Skip to content


Silabus Sosiologi SMA Kelas X Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

 KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

silahkan download disini silabus-sosiologi-klas-x_rev-ml_4-mei atau untuk membaca full text lebih lanjut 

Kompetensi Dasar Materi pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain  

 

 

 

 

2.1      Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa

 

2.2    Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar

 

3.1     Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

4.1    Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat

 

1.     Fungsi i sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat

 

Mengamati:

 

Mengamati  gejala sosial di masyarakat dari berbagai sumber sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan

 

Menanya:

 

Mendiskusikan fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial untuk membangun kesadaran dalam hidup bermasyarakat

 

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:

 

Mengidentifikasi  gejala sosial berdasarkan dan sesuai bentuk dan jenisnya dari hasil pengamatan dan penggalian informasi  berbagai sumber

 

Mengasosiasikan:

 

Mengaitkan fungsi sosiologi dalam menemukan gejala sosial di masyarakat  yang diperoleh melalui penggalian informasi dari berbagai sumber

 

Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat

 

Mengkomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil  kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang fungsi sosiologi dalam mengenali gejala sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan tentang fungsi sosiologi  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

 

 

8 Minggu X 3 jp Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat
3.2       Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta  antar kelompok

4.2    Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok

2.     Individu, kelompok , dan hubungan sosial

 

 

 

Mengamati:

 

Mengamati berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di dalam masyarakat sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan

 

Mengkaji hubungan sosial antar individu untuk memahami pembentukan kelompok sosial di masyarakat

 

Menanya:

 

Mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompom serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah dikembangkan

 

Mengeksplorasikan:

Melakukan wawancara kepada individu atau kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar  terkait hubungan sosial antar individu dan antar kelompok

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis hasil  wawancara mengenai hubungan sosial  antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi

 

Menemukan konsep dasar sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial

 

Menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok  serta antar kelompok

 

Mengkomunikasikan:

 

Memaparkan hasil  pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar sosiologi

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep dasar sosiologi, individu, kelompok, dan hubungan sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan dari hasil kalian tentang konsep dasar, individu, kelompok, dan hubungan  sosiali  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

Observasi:

 

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam hubungan sosial

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap fenomena hubungan sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen

 

 

9 Minggu X 3 jp  
3.3       Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat

4.3      Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat

 

3.     Ragam gejala sosial dalam masyarakat Mengamati:

 

Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan kebesaran Tuhan tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial

 

Menanya:

 

Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat

 

Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari hubungan sosial

 

Mengeksplorasikan:

 

Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang berbagai gejala sosial melalui observasi, wawancara,  partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis data dari hasil survey mengenai ragam gejala sosial di  masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam  kehidupan kelompok dan masyarakat

 

Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai masalah sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat

 

 

Mengkomunikasikan:

 

Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok terkait hasil survey mengenai hubungan sosial dan pembentukan kelompok di masyarakat

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  fungsi sosiologi dalam mengenali gejala sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan tentang fungsi sosiologi  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

Proyek:

 

Merencanakan, melakukan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang keragaman kelompok sosial di masyarakat

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap adanya keragaman sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen

 

9 Minggu X 3 jp  
3. 4   Menerapkan metode-metode  penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala sosial

4.4   Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual

4.   Metode Penelitian Sosial

 

Mengamati:

 

Melakukan kajian pustaka tentang  metode-metode penelitian sosial sebagai persiapan untuk merancang penelitian sederhana mengenai berbagia gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat

 

Menanya:

 

Merumuskan pertanyaan terkait metode penelitian sosial yang akan digunakan dalam penelitian sederhana mengenai berbagai gejala sosial di masyarakat

 

Mengeksplorasikan:

 

Menyusun rancangan penelitian sederhana  tentang berbagai gejala sosial  terkait dengan hubungan sosial dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu penetapan  topik, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan pedoman observasi).

 

Melakukan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat

 

Mengasosiasikan:

 

Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan  hasil penelitian

 

Menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah

 

Mengkomunikasikan:

 

Menyajikan hasil  laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  metode penelitian sosial

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan  sikap ilmiah

 

Proyek:

 

Merencanakan, melakukan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial sederhana tentang keragaman kelompok sosial di masyarakat

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penelitian sosial dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

9 Minggu  X 3 jp  

Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.


9 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. ika yuni aryanti says

    good

  2. renny ayuningsih says

    Backgroundnya masih sederhana, kalau bisa di edit lagi supaya lebih menarik.

  3. Syarafina Nandanisita says

    apakah anda sudah paham dengan silabus?

  4. Sofiyatin says

    di tambahin lagi dong materinya kak 😀

  5. ika fitrianingrum says

    Kak makasi sangat membantu

  6. Lenni Novia Lestari says

    Matursuwun



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.