonomi, berbagai aksi pengeboman yang di lakukan oleh para teroris, bahkan konflik yang berbau SARA, seperti yang terjadi di Ambon, Poso, Sampit, Sambas, dan juga konflik antarsuku di Timika, Papua, yang dapat kamu amati pada gambar di atas. Berbagai konflik yang terjadi di masyarakat dapat merusak tatanan struktur sosial yang telah ada dan dapat mengancam jalinan integrasi yang selama ini dibangun dengan landasan Bhinneka Tunggal Ika.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Integrasi Dan Reintegrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik Dan Kekerasan

Pengertian Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan norma.

Continue reading

Posted in Materi Sosiologi SMA | Leave a comment