RSS

Museum Manyarejo

MUSEUM MANYAREJO

 

Kali ini saya akan memperkenalkan tentang museum manyarejo.Penemuan fosil di sangiran sudah diketahui dunia sejak akhir abad ke-19. Sejak saat itu, para peneliti nusantara maupun dari berbagai nelahan bumi lain silih berganti datag ke tempat ini. Warga sangiran dengan terbuka menjadi tuan rumah bagi mereka. Bahkan mereka menjadi mata tombak bagi setiap tahap awal penelitian : menemukan atau menunjukan lokasi tempat fosil ditemukan. Tenaga mereka menjadi tumpuan dalam ekskavasi. Hubungan harmonis warga dan peneliti terus tumbuh dari penggalian ke penggalian dan dari generasi ke generasi, bersama-sama mereka menemukan dan menapaki jejak evolusi manusia di sangiran.
Museum Manyarejo dipersembahkan untuk warga sangiran dan para peneliti yang pernah dating kemari. Museum ini menyajikan kenangan penanda kebersamaan dan kedekatan mereka. Ibarat rumah sekaligus ruang temu ‘abadi’ bagi keduanya. Diruang ini, dihadirkan buah dari kolaborasi berbagai disiplin ilmu yang telah berkiprah sejak awal Babad Tanah Sangiran hinga hari ini.
Museum Manyarejo terletak di Desa Manyarejo Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Museum ini baru diresmikan pada tanggal 05 November 2014 oleh Direktur Jendral Kebudayaan Bapak Prof. Dr. Kacung Marijan, MA. Sehingga menjadikan desa ini sebagai salah satu Desa Wisata Situs Manusia Purba.

Dimuseum Manyarejo kalian akan menemukan benda buat ekskavasi sangiran seperti : cetok, kuas, skop, anyakan, ember, cangkul, meteran, timbangan dan lain-lain. Disana juga ditampilkan tentang cerita Babad Bumi Sangiran dan Legenda Buto. Dan area luar ada bekas penggalian dalam mencari jejak purba. Di area itu masih menempel fragmen tulang rusuk dan panggul gajah dan tengkorak banteng. Bagi kalian yang penasaran jangan lupa jika jalan ke sragren mampir mengunjungi museum manyarejo yaaa…, Terimakasih


Your Comment






Lewat ke baris perkakas