Udara Bersih

MANFAAT UDARA BERSIH

 

Rekan-rekan Pencinta kesehatan. Anda pasti tahu apa itu udara, dan Anda juga pasti tahu apa manfaat udara untuk kehidupan di dunia ini. Udara begitu dekat dengan kita, bahkan dapat dikatakan dia telah menyatu dengan kita, dalam arti yang sebenarnya. Udara bukan hanya berada di sekitar luar tubuh kita, tapi juga dia berada di dalam tubuh kita. Ternyata, udara bukan hanya sangat dekat dengan kita, tapi dia juga yang menentukan hidup kita. Kita bisa hidup tanpa makan dan minum beberapa hari, tapi kita tidak bisa hidup tanpa udara dalam beberapa menit. Tubuh kita ditakdirkan harus menghirup udara terus-menerus tanpa henti sedikitpun. Apa artinya ini ? Artinya, walaupun udara itu dapat diperoleh secara gratisan, dia mempunyai nilai yang lebih tinggi dari harga semangkok bakmi atau harga satu kilogram emas. Udara sangat tidak ternilai harganya bagi kehidupan manusia. Namun sayang sekali, udara yang sangat bernilai itu diabaikan oleh manusia, bahkan dirusak keberadaanya oleh manusia itu sendiri. Udara yang seharusnya jadi penopang hidup manusia supaya sehat, malah menjadi pengantar penyakit yang mematikan, sebab tercemar dengan gas-gas beracun hasil dari akibat ulah manusia.

Udara dan kesehatan tidak dapat dipisahkan. Udara bersih yang mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kelangsungan hidup manusia dan ciptaan lainnya, semestinya harus dilestarikan. Ini adalah tanggung jawab Anda dan saya. Rasa tanggung jawab ini hanya dimilki oleh orang-orang yang mau hidup sehat dan cinta pada kesehatan. Berapa banyak orang yang perduli pada udara ? Orang lebih perduli pada uang seribu rupiah, sampai-sampai berkelahi untuk mendapatkannya, ketimbang prihatin pada kondisi udara yang tercemar oleh berbagai gas beracun yang mematikan. Tentunya Anda dan saya, kita semua yang masih mau hidup sehat, semestinya ikut prihatin terhadap kondisi udara di mana kita tinggal. Mungkin Anda berpikir,”Ah itu kan urusan dan kerjaan Negara, bukan saya”. Memang untuk menanggulangi kondisi udara yang tercemar atau terpolusi, bukan kapasitas kita untuk menanggulanginya. Tapi untuk menjaga udara tetap bersih dan sehat itu bagian Anda dan saya. Bagaimana caranya ? Hentikanlah sebisa mungkin perbuatan-perbuatan kita yang bisa mengakibatkan tercemarnya udara di lingkungan kita masing-masing. Idealis ? Tidak. Hal itu bisa kita lakukan.

Pertama kita harus tau dulu kandungan dari udara itu apa. Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara bumi yang kering mengandungi 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain.Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan. Udara dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Udara bersih

Udara yang bersih adalah udara yang belum tercampur dengan gas-gas yang berbahaya. Ciri-ciri udara bersih yaitu : tidak berwarna, tidak berbau, terasa segar dan ringan saat dihirup.

  1. Udara kotor

Udara kotor adalah udara yang sudah terpapar atau tercampur dengan gas-gas yang berbahaya.ciri-cirinya yaitu : berbau( biasanya tidak enak baunya), berwarna(seperti pada asap kendaraan bermotor).

Seperti dipaparkan di atas bahwa udara bersih adalah udara yang belum mengalami pencemaran sehingga kita harus menjaga udara kita agar tetap bersih karena udara adalah sumber utama kehidupan makhluk hidup. Banyak bisa kita lakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dn kaya O2 yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas salah satunya adalah menanam banyak tumbuhan yang merupakan penghasil utama O2. Selain itu kita dapat mengurangi polusi dengan mengurangi pengguanaan kendaraan bermotor yang menghasilkan asap yang mengandung CO yang sangat berbahaya. Tidak membakar sampah atau mengolah terllebih asap pabrik agar tidak memuat terlalu banyak bahan berbahaya, dan upaya lain yang bisa dilakukan.

Karena Bumi ini bukan milik kita melainkan milik anak cucu kita yang diamanatkan pada kita agar bisa menjaganya dan dapat diwariskan pada generasi selanjutnya. Tentu kita tidak ingin anak cucu kita harus menggunakan masker oksigen atau masker kesehatan karena harus menghirup udara tercemar setiap hari yang berbeda dengan kita yang pada masa kecil masih dapat berlarian di lapangan dan menghirup udara bersih kaya O2. Karna sesuai dengan riset ilmiah telah mengungkapkan berbagai manfaat udara segar atau bersih untuk tubuh kita :

  1. Banyak jiwa yang terselamatkan

Sebagaimana sering diajarkan di sekolah, pohon-pohon melakukan fotosintesis guna merubah CO2 untuk menghasilkan O2 yang dibutuhkan untuk bernapas. Bila dihitung selama satu tahun, adanya pepohonan dapat menyelamatkan 850 jiwa sekaligus menghimdarkan 670 ribu gangguan pernapasan akut lebih sehat unngyang akan menyerang manusia. Pepohonan akan menetralisir dan menyaring polusi udara yang hasilnya adalah udara yang lebih sehat untuk dihirup paru-paru. Adanya polusi udara berakibat sangat negatif, malah penetrasi polusi untuk jangka panjang dapat mengakibatkan kanker dan janin yang lahir dengan kelainan.

  1. Memperkuat mekanisme kekebalan tubuh

Kerap-keraplah tinggal di kawasan yang mempunyai udara bersih, lebih-lebih kalau Anda bermukim di kawasan perkotaan yang penuh sesak. Melakukan olahraga pada lingkungan udara bersih pun akan banyak memperbanyak sel-sel pembasmi pantogen alami di tubuh.

  1. Menghalau ketgangan

Jalan-jalan di bawah rindangnya pohon-pohon serta mengirup semerbak wangi bunga tidak cuma akan menjadikan kita bahagia namun juga akan memperbasar perasan santai. Berjalan-jalan di lingkunagn dengan udara bersih pun akan menjadikan kita lebih nyaman dan kecemasan pun akan sirna.

  1. Menambah energi

Termasuk upaya menjadikan badan lebih penuh energi dan sehat yakni dengan memanfaatkan waktu berada di kawasan dengan udara terbuka yang bersih. Kegiatan tadi terbukti bisa memperbesar eneri sampai 90%. Lingkungan alam merupakan sumber energi untuk mental dan juga raga.

 

Jadi kita harus menjaga agar udara tetap bersih dan kaya O2, agar bisa membuat tubuh kita tetap sehat dan segar.

 

 

REFERENSI

 

http://kokokurniawan.blogspot.co.id/2011/10/about-udara.html

http://udaradankesehatan.blogspot.co.id/

http://7manfaat.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-udara-bersih-untuk-jiwa-dan-raga.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Udara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: