PERLINDUNGAN HUTAN

Pengertian dan Definisi dari Perlindungan Hutan adalah usaha, kegiatan, dan tindakan untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan hasil hutan oleh karena perbuatan manusia maupun alam. Penyebab kerusakan hutan dapat berupa kebakaran hutan, hama, penyakit, penggembalaan, pencurian dan penyebab faktor lindungan. Salah satu prinsip dari perlindungan hutan ialah bahwa pencegahan terhadap awal terjadinya atau perkembangan suatu penyebab kerusakan hutan, akan lebih efektif daripada kegiatan pengendalian setelah kerusakan terjadi.

Asas perlindungan hutan mengutamakan pencegahan awal terjadinya atau perkembangan suatu kerusakan hutan melalui perencanaan silvikultur dan pengelolaan yang baik.

Dalam hubungannya dengan tindakan pengelolaan, pencegahan dalam konsep perlindungan hutan didekati melalui cara :

  • pengambilan keputusan terhadap langkah atau tindakan untuk mencegah agar penyebab kerusakan hutan tidak berkembang dan tidak menimbulkan kerusakan hutan yang serius.
  • pengembangan suatu bentuk pengelolaan hutan yang hati-hati dan berwawasan masa depan.

Ilmu perlindungan hutan pada umumnya dipelajari juga sebagai bagian dari Ilmu Silvikultur. Cabang Ilmu Perlindungan Hutan yang telah berkembang menjadi ilmu yang lebih spesifik diantaranya ilmu Penyakit Hutan, Ilmu Hama Hutan, dan Kebakaran Hutan.

http://pengertian-definisi.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-perlindungan-hutan.html

#2 MEMBANGUN RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI

Rumah Ilmu sangat diperlukan bagi kelangsungan pendidikan bangsa Indonesia, karena dapat membangun pendidikan generasi muda yang tidak bisa mengennyam pendidikan. Karenanya banyak dari aktivis yang menggalakan dana ataupun dengan dana pribadi untuk membangun Rumah Ilmu untuk kesejahteraan pendidikan bangsa. Banyak Rumah Ilmu yang sudah dilirik oleh pemerintah untuk mengembangkan tapi lebih banyak lagi yang nyaris roboh karena akan di razia oleh SATPOL PP. Fakta itu tentu sangat miris bagi kita yang seorang MAHASISWA yang merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya memikirkan bagaimana caranya untuk dapat membangun bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju bukan hanya bangsa yang berkembang. maka dari itu pembanguna Rumah Ilmu sangat amat penting dilakukan oleh kami para mahasiswa yang memiliki taraf pendidikan tinggi untuk dapat membagi ilmunya pada generasi penerus bangsa yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan yang layak di sekolah formal.

Karenanya mahasiswa harus mampu berperan aktif dalam pembangunan pendidikan bangsa salah satunya dengan pembangunan Rumah Ilmu, yang bisa dimulai di lingkungan sekitar kampus yang pasti tidak semua warga setempat tamat sekolah. Rumah Ilmu tidah harus tempat tetap kita bisa membuat Rumah Ilmu yang sistemnya keliling jadi kita dapat membantu anak-anak yang buta huruf atau yang harus berhenti sekolah karena keterbatasan biaya dari orang tua. Rumah Ilmu bjsa dalam bentuk perpustakaan, tempat mengaji, atau seperti tempat bibimbingan belajar gratis bagi anak jalanan atau anak-anak kurang mampu.

Konservasi

Universitas Negeri Semarang yang merupakan Universitas Konservasi harus mencerminkan slogan yang selalu dikumandangkan yaitu Universitas Konservasi. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seluruh keluarga besar Universitas Negeri Semarang, salah satunya adalah dengan melakukan penghijauan yang menjadi salah satu cermin konservasi. Konservasi sendiri memiliki arti menurut Buku Pendidikan Konservasi karangan Dr. Puji Hardanti, M.Si., dkk adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Salah satu wujud konservasi adalah konservasi sumber daya alam, yakni upaya pengolahan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatannya secara bijaksana. Dalam hal sumber daya terbarui, upaya tersebut dilakukan untuk menjamin kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman.

Universitas Negeri Semarang sudah memulainya dengan menanam banyak pohon di sekitar kawasan kampus UNNES. Dan juga banyak kebijakan-kebijakan yang dicanangkan oleh Universitas Negeri Semarang seperti mewajibkan setiap mahasiswa UNNES untuk menanam satu pohon dan melaporkan perkembangan pohon yang ditanam. Banyak lagi kegiatan konservasi yang sudah dilakukan oleh UNNES, yang baru-baru ini adalah diselenggarakannya Senam Konservasi yang dihadiri oleh mahasiswa baru UNNES dan rektor serta dosen UNNES.

Selain itu juga dibuat mata kuliah baru yang bernama Pendidikan Konservasi yang merupakan salah satu mata kuliah umum yang mulai dibuka tahun 2015. Pada mata kuliah umum dijelaskan tentang konservasi secara garis besar maupun terperinci. Mahasiswa juga dbekali dengan buku pegangan yang disusun oleh Dr. Puji Hardanti, M.Si., dkk. Dalam buku Pendidikan Konservasi, terdapat 6 bab yang membahas konsep dasar lingkunga, isu-isu kingkungan, konservasi nilai, konservasi sumber daya, konservasi arsitektur hijau dan energi bersih, serta konservasi limbah dan kebijakan nirkertas.

Udara Bersih

MANFAAT UDARA BERSIH

 

Rekan-rekan Pencinta kesehatan. Anda pasti tahu apa itu udara, dan Anda juga pasti tahu apa manfaat udara untuk kehidupan di dunia ini. Udara begitu dekat dengan kita, bahkan dapat dikatakan dia telah menyatu dengan kita, dalam arti yang sebenarnya. Udara bukan hanya berada di sekitar luar tubuh kita, tapi juga dia berada di dalam tubuh kita. Ternyata, udara bukan hanya sangat dekat dengan kita, tapi dia juga yang menentukan hidup kita. Kita bisa hidup tanpa makan dan minum beberapa hari, tapi kita tidak bisa hidup tanpa udara dalam beberapa menit. Tubuh kita ditakdirkan harus menghirup udara terus-menerus tanpa henti sedikitpun. Apa artinya ini ? Artinya, walaupun udara itu dapat diperoleh secara gratisan, dia mempunyai nilai yang lebih tinggi dari harga semangkok bakmi atau harga satu kilogram emas. Udara sangat tidak ternilai harganya bagi kehidupan manusia. Namun sayang sekali, udara yang sangat bernilai itu diabaikan oleh manusia, bahkan dirusak keberadaanya oleh manusia itu sendiri. Udara yang seharusnya jadi penopang hidup manusia supaya sehat, malah menjadi pengantar penyakit yang mematikan, sebab tercemar dengan gas-gas beracun hasil dari akibat ulah manusia.

Udara dan kesehatan tidak dapat dipisahkan. Udara bersih yang mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kelangsungan hidup manusia dan ciptaan lainnya, semestinya harus dilestarikan. Ini adalah tanggung jawab Anda dan saya. Rasa tanggung jawab ini hanya dimilki oleh orang-orang yang mau hidup sehat dan cinta pada kesehatan. Berapa banyak orang yang perduli pada udara ? Orang lebih perduli pada uang seribu rupiah, sampai-sampai berkelahi untuk mendapatkannya, ketimbang prihatin pada kondisi udara yang tercemar oleh berbagai gas beracun yang mematikan. Tentunya Anda dan saya, kita semua yang masih mau hidup sehat, semestinya ikut prihatin terhadap kondisi udara di mana kita tinggal. Mungkin Anda berpikir,”Ah itu kan urusan dan kerjaan Negara, bukan saya”. Memang untuk menanggulangi kondisi udara yang tercemar atau terpolusi, bukan kapasitas kita untuk menanggulanginya. Tapi untuk menjaga udara tetap bersih dan sehat itu bagian Anda dan saya. Bagaimana caranya ? Hentikanlah sebisa mungkin perbuatan-perbuatan kita yang bisa mengakibatkan tercemarnya udara di lingkungan kita masing-masing. Idealis ? Tidak. Hal itu bisa kita lakukan.

Pertama kita harus tau dulu kandungan dari udara itu apa. Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara bumi yang kering mengandungi 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain.Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan. Udara dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Udara bersih

Udara yang bersih adalah udara yang belum tercampur dengan gas-gas yang berbahaya. Ciri-ciri udara bersih yaitu : tidak berwarna, tidak berbau, terasa segar dan ringan saat dihirup.

  1. Udara kotor

Udara kotor adalah udara yang sudah terpapar atau tercampur dengan gas-gas yang berbahaya.ciri-cirinya yaitu : berbau( biasanya tidak enak baunya), berwarna(seperti pada asap kendaraan bermotor).

Seperti dipaparkan di atas bahwa udara bersih adalah udara yang belum mengalami pencemaran sehingga kita harus menjaga udara kita agar tetap bersih karena udara adalah sumber utama kehidupan makhluk hidup. Banyak bisa kita lakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dn kaya O2 yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas salah satunya adalah menanam banyak tumbuhan yang merupakan penghasil utama O2. Selain itu kita dapat mengurangi polusi dengan mengurangi pengguanaan kendaraan bermotor yang menghasilkan asap yang mengandung CO yang sangat berbahaya. Tidak membakar sampah atau mengolah terllebih asap pabrik agar tidak memuat terlalu banyak bahan berbahaya, dan upaya lain yang bisa dilakukan.

Karena Bumi ini bukan milik kita melainkan milik anak cucu kita yang diamanatkan pada kita agar bisa menjaganya dan dapat diwariskan pada generasi selanjutnya. Tentu kita tidak ingin anak cucu kita harus menggunakan masker oksigen atau masker kesehatan karena harus menghirup udara tercemar setiap hari yang berbeda dengan kita yang pada masa kecil masih dapat berlarian di lapangan dan menghirup udara bersih kaya O2. Karna sesuai dengan riset ilmiah telah mengungkapkan berbagai manfaat udara segar atau bersih untuk tubuh kita :

  1. Banyak jiwa yang terselamatkan

Sebagaimana sering diajarkan di sekolah, pohon-pohon melakukan fotosintesis guna merubah CO2 untuk menghasilkan O2 yang dibutuhkan untuk bernapas. Bila dihitung selama satu tahun, adanya pepohonan dapat menyelamatkan 850 jiwa sekaligus menghimdarkan 670 ribu gangguan pernapasan akut lebih sehat unngyang akan menyerang manusia. Pepohonan akan menetralisir dan menyaring polusi udara yang hasilnya adalah udara yang lebih sehat untuk dihirup paru-paru. Adanya polusi udara berakibat sangat negatif, malah penetrasi polusi untuk jangka panjang dapat mengakibatkan kanker dan janin yang lahir dengan kelainan.

  1. Memperkuat mekanisme kekebalan tubuh

Kerap-keraplah tinggal di kawasan yang mempunyai udara bersih, lebih-lebih kalau Anda bermukim di kawasan perkotaan yang penuh sesak. Melakukan olahraga pada lingkungan udara bersih pun akan banyak memperbanyak sel-sel pembasmi pantogen alami di tubuh.

  1. Menghalau ketgangan

Jalan-jalan di bawah rindangnya pohon-pohon serta mengirup semerbak wangi bunga tidak cuma akan menjadikan kita bahagia namun juga akan memperbasar perasan santai. Berjalan-jalan di lingkunagn dengan udara bersih pun akan menjadikan kita lebih nyaman dan kecemasan pun akan sirna.

  1. Menambah energi

Termasuk upaya menjadikan badan lebih penuh energi dan sehat yakni dengan memanfaatkan waktu berada di kawasan dengan udara terbuka yang bersih. Kegiatan tadi terbukti bisa memperbesar eneri sampai 90%. Lingkungan alam merupakan sumber energi untuk mental dan juga raga.

 

Jadi kita harus menjaga agar udara tetap bersih dan kaya O2, agar bisa membuat tubuh kita tetap sehat dan segar.

 

 

REFERENSI

 

http://kokokurniawan.blogspot.co.id/2011/10/about-udara.html

http://udaradankesehatan.blogspot.co.id/

http://7manfaat.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-udara-bersih-untuk-jiwa-dan-raga.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Udara

 

#1 Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi.

Sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu : “Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Berprestasi” saya akan membahas sedikit mengenai hal tersebut. Rumah Ilmu saat ini sedang ramai dicanangkan untuk membuat proja atau program kerja dari pemerintah baik daerah maupun pusat. Hal ini dianggap penting karena tidak semua rakyat Indonesia dapat mengenyam pendidikan. Banyak yang hanya lulus sekolah dasar bahkan banyak yang tidak menamatkan pendidikan sekolah dasarnya. Padahal pemerintah sudah mencanangkan untuk wajib belajar 9 tahun. Banyak kendala yang menyebabkan anak-anak Indonesia tidak sekolah, alasan utama tentunya karna biaya. Alasan lain karena tempat tinggalnya merupakan daerah isolasi, tenaga pengajar atau guru yang jarang mau untuk mengajar di daerah terisolasi, pengetahuan orang tua yang rendah mengenai pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya, dan alasan-alasan lainnya.

                Sehingga banyak aktivis sosial yang hatinya tergerak untuk memperbaiki mutu pendidikan bangsa ini, salah satunya dengan membangun Rumah Ilmu. Para aktivis mendirikan rumah ilmu ini lebih menargetkan untuk lokasi yang terisolasi dan beberapa untuk para anak jalanan yang masih memiliki semangat untuk bersekolah. Biasanya rumah ilmu ini lebih banyak berisi buku-buku semacam menjadi perpustakaan kecil untuk anak-anak atau pada hari tertentu akan ada mentor yang datang untuk mengajari anak-anak untuk berhitung, membaca, dan kemampuan lainnya yang juga diberikan untuk anak yang bersekolah di sekolah umum.

https://pbs.twimg.com/profile_images/508082881768341505/vKj-_YCR_400x400.jpeg
https://pbs.twimg.com/profile_images/508082881768341505/vKj-_YCR_400x400.jpeg

Rumah ilmu ini sangat bermanfaat bagi anak-anak yang membutuhkan uluran tangan dari para relawan ataupun aktivis sosial. Selain itu juga butuh perhatian pemerintah untuk lebih memperbaiki sistem pendidikan yang semakin hari makin carut marut. Kita sebagai mahasiswa pun dituntut untuk bisa memberikan konstribusi nyata untuk membangun pendidikan Indonesia agar lebih maju. Mungkin dengan mendirikan rumah ilmu di daerah yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah, kita dapat sedikit memberikan sumbangsih terhadap upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.