Teori antropologi

MASALAH RUANG LINGKUP DAN DASAR ANTROPOLOGI

Proses integrasi tadi merupakan suatu proses perkembangan panjang yang dimulai sejak kira – kira permulaan abad ke-19 yang lalu, dan berlangsung terus sampe sekarang ini juga.

ETNOGRAFI DAN MASALAH ANEKA WARNA MANUSIA

Orang awam di Eropa pada umumnya tertarik akan sifat yang aneh dari benda – benda kebudayaan orang Afrika, orang Asia, orang Oseania, atau orang Indian Amerika itu; tetapi diantara para ahli filsafat paling sedikit terdapat tiga pandangan dasar mengenai masyarakat dan kebudayaan manusia. Pandangan yang pertama berdasarkan keyakinan bahwa sifat aneka warna manusia, baik ragawi maupun rohani, yang tampak dari bahan etnografi dan etnografika itu, disebabkan karena makhluk manusia dari sejak awal diciptakan beraneka – warna, atau karena makhluk manusia diturunkan dari beraneka warna makhluk.

FILSAFAT SOSIAL DAN MASALAH ANEKA – WARNA MANUSIA

          Contoh ahli filsafat sosial dari zaman Aufklarung di Eropa barat yang mencoba melaksanakan metodelogi ilmiah seperti terurai diatas adalah C.L de Secondat, Baron de la Brede et de Montesquieu saja. Ia mencoba meneliti beberapa gejala sosial mengenai hukum, pengendalian sosial dan integrasi sosial dan himpunan data yang dikumpulkannya dalam waktu kira- kira 20 tahun dari sejumlah masyarakat yang berbeda – beda di Eropa, dianalisa secara komparatif induktif.

 

 

KONSEP EVOLUSI DALAM ILMU BIOLOGI

Dalam tahun 1858 ahli biologi C. Darwin (1809 – 1882) memberikan ceramah yang disponsori oleh perhimpunan linean di London, dan setahun kemudian terbitlah bukunya The Origin Of Species (1859)

4 Responses to “Teori antropologi”

  1. mrbayu Says:

    belum ada profil pemilik blog

  2. levina Says:

    okee

  3. Dedi Arif Setiawan Says:

    just more diligent again, wheter people say anything about you, but you’re still you. keep spirit,

  4. Dedi Arif Setiawan Says:

    Tugas praktek laboratorium untuk minggu depan, memposting silabus antropologi (Nim Genap), sosiologi (Nim Ganjil) memberikan komentar pada artiklel teman yang disertakan dalam blog.

Leave a Reply