Peran Generasi Muda Menangkal Radikalisme #2

Tantowi Yahya : Peran Generasi Muda Menangkal Radikalisme

Generasi muda memiliki peranan penting dalam upaya melawan radikalisme yang muncul di Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh politisi Partai Golkar Tantowi Yahya.

Menurutnya, bila dibiarkan, maka akan mengoyak keutuhan kehidupan berbangsa dan negara.

“Paham radikalisme yang sekarang sedang top itu adalah ISIS. ISIS ini hanya salah satu paham saja, sebelumnya, ada paham-paham lain yang berkembang,” ujarnya di depan ratusan Pelajar Madrasah Aliyah Negeri 12, Kosambi Cengkareng, Jakarta Barat, saat menggelar Sosialisasi 4 Konsensus Kehidupan Berbangsa dan Bernegara sebagai reses pertamanya di Masa Sidang III, Jumat (24/4/2015).

Selain ratusan pelajar, hadir juga pengajar dan staf MAN 12 yang hadir dalam acara tersebut.

Tantowi, yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR ini menegaskan kembali, paham-paham ini masuk ke Indonesia karena beberapa faktor.

Di antaranya, minimnya pengetahuan masyarakat sehingga ketika paham radikalisme tersebut datang mereka menelanya mentah-mentah.

“Pembawa paham ini sengaja memilih orang-orang yang yang minim pengetahuan, karena mudah dimasuki paham nya. Jadi, paham tersebut begitu mudah masuk karena ketahanan kita rentan karena pengetahuan yang minim,” katanya.

Faktor lainnya, yang mendorong radikalisme masuk dan berkembang karena memiliki keimanan yang lemah, yang berdampak akan mudah dan cepat sekali dimasuki paham-paham baru.

Faktor lainnya Tantowi menegaskan karena didasari atas himpitan ekonomi, saat ada sekelompok masyarakat hidup susah, tidak memiliki pekerjaan, kemudian secara tiba-tiba ada orang yang menawarkan sesuatu.

Padahal, orang itu sudah tahu salah, tapi karena miskin kemudian bersikap masa bodoh, yang penting bisa mendapatkan uang.

“Inilah yang terjadi di ISIS, di ISIS itu digaji, siapa orang yang tidak mau digaji ketika himpitan ekonomi mendera mereka,” ujarnya.

Soal himpitan ekonomi ini, keimanan yang lemah dan pengetahuan yang minim, menurut Tantowi, negara harus bertanggungjawab.

“Soal himpitan ekonomi negara harus menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga persoalan himpitan ekonomi tidak lagi menjadi alasan bagi seseorang untuk menganut paham radikalisme dan mau melakukan apa saja,” katanya.

Tantowi mengingatkan kembali, tugas generasi muda adalah memperkuat iman, memperbanyak ilmu pengetahuan, di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

“Masuklah organisasi yang bisa mencerdaskan dan memperluas jaringan kita. Jangan masuk organisasi yang tidak jelas karena banyak sekali organisasi-organisasi tanpa nama,” katanya.

sumber : tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: