MEMBANGUN ILMU UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI#1

MUDA-MUDI KONSERVASI

 

Universitas Negeri Semarang merupakan universitas konservasi terbaik di Indonesia, karena letaknya di daerah pegunungan yang masih banyak tumbuhan hijau nan segar maka dari itu selain universitas konservasi, UNNES juga dikenal dengan Green Campus. Sehingga menjadikan Unnes Terkenal hingga ke manca negara. Mengapa Unnes dikatakan Universitas konservasi? Nah, dari pengertian konservasi sendiri merupakan upaya pelestarian lingkungan dengan memperhatikan keadaan lingkungan di sekitar kita serta memanfaatkannya secara bijaksana. Universitas konservasi disini dimaksudkan universitas yang mendukung pelaksanaan tata kelola kampus berbasis konservasi  yang diwujudkan melalui 7 (tujuh) pilar utama universitas konservasi, yakni :  1)  konservasi keanekaragaman hayati, 2) arsitektur hijau dan sistem transportasi internal, 3) pengelolaan limbah, 4) kebijakan nirkertas, 5) energi bersih, 6) konservasi, etika, seni, dan budaya, 7) kaderisasi konservasi.  Ketujuh pilar tersebut saling melengkapi, bersinergi dan mendukung satu sama lain sehingga tercipta suatu universitas konservasi ini.

Untuk mewujudkan suatu universitas konservasi yang berputasi, peran mahasiswa merupakan suatu hal yang sangat penting untuk berperan aktif dalam menjalankan konservasi yang berputasi. Misalnya para mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan selalu menjaga dan mengelola lingkungan sekitarnya sebaik mungkin. Dapat diambil contoh dengan mahasiswa harus menanam pohon setiap tahunnya, bakti pantai, pembuatan vertikal garden, pengelolaan sampah dan sebagainya. Ini bukan hanya untuk satu fakultas saja tapi seluruh fakultas di Unnes, seluruh mahasiswa Unnes, wajib berkontribusi untuk mewujudkan suatu universitas konservasi yang berputasi.

Mahasiswa Unnes juga berantusias di kegiatan konservasi, seperti senam konservasi, membuat parikan bahasa jawa dan lain-lain, hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya agar tidak hilang. Hal-hal tersebut dilakukan agar terciptanya universitas konservasi yang berputasi oleh Muda-Mudi Konservasi di kampus Unnes tercinta ini.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Awards di Universitas Negeri Semarang.  Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: