Ssssst ! Sabar dong !

Pentingnya Sabar dalam HidupGaulFresh.Com – Setiap manusia pasti akan menemui ujian dalam hidupnya. Kita harus berusaha sabar, sabar bukan berarti diam tanpa kata. Sabar juga bukan diam menunggu berlalunya sesuatu, sabar juga bukanlah sikap pasrah kita dalam menghadapi sesuatu. Jika kita mampu bersabar akan mendapatkan balasannya seperti pada surah Al-Baqarah yang artinya :

Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Albaqarah ayat 155)

Kesabaran itu merupakan sifat yang istiqomah, disertai dengan iman dan taqwa disaat menjalani rangkaian cobaan dalam menjalani hidup ini. Baik itu dalam kesedihan maupun kebahagiaan. Banyak orang yang belum memahami arti sebuah kesabaran yang sebenarnya, sehingga banyak diantara mereka mengatakan “kesabaran itu ada batasnya” Padahal sabar itu tanpa batas. Kesabaran akan terus bertambah seiring dengan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Sang Pencipta.

Kesabaran juga bisa menjadi kunci kesuksesan dalam menjalani ujian hidup. Orang yang sukses merupakan orang yang memiliki kesabaran, tentunya kesabaran tanpa batas. Jika segala sesuatu kita jalani dengan penuh kesabaran, maka ujian-ujian untuk meraih kesuksesan hidup dapat kita lewati dengan baik.

Seperti yang dijelaskan pada surat An-Nahl yang artinya :

”Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (Q.S An-nahl:96)

Jadi, kesabaran adalah sumber kekuatan yang diberikan Allah untuk melewati berbagai macam ujian hidup. Dengan sabar, kita menjadi tidak gampang untuk menyerah, putus asa dan berhenti bergerak untuk mencapai sebuah cita-cita atau apa yang kita inginkan. Hidup itu pilihan, hidup juga perlu perjuangan. Berjuang berarti kita perlu membutuhkan kekuatan, kekuatan yang utamanya yaitu kesabaran.

Marilah kita belajar melatih hati dan bersabar, untuk menghadapi ujian hidup. Allah SWT selalu mempunyai rencana terindah bagi ummat-Nya.

 

*Sumber   : https://gaulfresh.com/dakwah/pentingnya-sabar-dalam-hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: