• Buku Sekolah Elektronik Lengkap

    Buku Sekolah Elektronik atau yang sering disingkat dengan BSE merupakan sebuah inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK.

    Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Namun harga yang beredar di pasaran serasa terlalu mahal untuk ukuran kalangan bawah sehingga susah dijangkau untuk kalangan luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit kemudian buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik (ebook) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang bisa didapatkan secara gratis untuk versi digitalnya, sedangkan untuk versi cetak diperjual-belikan dengan harga yang masih terjangkau.

    Sampai saat ini sekolah masih menerapkan dua jenis kurikulum yaitu kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebut juga dengan Kurikulum 2006 merupakan suatu kurikulum yang sistemnya kepada operasional pendidikan yang dikembangkan oleh BNSP atau badan standar nasional yang dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan dimana diamanatkan dalam perundang undangan pada UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Ada tahapan tertentu dalam penyusunan kurikulum ini, pertama Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai pada tahun pertama yaitu 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi tingkat sarjana (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bagaimana dengan tingkat Sekolah dasar?? untuk pendidikan dasar, dan menengah ada maklumat tersendiri dari PERMEN nasional No 22 tahun 2006, dan Nomor 23 Tahun 2006, ada juga pada Panduan Pengembangan KTSP yang telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

    Sedangkan Kurikulum 2013 (K-13) merupakan suatu kurikulum diterapkan oleh pemerintah dalam rangka mengganti kurikulum sebelumnya yaitu (KTSP) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah dilaksanakan beberapa tahun selama kurang lebih 6 tahun. K13 mulai diujicobakan pada tahun 2013 yang diterapkan pada beberapa sekolah. Kemudian pada tahun 2014, Kurikulum 2013 mulai dilakukan pada kelas tertentu pada tingkat Sekolah Dasar seperti kelas I, II, IV, dan V lalu pada tingkatan SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Kurikulum 2013 (K-13) ini memiliki karakteristik sendiri seperti ada 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Ada beberapa mata pelajaran yang digabungkan dan ada juga yang ditambahkan contoh dari mata pelajaran yang dirampingkan (gabung) seperti materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.

    Omah BSE merupakan salah satu website penyedia buku sekolah elektronik yang dapat diunduh secara gratis. Terdapat ribuan buku bse versi digital yang dapat di download bagi peserta didik, tenaga pengajar, orang tua siswa atau lainnya untuk tujuan pembelajaran. Tersedian buku bse kurikulum ktsp 2006 lengkap dan buku bse kurikulum 2013 lengkap.  Disediakan untuk semua jenjang diantaranya Sekolah Dasar (SD Kelas 1 s.d Kelas 6), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs Kelas 7 s.d Kelas 9) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SMK Kelas 10 s.d Kelas 12).

    Yuk segera kunjungi https://www.omahbse.com/ untuk mendapatkan buku bse baik kurikulum ktsp maupun kurikulum 2013 secara gratis, karena hak cipta buku ini telah dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran agar website tersebut bisa lebih berkembang lagi.

     

    Categories: Buku, Pendidikan

    Tags: , ,

    Comments are currently closed.